Skip to main content

Joule Thief : Skema JT trafo cas hp

Joule Thief : Skema JT trafo cas hp - Setelah hunting skema joule thief dari berbagai sumber, akhirnya saya mendapatkan sebuah rangkaian jt sederhana yang menurut modifikatornya walaupun rangkaian Joule Thief nya simple, tetapi sangat bagus dicoba untuk dirakit, dan mempunyai durasi yang lebih panjang karena menggunakan potensio untuk mengatur terang gelap lampu. Skema JT trafo cas hp ini hasil dari modifikasi teman kita mas Qory Wira Satriadji dan beliau dengan senang hati membagikan skema JT trafo cas hp ini buat kita khususnya pembaca setia MONTIRBOX.COM.

Joule Thief  Skema JT trafo cas hp

Sebelum kita masuk ke cara membuat rangkaian jt sederhana ini, saya ingin menerangkan buat sobat yang belum tahu apa yang dimaksud dengan Joule Thief. Joule Thief adalah penguat tegangan osilasi diri minimalis yang kecil, berbiaya rendah, dan mudah dibuat, biasanya digunakan untuk menggerakkan beban kecil, dalam hal ini contohnya rangkaian jt dengan trafo cas hp yang digunakan untuk menyalakan sebuah lampu led yang biasa dipakai untuk rumahan, yang biasanya terhubung ke jaringan listrik AC 220v PLN. Dengan rangkaian jt sederhana ini kita hanya membutuhkan supply 3.7v saja untuk menyalakan lampu led tersebut.

Joule Thief  Skema JT trafo cas hp

Rangkaian yang ingin kita buat ini sangat berguna sekali sebagai pengganti lampu emergency, bermanfaat untuk daerah-daerah yang sering terkena pemadaman listrik dari PLN, untuk wilayah yang belum terjangkau jaringan listrik (dengan syarat harus dicharge dulu), sangat membantu sekali bagi teknisi yang dapat panggilan saat calljob yang minim pencahayaan, dan bagi pencari ikan/belut di persawahan :D, bisa menggunakan rangkaian jt sederhana ini sebagai pengganti lampu petromax atau senter.

Joule Thief  Skema JT trafo cas hp

Skema JT trafo cas hp ini menggunakan transistor TIP 31c sebagai penggeraknya, kenapa memakai TIP 31c dan tidak menggunakan TIP 41?, jawabannya agar lebih irit batre dan tentu saja durasi pemakaian menjadi lebih panjang. Untuk capasitor 2n2/1000v sobat bisa menggantinya dengan 1n/1000v. Untuk Dioda fr207, jika sobat tidak memiliki stoknya, sobat bisa menggantinya dengan dioda 1N4007, tetapi usahakan menggunakan dioda FR207 supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Agar dapat di cas, sobat bisa menambahkan modul TP 4056, modul tersebut bisa sobat beli di toko-toko online seperti tokopedia maupun bukalapak. Jika ingin membuat sendiri, sobat bisa baca di Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

Bagi sobat yang kesulitan dalam menentukan mana bagian feedback dan sekunder dari trafo cas hp, sobat bisa melihat keterangannya pada gambar dibawah ini :

Joule Thief : Skema JT trafo cas hp

Bagaimana Sobat, tertarik untuk membuat Joule Thief ini?, semoga Skema JT trafo cas hp di artikel kali ini bisa membantu sobat dalam merakitnya. Selamat berkarya.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close