Printer tidak terdeteksi? gunakan cara ini untuk mengatasi masalah

Printer tidak terdeteksi - Apakah sobat pernah mengalami saat ingin mencetak dokumen printer tidak terdeteksi di laptop atau komputer?, Jangan khawatir, pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara kita dalam menghadapi masalah apabila printer tidak terdeteksi oleh komputer. Oh ya sob, bagi sobat yang mengalami kendala tinta putus-putus saat ngeprint, sobat bisa baca solusinya di Cara memperbaiki printer canon ip2770 tinta hitam putus putus, pada artikel tersebut sudah saya paparkan solusi untuk menyelesaikan masalahnya.

Kembali ke masalah printer tidak terdeteksi. Penyebab masalah ini cukup beragam, jadi diperlukan pengetahuan yang cukup untuk mengatasi Printer tidak terdeteksi ini. Bisa dirasakan, betapa jengkelnya kita pada saat lagi butuhnya untuk menggunakan printer ternyata printer bermasalah, permasalahan tidak bisa nya komputer dalam mendeteksi printer bisa disebabkan dari banyak faktor, bisa dari komputer atau laptopnya, dan tentu saja bisa dari printer itu sendiri.

Printer tidak terdeteksi? gunakan cara ini untuk mengatasi masalah

Disini saya akan memberikan sedikit langkah solusi apabila sobat mengalami masalah Printer tidak terdeteksi, mudah-mudahan bisa memecahkan masalah bagi sobat MONTIRBOX.COM semua :

1, Pertama periksa semua koneksi apakah semua sambungan sudah terpasang dengan benar, kabel USB terhubung dalam dua arah.

2. Colokkan port USB dari printer ke laptop/PC, lalu tunggu sebentar hingga komputer mendapatkan notifikasi atau menginstal driver secara otomatis.Jika tidak ada yang terjadi dalam 5 menit, kemudian coba tekan pindai pada printer sobat. jika hasil pemindaian keluar ke komputer sobat, ini menunjukkan bahwa printer tidak ada masalah.

3. Coba buka "Device Manager" > temukan printer, misalnya HP 2515 di bawah perangkat cetak. (biasanya tertulis "Unknown device"  dengan tanda kuning)

4. Klik tanda "Unknown device" tersebut, lalu pilih tab driver> Perbarui driver. klik itu. kemudian perbarui driver sobat,

5. Jika cara itu berhasil, kemudian uji pada dokumen sobat, periksa apakah printer sudah terdeteksi atau belum.

Jika cara diatas sudah dilakukan tetapi printer tidak terdeteksi juga, berikut ini adalah alasan yang mungkin terjadi ketika printer sobat tidak terdeteksi oleh komputer :

1. Printer masih menggunakan perangkat lunak driver lama. Beberapa perangkat printer membatasi sistem operasi (operating system) driver untuk bekerja. periksa webpage dari printer tersebut untuk mengunduh driver terbaru dan memastikan tidak ada masalah dengan printer saat sobat ingin mencetak.

2. Adanya perbedaan Sistem Operasi (Operating System) yang menyebabkan driver tidak kompatibel.

3. Kabel USB yang bermasalah atau memiliki kualitas yang tidak bagus. Coba bersihkan juga port USB baik pada printer maupun di laptop/komputer. coba tiup sedikit untuk menghilangkan debu yang menempel.

4. Banyaknya debu yang menutupi perangkat printer sehingga bisa mengganggu kinerja printer tersebut. Bersihkan debu pada printer sobat secara teratur agar bertahan untuk penggunaan jangka panjang.

5. Jika Sobat sedang tidak menggunakan printer atau tidak dipakai, pastikan sobat meletakkannya di tempat yang bersih untuk memastikan printer tidak menjadi pabrik debu.

Apabila cara dan petunjuk diatas sudah sobat lakukan namun printer tidak terdeteksi juga, silahkan berikan kepada ahli nya, daripada di utak-atik makin rusak :D. Oke sobat demikian tadi artikel mengenai printer tidak terdeteksi, mudah-mudahan dapat memberi solusi untuk masalah printer sobat yang tidak terdeteksi di komputer.

Belum ada Komentar untuk "Printer tidak terdeteksi? gunakan cara ini untuk mengatasi masalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close