MONTIRBOX.COM

Cara Mengganti Mesin TV Tabung Dengan Mesin Cina (Pemula)

Cara Mengganti Mesin TV Tabung Dengan Mesin Cina (Pemula) - Ada seorang tetangga datang kepada saya dan mengatakan bahwa tv nya rusak, Kerusakannya terjadi setelah ada sambaran petir yang datang secara tiba-tiba tanpa ada hujan walaupun cuaca dalam keadaan mendung. Setelah terkena sambaran petir tv tersebut langsung mati.

Setelah itu tetangga saya itu mencoba untuk menghidupkannya kembali. Tv bisa nyala tapi tidak ada gambar lalu tv nya mati lagi katanya. dia meminta saya untuk memperbaikinya. Setelah saya cek ternyata benar, saya mencoba hidupkan lalu 1-2 detik mati lagi.

Saya buka casing tv nya trus amati rangkaian pcb nya ternyata ada beberapa jalur yang menuju IC utama gosong dan juga jalur-jalur yang menuju ke tuner. Wah bisa berabe nih kalau seperti ini ceritanya pikir saya, pikir punya pikir daripada nanti dapat serangan beruntun lebih baik saya usulkan ganti mesin saja.

Cara Mengganti Mesin TV Tabung Dengan Mesin Cina (Pemula)


Tetangga saya menyetujuinya dan proses ganti mesin pun dimulai. Oh ya bagi sobat-sobat yang sudah senior jangan ngejek ya, tutor ini diperuntukkan buat newbie seperti saya dan ini cuma sharing pengalaman saya saja. Oke kita mulai saja, adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah:

- TV yang sudah rusak mesinnya (nanti mesinnya tidak dipakai lagi)
- Mesin TV 21 inchi baru sebagai pengganti (saya biasa pakai mesin cina yang banyak tersedia dipasaran)
- Alat-alat penunjang service seperti solder, obeng, timah, tang, multitester, dll
- lem bakar (jika diperlukan)


Untuk pengerjaannya pertama kita buka dulu casing TV nya, oh ya perlu diingat, ada baiknya sebelum melepaskan mesin yang lama kalau perlu dicatat dulu sambungan-sambungan kabelnya sebagai pedoman dalam pemasangan mesin baru. Selanjutnya mesin tv bawaan  kita lepas dan dibuka seluruh sambungan-sambungan yg terhubung ke body atau casing tv,

lepaskan jg kop fbt dari tabung dan jangan lupa dikosongkan dulu lubang crt dari tegangan sisa sebelum melepaskan kop fbt, caranya ambil kabel pin multitester lalu selipkan di kabel ground tabung dan ujung yang satu lagi ke kop fbt, nanti akan terdengar suara seperti loncatan listrik dari tabung pertanda tabung sudah aman dan kop fbt bisa dicabut tanpa takut tersengat sisa tegangan tabung.


Setelah semua sambungan selesai dilepaskan, singkirkan mesin tv yang lama (atau berikan ke saya hehe..) lalu pasang atau masukkan mesin baru yang telah kita persiapkan tadi.  
Pasang semua sambungan seperti:

- Kabel yoke/sanggul
- kop fbt yang menuju tabung
- kabel ground dari tabung ke pcb socket crt yang di mesin baru
- kabel AV in dan AV out
- kabel atau pcb penerima remote
- kabel atau pcb untuk tombol program

Setelah semua pemasangan selesai, cek dulu semua sambungan apakah telah semuanya terpasang, dan setelah itu TV siap di running test. Demikian penjelasan singkat mengenai pemgalaman saya. Kalau ada yg perlu ditanyakan silahkan post di kolom komentar. Thanks 

Labels: TV TABUNG

Thanks sudah membaca Cara Mengganti Mesin TV Tabung Dengan Mesin Cina (Pemula). Silahkan share artikel ini.

Share:

2 Komentar untuk "Cara Mengganti Mesin TV Tabung Dengan Mesin Cina (Pemula)"