Skip to main content

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk - Terkadang kita sebagai teknisi tidak selalu mendapati kerusakan yang sulit, atau sulit kelihatannya tetapi sangat mudah dalam memperbaikinya, bahkan tidak memerlukan pergantian komponen apapun. Seperti kali ini, saya ingin membagikan bagaimana cara reset TV Led Polytron  type PLD 24D552 hanya menggunakan sebuah flashdisk saja. Ciri-ciri kerusakan yang sedang saya alami ini adalah TV hidup dengan normal tetapi hanya menampilkan merah, hijau, biru secara bergantian pada layar tv led. Jika sobat mengalami masalah seperti ini, sebelum tv diperbaiki atau dibongkar, ada baiknya sobat ikuti dulu panduan cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk di artikel ini.

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

Agar cara yang kita gunakan ini bisa berhasil, kondisi dari komponen tv led polytron yang ingin kita reset tersebut benar-benar tidak ada yang mengalami kerusakan secara fisik. Misalnya motherboard nya yang rusak, tegangan power supply nya yang tidak stabil atau modul T-Con nya yang mengalami masalah, jadi jika kita ingin melakukan reset atau flash ini ada komponen yang rusak maka proses reset tidak akan berhasil dan diperlukan pergantian komponen terlebih dahulu.

Baiklah sobat, tanpa basa-basi lagi berikut ini langkah-langkah Cara reset TV Led Polytron seri PLD 24D552 menggunakan flashdisk. Oh ya sob, saya sarankan agar sobat memakai flashdisk yang original agar saat transfer file tidak terjadi corrupt data, karena saya pernah mengalami memakai flashdisk kw selalu gagal saat melakukan proses flashing.

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

1. Siapkan flashdisk kualitas ori, lalu copy file firmware ke flashdisk. Firmware harus sesuai dengan merk dan type TV Led sobat, disini saya menggunakan TV Led Polytron type PLD 24D552. Untuk mendapatkan firmware, sobat bisa cari-cari di om Google atau minta pada teman sesama teknisi.

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

2. Tancapkan flashdisk di port USB pada belakang body TV Led. Kondisi TV harus dalam kondisi mati atau tidak tersambung ke listrik.

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk
 
3. Lalu tekan dan tahan tombol Power, jangan dilepas, posisi TV Led tetap dalam kondisi belum dihidupkan.

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

4. Selagi tombol power ditekan dan ditahan, hidupkan tv. tunggu tv hidup dan menunjukkan indikator bahwa tv sedang melakukan reset/flash. Perhatikan gambar dibawah, jika muncul tanda seperti segi empat berwarna biru sebelah kanan atas, berarti proses reset tv led Polytron sudah berhasil (maaf sob, gambar ngeblur karena indikator yang muncul prosesnya sangat cepat).

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

5. Dan akhirnya proses reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk sudah berhasil, tv sudah normal dan dapat ditonton Kembali.

Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

Jadi kesimpulannya, untuk tv yang mengalami kerusakan pada bagian firmware nya, kita tidak memerlukan pergantian komponen, cukup hanya dengan melakukan proses reset atau flashing dalam memecahkan masalahnya, tapi dengan catatan tidak ada komponen yang rusak. Bagaimana sobat, gampang bukan Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk ini?, semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close