Skip to main content

Cara mengganti mesin TV tabung slim menggunakan mesin TV WCOM biasa (non slim)

Cara mengganti mesin TV tabung slim menggunakan mesin TV WCOM biasa (non slim) - Teman saya yang bukan seorang teknisi bertanya bagaimana cara mengganti mesin TV tabung . Ceritanya begini, TV nya sewaktu sedang dalam keadaan hidup tiba-tiba terkena sambaran petir, jadi dia berinisiatif ingin mengganti sendiri tv tersebut dengan mesin baru, beliau sudah mengetahui bagaimana cara mengganti mesin TV tabung dari om Google katanya. yang jadi permasalahan ternyata dia salah beli mesin TV, TV nya yang rusak merk Polytron tabung slim, sedangkan mesin tv yang dibelinya merk WCOM biasa yang non slim, jadi dia menanyakan bagaimana memasang mesin tv wcom ke tabung tv slim.

Baca Juga : Kode remot TV Universal (Joker) lengkap semua merk

Cara mengganti mesin TV tabung slim menggunakan mesin TV WCOM biasa (non slim)

Saya memberikan solusi kepada teman tersebut agar menukar kembali saja mesin tv tersebut ke penjualnya dengan mesin tv yang slim. Tapi dia menolak, katanya mesin TV tersebut dibeli secara online, jadi sudah berat di ongkir. So, teman saya tersebut meminta solusi kepada saya dan berniat mesin tv biasa dipasang ke tabung slim miliknya. Oh ya sobat, perlu diketahui bagi pemula atau yang  masih pertama kali mengganti atau memasang mesin tv baru buatan china, mesin tv biasa (non slim) tidak bisa dipasang pada tv tabung slim, jika dipaksakan juga akan banyak menemui kendala seperti gambar tidak full secara horizontal maupun vertikal, atau gambar bengkok (EW tidak normal).

Tapi disini saya akan berusaha memberikan solusi khususnya buat teman saya tadi bagaimana cara mengganti mesin TV tabung agar mesin tv biasa (non slim) bisa dipasang ke tabung slim. Dalam hal ini kita akan sedikit memodifikasi dan mengadakan pergantian komponen agar sesuai pada tabung slim yang ingin kita ganti mesinnya. Oh ya sob, bagi sobat pemula yang ingin belajar mengganti mesin dari awal, bisa baca di artikel Cara Mengganti Mesin TV Tabung Dengan Mesin Cina (Pemula), disana sudah saya bahas bagaimana cara mengganti mesin TV tabung khusus buat pemula.

Sekarang kita akan masuk bagaimana cara memasang tv mesin WCOM 14"-21" baru (bukan slim),  dipasang ke tabung slim 21", disini saya menggunakan TV tabung slim 21 inchi. Silahkan sobat simak langkah-langkahnya dibawah ini, kita akan memodifikasi sedikit mesin china yang baru kita beli. Abaikan bagi yang sudah tahu ya sob :D,

1. Pada bagian Vertikal.

  • Ganti elco C457 1000uf/35v dengan elco 2200/35v
  • Sediakan resistor 1 ohm/1 watt dan tempel saja secara paralel ke resitor 1 ohm pada mesin (R659) yang ditunjuk pada gambar dibawah.

Cara mengganti mesin TV tabung slim menggunakan mesin TV WCOM biasa (non slim)

2. Pada bagian Horizontal.

  • Perhatikan pada capasitor C441 (0.47 mikrofarrad atau 470 nanofarrad atau 474) pada gambar. Ganti capasitor tersebut dengan 0.27 mikrofarrad (274).
  • Perhatikan juga capasitor C438 (9.1 nanofarrad atau 912) pada gambar dibawah ini, biarkan saja capasitor tersebut, pasang secara paralel capasitor itu dengan capasitor 12 nanofarrad (123)

Cara mengganti mesin TV tabung slim menggunakan mesin TV WCOM biasa (non slim)

Bagaimana sobat, sudah paham kan?, mudah-mudahan sudah ya. cara ini sudah sering saya gunakan apabila saat mengganti mesin tabung slim menggunakan mesin tv biasa yang non slim, dan hasilnya cukup memuaskan walaupun tidak sesempurna mesin slim. Semoga pembahasan mengenai Cara mengganti mesin TV tabung slim menggunakan mesin TV WCOM biasa (non slim) ini bisa memberikan manfaat buat kita, terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close