Rangkaian backlight TV Led rakitan

Rangkaian backlight TV Led rakitan – Terkadang saya merasa kesulitan saat memperbaiki sebuah TV Led dalam keadaan rusak seperti gambar gelap namun suaranya ada. Itu terjadi sebelum saya membuat rangkaian backlight TV Led rakitan yang skemanya akan saya bagikan pada artikel kali ini. Berbeda dengan teknisi lain yang sudah master dalam menentukan suatu masalah, saya kadangkala salah memvonis kerusakannya, dikira rangkaian inverter yang rusak, nyatanya lampu backlightnya yang putus, atau sebaliknya, dikira lampu backlight yang putus, eh.. ternyata inverternya yang bermasalah 😀

Baca Juga : Biaya service backlight tv led

Untuk mengatasi masalah tersebut kali ini saya ingin berbagi rangkaian backlight TV Led rakitan yang bisa kita rakit sendiri dengan mudah. Seperti teknisi lainnya, saya berusaha merakit sebuah alat yang bisa untuk mengecek atau sebagai alat tes untuk mengetahui apakah lampu backlight pada tv led ada yang putus atau tidak, dan tentu saja dengan alat tersebut kita tidak perlu repot lagi buang waktu membongkar panel hanya untuk sekedar mengetahuinya. Rangkaian backlight TV Led rakitan ini menggunakan komponen yang mudah didapat, jadi sobat tidak akan kesulitan untuk mendapatkan part nya.

Rangkaian backlight TV Led rakitan

 

Rangkaian backlight TV Led rakitan

Baca Juga : Cara Membuat ESR Meter Analog Pengukur Elco Paling Akurat

Sebenarnya alat tes lampu led ini sudah saya buat semenjak 2 tahunan yang lalu , tetapi baru saat ini saya sempat untuk men-share nya. Selain untuk alat tes lampu led, alat ini pernah juga saya coba gunakan sebagai pengganti rangkaian inverter untuk TV Led. Saya teringat pada waktu itu merasa kesulitan dalam memperbaiki TV Led Paanasonic 32 inch yang mengalami kerusakan pada bagian inverternya.

READ:  Kode Remot JOKER Terlengkap Untuk Semua Merk TV (A - Z)

Saya coba cari IC inverter backlight untuk TV panasonic tersebut tidak ada yang jual di daerah saya. Bahkan sudah coba juga menggunakan step up DC to DC yang banyak dijual dipasaran tidak membuahkan hasil karena apabila step up dipasang, TV malah tidak menyala. Akhirnya daripada ganti motherboard (rangkaian inverter menyatu dengan rangaian utama) lebih baik rakit saja untuk menghidupkan lampu backlightnya.

Baca Juga : Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV

Mengenai rangkaiannya sangat sederhana sekali, ada yang hanya menggunakan dua buah trafo 500 ma dan dioda bridge, dan ada pula yang menggunakan IC 555 yang banyak sekali dijual dipasaran. Menariknya lagi ada yang menggunakan trafo bekas cahrger handphone sebagai pembangkit tegangan tingginya, mirip-mirip rangkaian joule tieft, atau memang rangkaian joule tieft sepertinya.

Oke sobat, tanpa berpanjang lebar lagi dibawah ini telah saya kumpulkan beberapa skema alat tes lampu led/backlight yang semuanya sudah saya coba dan hasilnya cukup memuaskan bagi saya, sebenarnya banyak skema-skema lain yang beredar, tapi saya lebih suka dengan skema yang akan saya bagikan ini, selain simple, alatnya mudah didapat.

Baca Juga : Cara membuat mbr penghancur short hanya dengan modal seratus ribuan saja

1. Alat tes lampu led tv menggunakan 2 trafo

Rangkaian backlight TV Led rakitan

Alat ini menggunakan dua buah trafo dan empat buah dioda 1N4007, bisa juga menggunakan dioda bridge sebagai penggantinya.Bisa menggunakan trafo ct maupun trafo non ct. rangkaian ini bisa menghidupkan lampu led satuan hingga beberapa renteng sekaligus, alat  ini sudah auto voltage yang artinya tegangan mengikuti banyaknya led yang digunakan.

Baca Juga : Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja? cek pakai alat ini 

Rangkaian backlight TV Led rakitan

Baca Juga : Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus

2. Alat tes lampu led “minimalis”

Rangkaian backlight TV Led rakitan

Kenapa dinamakan minimalis?, karena  komponen yang digunakan pada rangkaian ini sangat sedikit dan murah biayanya, tidak seperti menggunakan 2 buah trafo diatas yang harus mengeluarkan beberapa puluh ribu rupiah untuk membelinya. rangkaian alat tes lampu led ini juga sudah auto voltage.

READ:  6 Alasan Kenapa Kulkas Tidak Dingin

Baca Juga : Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion

Rangkaian backlight TV Led rakitan

3. Alat tes lampu led JT

Rangkaian backlight TV Led rakitan

Rangkaian ini sebenarnya adalah skema joule thieft, tapi bisa juga digunakan sebagai alat untuk mengukur lampu led. Oh ya sobat, rangkaian ini juga sudah auto test backlight atau auto voltage.

Baca Juga : Joule Thief : Skema JT trafo cas hp

4. Alat tes lampu led rakitan teman

Rangkaian backlight TV Led rakitan

Sebenarnya skema ini adalah rangkaian alat tes backlight yang saya beli dari seseorang, agar tidak lupa dan tercecer kemana-mana, makanya ikut saya lampirkan disini, skema aslinya adalah seperti dibawah ini :

Rangkaian backlight TV Led rakitan

 

Alat ini juga sudah Auto Voltage dan hanya menggunakan supply tegangan 9v untuk membuat IC 555 bekerja. untuk coil lilitannya kita bisa menggunakan coil dari driver rangkaian horizontal pada tv tabung atau crt.

Oke sobat, itulah tadi beberapa rangkaian atau skema untuk Rangkaian backlight TV Led rakitan atau bisa juga kita gunakan untuk alat tes lampu led yang bisa kita rakit sendiri dirumah. semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kita semua. terimakasih

Sharing Is Caring:

2 thoughts on “Rangkaian backlight TV Led rakitan”

Leave a Comment