Skip to main content

Cara membersihkan layar TV LED yang baik dan benar

Cara membersihkan layar TV Led yang baik dan benar - cara membersihkan layar tv led sepertinya sangat mudah sekali, tetapi tetapi perlu sobat ketahui jika terjadi kesalahan sedikit saja dalam cara membersihkan layar tv led bisa berakibat kerusakan yang fatal pada panel/layar. layar tv led memiliki lapisan khusus pada permukaannya yang dapat dirusak oleh pembersih yang kuat. Jadi disini MONTIRBOX.COM akan memberikan sedikit tips cara membersihkan TV LED yang benar.

Berikut ini adalah contoh cara membersihkan layar tv led yang dianjurkan oleh masing-masing produsen led tv, panduan cara membersihkan TV Led ini bisa sobat temukan pada buku service manual pemilik dari HDTV bersangkutan. Periksa service manual pengguna, karena setiap TV sedikit berbeda, dan mungkin memerlukan metode yang berbeda pula.

Cara membersihkan TV LED

Cara membersihkan layar TV Led :

LG :
Bersihkan hanya dengan kain yang kering. Saat membersihkan, cabut kabel listrik dan lap dengan lembut dengan kain lembut untuk mencegah goresan. Jangan menyemprotkan air atau cairan lain secara langsung di TV karena sengatan listrik dapat terjadi. Jangan bersihkan dengan bahan kimia seperti alkohol, thinner, atau bensin.

Panasonic :
Bagian depan panel display harus diperlakukan secara hati-hati. Usap permukaan panel dengan lembut hanya menggunakan kain pembersih atau kain lembut, bebas serabut. Jika permukaannya sangat kotor, setelah membersihkan debu, rendam kain lembut, bebas serat dalam sabun cuci piring cair ringan (satu bagian sabun cuci piring cair yang diencerkan dengan 100 kali jumlah air), lalu peras kainnya untuk menghilangkan kelebihan cairan. Gunakan kain untuk menyeka permukaan panel display, lalu bersihkan secara merata dengan kain kering dari jenis yang sama sampai permukaannya kering. Jangan menggaruk atau mengenai permukaan panel display dengan kuku atau benda chard lainnya. Selain itu, hindari kontak dengan zat yang mudah menguap seperti semprotan serangga, pelarut, dan thinner. Jika tidak, kualitas permukaan mungkin akan terpengaruh.

Samsung :
Bagian luar dan layar produk dapat tergores saat dibersihkan. Pastikan untuk menyeka bagian luar pada layar dengan hati-hati menggunakan kain yang disediakan atau kain lembut untuk mencegah goresan. Jangan menyemprotkan air langsung ke produk. Cairan apa pun yang masuk ke produk dapat menyebabkan kerusakan, kebakaran, atau sengatan listrik. Bersihkan produk dengan kain lembut yang dibasahi sedikit air. Jangan gunakan cairan yang mudah terbakar (misalnya Bensin dan thinner) atau bahan pembersih.

Sony :
Usap layar LCD dengan lembut dengan kain yang lembut. Noda membandel dapat dihilangkan dengan kain yang sedikit dibasahi dengan larutan sabun lembut dan air hangat. Jika menggunakan kain yang tidak diolah secara kimia, silakan ikuti instruksi yang disediakan pada paket. Jangan pernah menyemprotkan air atau deterjen langsung ke perangkat TV. Ini dapat menetes ke bagian bawah layar atau bagian luar dan memasuki perangkat TV, dan dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat TV.

Toshiba :
Bersihkan hanya dengan kain kering. Lap permukaan panel display (layar TV) dengan lembut menggunakan kain kering, lembut (kapas, kain flanel, dan lain-lain). Kain keras dapat merusak permukaan panel. Hindari kontak dengan alkohol, pembersih yang lebih tipis, bensin, asam, thinner, atau alkali, pembersih abrasif, atau kain kimia, yang dapat merusak permukaan.

Untuk cara membersihkan layar TV LED merk-merk lainnya tidak akan berbeda jauh, karena pada dasarnya panel atau layar terbuat dari bahan dasar yang sama, walaupun berasal dari produsen yang berbeda.

Jadi intinya untuk cara membersihkan layar tv led, baca dulu service manual yang sudah disertakan dalam setiap pembelian pesawat TV, jangan menggunakan pembersih yang tidak disarankan oleh masing-masing produsen TV, karena jika terjadi kesalahan dalam membersihkan layarnya tentu akan berakibat fatal. layar tv led sangat rapuh dan harganya sangat mahal, bisa dilihat harganya pada Harga ganti layar led tv yang pecah serta biaya servisnya.

Itulah tadi cara membersihkan layar tv led yang baik dan benar agar perangkat televisi sobat bisa tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close