Skip to main content

Cara memperbaiki tv bergaris horizontal

Cara memperbaiki tv bergaris horizontal - TV dengan kerusakan garis horizontal paling sering kita jumpai pada sebuah pesawat televisi. Baik tv crt/tabung maupun tv lcd atau led tv bisa mengalami kerusakan bergaris horizontal. Untuk tv crt kerusakan garis horizontal misalnya layar tv gelap namun ada satu garis seperti benang putih mendatar ditengah layar memanjang dari kiri ke kanan, ada juga kondisi gambar normal tetapi ada garis garis seperti buku memanjang secara horizontal memenuhi layar, contoh lain ada garis buku di seluruh layar tetapi gambar tidak ada alias blank.

Baca Juga : SERVICE MODE TV CHINA KOMPLIT SEMUA MERK

Berbeda dengan tv crt yang kerusakan bergaris seperti diatas masih bisa diperbaiki , untuk cara memperbaiki tv bergaris horizontal tv lcd/led sangat sulit dilakukan bahkan bisa dikatakan sia sia, karena kerusakan tersebut sudah berhubungan dengan panel atau layarnya, jika layar sudah mengalami gejala seperti tompel, bergaris secara vertikal atau horizontal siap siap saja untuk membeli tv yang baru :D. Pada artikel cara memperbaiki tv bergaris horizontal kali ini saya ingin merangkum bermacam macam kerusakan garis horizontal baik tv crt/tabung maupun tv led/lcd, serta cara penanganan masalahnya.

Cara memperbaiki tv bergaris horizontal

Cara memperbaiki tv bergaris horizontal pada TV tabung/crt

Keluhan kerusakan tv crt yang paling sering terjadi adalah timbulnya gejala satu garis horizontal yang memanjang ditengah layar (setebal satu inci). Kerusakan seperti ini sangat umum terjadi pada tv konvensional, penyebab kerusakannya biasa terjadi karena adanya sambungan atau solderan timah yang sudah kering dan keropos pada ic keluaran vertikal, solusinya adalah diperlukan penyolderan ulang pada kaki kaki ic output vertikal tersebut. Kemungkinan lainnya adalah terjadinya kehilangan tegangan supply DC ke keluaran ic vertikal, tegangan supply dc yang tidak tepat (biasanya supply tegangan dc rendah).

Penyebab lain yang bisa terjadi adalah komponen disekitar ic vertikal yang sudah mulai tidak baik lagi kinerjanya, seperti elco. Elco yang kering paling sering menjadi penyebab tv bergaris horizontal, cek elco elco yang dicurigai, untuk memudahkan pengecekan gunakan alat tes elco esr meter analog, dengan menggunakan alat ini sobat bisa mengukur elco langsung pada pcb, tanpa harus dilepas dulu elco nya. Untuk cara membuat esr meter analog, sobat bisa baca pada artikel yang telah saya buat sebelumnya di Cara membuat ESR Meter analog pengukur elco paling akurat, dijamin alat tersebut sangat membantu sekali.

Penyebab berikutnya tv bergaris horizontal pada tv tabung adalah rusaknya output IC vertikal itu sendiri. IC vertikal ini sangat rentan sekali mengalami kerusakan, kerusakan ic ini biasanya sering disebabkan karena tegangan supply yang berlebih, solderan yang tidak sempurna, ic yang tidak original, komponen pendukung disekitar ic tersebut yang bermasalah. Jika ic ini rusak dan ingin mencari penggantinya, pastikan ic yang sobat pasang sesuai dengan aslinya, jangan menggunakan ic yang kw atau palsu, gunakan ic ori agar ic tersebut dapat bertahan lebih lama.

Selanjutnya jika tv bergaris horizontal pada tv crt bisa disebabkan karena terjadinya masalah pada Defleksi Yoke Horizontal (DYH) atau yang paling sering kita sebut sanggul atau konde. Yoke ini sering mengalami kerusakan seperti putusnya gulungan vertikal yang menyebabkan terjadinya kerusakan  tv menjadi bergaris horizontal. Sebelum menggantinya coba buka dulu lilitan yoke bagian vertikal, perhatikan setiap lilitannya apakah ada kawat email vertikal yang putus, biasanya setelah mendapatkan kawat yang putus dan menyambungnya tv akan normal kembali. Kemungkinan lain adalah terbakarnya lilitan yoke tersebut, tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yoke yang baru.

Cara memperbaiki tv bergaris horizontal

Cara memperbaiki tv bergaris horizontal untuk TV led dan lcd.

Tidak banyak yang mesti saya paparkan jika tv led atau lcd sobat mengalami kerusakan bergaris baik secara vertikal maupun horizontal, karena untuk kerusakan seperti ini sebagian besar berasal dari kerusakan panel pada tv lcd atau led tersebut, dan kita ketahui untuk harga panelnya tidak murah, bisa dilihat harganya pada artikel saya diHarga ganti layar led tv yang pecah serta biaya servisnya.
Jika sobat ingin mencoba juga untuk memperbaikinya coba cara sederhana dibawah ini :

- Jika ada garis memanjang dari atas kebawah yang muncul pada layar lcd, coba panaskan ic cof dengan solder, panaskan dengan hati hati karena bisa merusak ic tersebut jika terlalu panas. Kemungkinan berhasilnya mungkin cuma 1 persen, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Cara ini ada resikonya, jadi resiko ditanggung sendiri ya sobat  :D.

- Jika pada layar lcd ada garis garis memanjang secara horizontal sudah dipastikan layar sudah menuju masa pensiun. Coba baca di artikel saya yang lain yaitu Penyebab layar TV Led bergaris dan solusinya, siapa tahu  ada jalan keluar untuk masalah tv led bergaris hoizontal tersebut.

Demikian paparan singkat saya mengenai cara memperbaiki tv bergaris horizontal baik untuk tv crt maupun tv led, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita, terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close