Cara Membuat ESR Meter Analog Pengukur Elco Paling Akurat

ESR Meter Schematic - Mungkin saya sudah sangat ketinggalan dari teman-teman yang sudah sangat lama mempunyai alat ini, yah.. daripada tidak sama sekali, maklumlah teknisi baru belajar, padahal alat ini sudah sangat lama dibuat oleh penemunya, kira kira tahun berapa ya.. (kata orang medan 'udah jaman nggak enak').

Baru sekarang saya bisa berhasil merakit alat ini, itupun dengan contek sana sini, comot sana comot sini, kloning sana kloning sini hehe..., sebelumnya gagal terus, padahal saya sudah bikin rangkaian sesuai dengan skema, atau saya yang dudul kali ya hehe...



Cara Merakit ESR Meter


Tidak diragukan lagi kemampuan dari alat pengukur elco ini, teknisi yang mahir sekalipun pasti sangat membutuhkan alat ini, bukannya meragukan kemampuan dari teman2 tuser (tukang service) , tapi dengan alat pengukur elco onboard ini pencarian kerusakan yang berhubungan dengan elco lebih cepat terselesaikan.



Terus terang saya lebih menyukai alat ini dibanding alat ukur elco digital, sebab cara kerja alat ini sangat simple sekali, tinggal sentuh 2 kaki elco dgn kabel probe meter langsung tampil kondisi elco nya, makin jauh jarum menyimpang kekanan elco makin bagus kondisinya.

Cara Membuat ESR Meter Analog Pengukur Elco Paling Akurat


Sebenarnya rangkaian ini sangat sederhana, tapi dipikir-pikir kok bisa ya mengukur elco langsung dari papan pcb nya, biasanya kan kalau mengukur suatu komponen elektronika itu harus dilepas dulu dari rangkaian pcb nya, tapi ah..sudahlah yang penting nikmati saja hasilnya.



Oke sobat, kita mulai saja bagaimana cara pembuatan alat ini, Pertama kita sediakan dulu alat alat penunjang kerjanya seperti multitester bekas (nanti rangkaian esr nya dipasang disini),solder, timah, kabel, dll.

Disini saya akan membagi skema rangkaian hasil susunan saya sendiri, jalurnya agak berantakan, maklum saya masih belajar jadi jangan ditertawakan ya sobat. Silahkan di copas dulu skemanya dibawah ini agar gampang nanti dalam merakitnya.

jangan takut ya sob skema ini benar kok, nggak seperti skema yang lainnya, sengaja dibuat salah oleh sipembuatnya lalu UUD (Ujung Ujungnya Duit) hehehe...



 Baca Juga :

Dan ini daftar komponennya silahkan dicatat :
- R1 = 10 OHM
- R2 = 680 OHM
- R3 = 680 OHM
- R4 = 1K OHM
- R5 = 4K7 OHM
- R6 = 680 OHM
- R7 = 680 OHM
- R8 = 680 OHM
- R9 = 2K2 OHM
- R10 = 100K OHM
- R11 = 22 OHM - 100 OHM
- R12 = TRIMPOT/POTENSIO 20K
- R13 = 27 K OHM
- R14 = 10 OHM
- C1 = 103
- C2 = 473
- C3 = 100UF/16V
- C4 = 473
- C5 = 103
- C6 = 474/400V
- D1 = LED
- D2 D3 D4 D5 = 1N4148
- D6 D7 = 1N4OO4
- IC = 74HC14N



Setelah semua bahan terkumpul serta skema sudah ada, saya rasa nggak perlu lagi saya paparkan cara merakitnya, tentu saja sobat lebih ahli daripada saya dalam hal merakitnya. Oke sobat itu saja pengalaman saya dalam membuat sendiri alat ESR meter analog pengukur elco langsung dari pcb. Semoga berhasil dalam merakitnya. Selamat Mencoba

  

30 Komentar untuk "Cara Membuat ESR Meter Analog Pengukur Elco Paling Akurat"

  1. Link download skemanya gak bisa Mas.

    BalasHapus
  2. Gmn cara buka link nya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka link, klik pada tulisan klik2x, lalu scroll kebawah, lalu klik go to link

      Hapus
  3. terima kasih sobat , sudah kasih kita skemanya dan sudah dapat skemanya ,tinggalkita coba nanti di eagle soft pcb ,lama saya cari skema esr ,pernah ada tapi gagal total ,ini semoga tidak PHP , salam elektronik

    BalasHapus
  4. Mas, gak bisa di download ya. Ada cara lain gak mas?

    BalasHapus
  5. Makasih bang ilmunya,nanti tak cobane

    BalasHapus
  6. Jual di bukalapar.com dong mas, biar yg gk mau ribet kaya saya bisa merasakan manfaat alatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini blm sempat bikin mas, lg banyak kesibukan

      Hapus
  7. mohon izin praktek suhu
    trimakasih ilmunya , semoga ALLAH balas kebaikan suhu

    BalasHapus
  8. om bisa kirimin kit nya hehehhe

    BalasHapus
  9. mksi bgd skemanya mas .... salam solder ...

    BalasHapus
  10. untu tes milar ukuran nano,yang perlu di rubah bagian mana ya mas? sebelumnya saya ucapkan terima kasih ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba trimpotnya dibuka aja mas, sambung langsung aja, atau nilai R11 nya diperkecil

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)