MONTIRBOX.COM

Rangkaian backlight TV Led rakitan

Alat tes lampu Led TV - Terkadang kita merasa kesulitan saat memperbaiki sebuah TV Led dalam keadaan rusak seperti gambar gelap namun suaranya ada. Berbeda dengan teknisi lain yang sudah master dalam menentukan suatu masalah, saya kadangkala salah memvonis kerusakannya, dikira rangkaian inverter yang rusak, nyatanya lampu backlightnya yang putus, atau sebaliknya, dikira lampu backlight yang putus, eh.. ternyata inverternya yang bermasalah :D

Untuk mengatasi masalah tersebut, seperti teknisi lainnya, saya berusaha merakit sebuah alat yang bisa untuk mengecek atau sebagai alat tes untuk mengetahui apakah lampu backlight pada tv led ada yang putus atau tidak, dan tentu saja dengan alat tersebut kita tidak perlu repot lagi buang waktu membongkar panel hanya untuk sekedar mengetahuinya.


Baca Juga

Rangkaian backlight TV Led rakitan


Sebenarnya alat tes lampu led ini sudah saya buat semenjak 2 tahunan yang lalu , tetapi baru saat ini saya sempat untuk men-share nya. Selain untuk alat tes lampu led, alat ini pernah juga saya coba gunakan sebagai pengganti rangkaian inverter untuk TV Led. Saya teringat pada waktu itu merasa kesulitan dalam memperbaiki TV Led Paanasonic 32 inch yang mengalami kerusakan pada bagian inverternya.

Saya coba cari IC inverter backlight untuk TV panasonic tersebut tidak ada yang jual di daerah saya. Bahkan sudah coba juga menggunakan step up DC to DC yang banyak dijual dipasaran tidak membuahkan hasil karena apabila step up dipasang, TV malah tidak menyala. Akhirnya daripada ganti motherboard (rangkaian inverter menyatu dengan rangaian utama) lebih baik rakit saja untuk menghidupkan lampu backlightnya.

Mengenai rangkaiannya sangat sederhana sekali, ada yang hanya menggunakan dua buah trafo 500 ma dan dioda bridge, dan ada pula yang menggunakan IC 555 yang banyak sekali dijual dipasaran. Menariknya lagi ada yang menggunakan trafo bekas cahrger handphone sebagai pembangkit tegangan tingginya, mirip-mirip rangkaian joule tieft, atau memang rangkaian joule tieft sepertinya.

Oke sobat, tanpa berpanjang lebar lagi dibawah ini telah saya kumpulkan beberapa skema alat tes lampu led/backlight yang semuanya sudah saya coba dan hasilnya cukup memuaskan bagi saya, sebenarnya banyak skema-skema lain yang beredar, tapi saya lebih suka dengan skema yang akan saya bagikan ini, selain simple, alatnya mudah didapat.

1. Alat tes lampu led tv menggunakan 2 trafo


Alat ini menggunakan dua buah trafo dan empat buah dioda 1N4007, bisa juga menggunakan dioda bridge sebagai penggantinya.Bisa menggunakan trafo ct maupun trafo non ct. rangkaian ini bisa menghidupkan lampu led satuan hingga beberapa renteng sekaligus, alat  ini sudah auto voltage yang artinya tegangan mengikuti banyaknya led yang digunakan.



2. Alat tes lampu led "minimalis"


Kenapa dinamakan minimalis?, karena  komponen yang digunakan pada rangkaian ini sangat sedikit dan murah biayanya, tidak seperti menggunakan 2 buah trafo diatas yang harus mengeluarkan beberapa puluh ribu rupiah untuk membelinya. rangkaian alat tes lampu led ini juga sudah auto voltage.



3. Alat tes lampu led JT


Rangkaian ini sebenarnya adalah skema joule thieft, tapi bisa juga digunakan sebagai alat untuk mengukur lampu led. Oh ya sobat, rangkaian ini juga sudah auto test backlight atau auto voltage.


4. Alat tes lampu led rakitan teman


Sebenarnya skema ini adalah rangkaian alat tes backlight yang saya beli dari seseorang, agar tidak lupa dan tercecer kemana-mana, makanya ikut saya lampirkan disini, skema aslinya adalah seperti dibawah ini :



Alat ini juga sudah Auto Voltage dan hanya menggunakan supply tegangan 9v untuk membuat IC 555 bekerja. untuk coil lilitannya kita bisa menggunakan coil dari driver rangkaian horizontal pada tv tabung atau crt.

Oke sobat, itulah tadi beberapa rangkaian atau skema untuk rangkaian backlight tv led atau bisa juga kita gunakan untuk alat tes lampu led yang bisa kita rakit sendiri dirumah. semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kita semua. terimakasih

Labels: LCD LED TV, SKEMA RANGKAIAN

Thanks sudah membaca Rangkaian backlight TV Led rakitan. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Rangkaian backlight TV Led rakitan"