KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!

Kulkas tidak dingin? ini yang paling sering rusak - Kenapa kulkas tidak dingin?, apa saja yang menyebabkan kulkas tidak dingin?, berbagai pertanyaan akan muncul jika kita dihadapkan pada sebuah masalah tiba-tiba kulkas yang kita gunakan dirumah untuk menyimpan berbagai bahan makanan tidak bisa lagi digunakan karena tidak dingin, makanan yang disimpan didalam kulkas menjadi rusak, dan langsung saja muncul dibenak kita, "wah, keluar biaya lagi nih", karena seperti kita ketahui untuk biaya servis kulkas tidak dingin bisa terbilang cukup lumayan mahal untuk kita keluarkan.

Pada artikel ini MONTIRBOX.COM akan berbagi sedikit tips untuk mengatasi masalah Kulkas tidak dingin dan cara memecahkan masalah kulkas rusak yang kehilangan rasa dinginnya. Panduan langkah demi langkah ini akan memandu sobat (khususnya pengguna) bagaimana mengidentifikasi masalah dan bahkan mungkin memperbaikinya sendiri, sehingga bisa membantu sobat dalam menghemat waktu dan pengeluaran.

KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!

Secara garis besar, apa saja yang menyebabkan kulkas tidak dingin?, ada beberapa kemungkinan penyebabnya ketika lemari es tidak membuat susu menjadi dingin atau es krim tidak beku atau sayur-sayuran menjadi rusak, ikan dan daging menjadi busuk. Sebelum sobat mencoba perbaikan yang lebih kompleks, cobalah perbaikan sederhana dibawah ini apabila kulkas sobat tidak dingin dan freezer tidak berfungsi :

1. Pastikan kulkas tersambung dan mendapatkan daya listrik. Lampu akan menyala saat sobat membuka pintu.

2. Periksa termostat untuk memastikan bahwa alat tersebut tidak mengalami masalah atau rusak. Jika termostat kulkas / freezer Anda tidak berfungsi/rusak, sobat harus menggantinya dengan yang baru.

3. Pastikan ventilasi di belakang kompartemen freezer tidak terhalang oleh kotak es krim atau sayuran beku,  ventilasi harus bebas dan bersih agar udara dingin dapat bersirkulasi.

4. Terjadinya penyumbatan pada gulungan vacum yang terdapat pada bawah atau belakang kulkas. Coil vacum yang tersumbat dapat menyebabkan proses pendinginan menjadi buruk dan tidak sempurna.

5. Banyaknya bunga es yang menumpuk didalam kulkas. Bunga es bisa menutupi lubang angin yang terdapat pada kulkas yang mengakibatkan kulkas tidak dingin.. Untuk mengatasi bunga es ini, bukalah pintu kulkas lalu hidupkan kipas angin yang mengarah ke bunga es tersebut agar bunga es menjadi cair, setelah mencair lap dan bersihkan air dengan kain yang bersih hingga air mengering.

6. Jangan menyimpan makanan yang masih panas karena hal ini juga bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Makanan yang panas bisa menyebabkan suhu didalam kulkas akan menurun karena hasil interaksi dari makanan panas yang kita simpan.

7. Cek stop kontak dimana kulkas dihidupkan, sambungan stop kontak yang buruk dapat menyebabkan daya kerja kulkas tidak maksimal dan bisa membuat kulkas tidak dingin.

8. Periksa alat yang dinamakan Freon, apakah Freon bocor atau habis. Pegang bagian body freon, jika terasa hangat berarti freon masih bekerja. Jika body freon terasa dingin berarti freon tidak bekerja/rusak, atau mungkin perlu dilakukan pengisian ulang karena freon habis.

9. Penyebab kulkas tidak dingin lainnya karena pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat dan sempurna. jika pintu kulkas renggang maka udara dingin yang berada didalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas diluar, sehingga suhu yang berada didalam kulkas akan menurun yang menyebabkan kulkas tidak dingin.

10. Periksa untuk memastikan kipas kondensor tidak ada yang tersangkut dan berputar bebas (abaikan jika model dengan kumparan di bagian belakang tidak memiliki kipas). Untuk melakukan ini, matikan kulkas dan buka kipas, bersihkan bilah kipas dan putar kipas dengan tangan untuk melihat apakah putaran kipas seimbang atau tidak. Pasang kembali kipas dan hidupkan kulkas,  pastikan kipas bekerja saat kompresor bekerja. 

Jika kipas tidak bekerja, lihat petunjuk di bawah ini untuk cara mengganti kipas kulkas :

1. Lepaskan Penutup Belakang Kulkas
Lepaskan penutup untuk memeriksa evaporator kulkas untuk bisa mengakses kipas evaporator. Sekrup mungkin ditutup dengan sumbat plastik dan untuk membukanya cukup tarik keluar.

KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!

2. Lepaskan Penutup Kipas
Jika kulkas Sobat memiliki penutup kipas, lepaskan sekrup yang menahannya. Kemudian lepaskan penutup untuk mencapai kipas.

KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!

3. Lepaskan Kipas Evaporator
Ganti kipas evaporator dengan yang baru jika kipas yang lama sudah berisik atau tidak berputar. Pertama, matikan kulkas. Kemudian lepaskan sekrup yang menahan kipas ke dinding freezer.

KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!

4. Pasang kembali Kipas
Ganti kipas lama dengan yang baru, lepaskan braket pemasangan dari kipas lama dan pasangkan ke kipas baru. Cabut kabel dan alihkan dari kipas lama ke kipas baru. Pasang kembali kipas dan pasang kembali penutup.

KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!

5. Pasang kembali Kipas Kondensor Kulkas
Tarik kulkas dari dinding, cabut dan lepaskan panel tipis di bagian belakang dekat bagian bawah untuk mengakses kompresor dan kipas kondensor. Selanjutnya colokkan kulkas dan tunggu sampai kompresor menyala. Kipas juga harus menyala. Jika kompresor bekerja tetapi kipas tidak, atau jika kipas berisik, Anda memerlukan kipas baru. Jika tidak berjalan dan kompresor panas, cabut kulkas dan arahkan kipas angin di kompresor. Tunggu hingga kompresor mendingin dan coba lagi. 

KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!

6. Jika kompresor bekerja tetapi kipas tidak, kipas sudah wajib diganti. Cabut kulkas dan ganti kipas. Jika tidak juga berhasil, maka sobat mungkin memerlukan kompresor baru. Hubungi teknisi jika sobat tidak bisa memperbaiki sendiri. Kapan mengganti kipas kondensor?, ganti kipas kondensor jika kipas sudah berisik atau tidak bekerja.


Demikian tadi pembahasan mengenai kulkas tidak dingin dan beberapa cara untuk mengatasinya, semoga memberikan manfaat.

Belum ada Komentar untuk "KULKAS TIDAK DINGIN? INI YANG PALING SERING RUSAK!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close