Skip to main content

Merk TV tabung paling awet yang paling sering dicari

Merk tv tabung paling awet - "Bang, merk tv tabung paling awet apa ya?" kata seorang pelanggan kepada saya, "Kenapa masih mencari tv tabung?, beli tv led aja gambarnya kan lebih kinclong" jawabku, "TV tabung lebih awet Bang" jawabnya lagi. Itulah sedikit percakapan singkat saya dengan seorang konsumen yang bertanya merk tv tabung paling awet.

Kalau dipikir pikir benar juga apa yang dikatakan orang tersebut, rata-rata banyak pelanggan saya yang mengeluhkan tentang tv led yang mereka punya cepat sekali mengalami kerusakan, walaupun belum sampai setahun, mereka kecewa dengan daya tahan tv led yang ada saat ini. Untuk penjelasannya bisa dibaca pada artikel Kenapa tv led cepat rusak?.

Merk tv tabung paling awet

Sebelum kita membahas mengenai merk tv tabung yang tahan lama, saya ingin sedikit memberikan komparasi atau perbandingan antara tv tabung dan tv led, komparasi ini hanya sekedar opini belaka, keputusan tetap ditangan masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing masing perangkat televisi tersebut.

1. TEKNOLOGI.
Kita masih ingat di zaman HP candybar atau qwerty (ada tombol pencetan) lalu keluar generasi touch-screen, saat itu banyak stigma yang muncul, touchscreen itu tidak awet, mendingan pencetan tombol dst dst dst, tapi ujung-ujungnya HP jaman now yang bagus ya pakai touchscreen.

Begitu juga TV, kita mau stay di TV tabung ya tidak masalah, tapi kita tidak akan bisa menikmati tayangan full HD, karena keterbatasan kemampuan TV tabung. Solusinya? beralih atau nikmati yang ada, mengenai stigma2 atau ujaran negatif tentang TV LED, tidak akan membuat produsen surut untuk membuat TV LED, kita paham saat ini merk kenamaan tinggal Polytron dan Sharp saja yang masih setia memproduksi TV tabung, selain itu produk China, sedangkan produsen Jepang dan Korea sudah beralih ke TV LED atau bahkan ULTRA HD.

2. SPACE (RUANG).
Jaman semakin kesini menuntun serba simple, komputer besar tergantikan oleh laptop, laptop tergantikan oleh tablet, begitu juga TV tabung yang memakan ruang lebih besar pastinya akan tergantikan oleh TV LED yang lebih hemat ruang, menggantikan di sini bukan memusnahkan lho ya, beda, segmen masing2 produk selalu ada dan tumbuh.

Ini fokus di produsen elektronik yang juga otomatis akan menghemat budget gudang atau ruang penyimpanan, bayangkan jika untuk menyimpan 1 buah TV tabung ternyata bisa untuk menyimpan 5 atau bahkan lebih TV LED, lebih hemat LED pastinya. Juga kita yang sebelumnya harus menyediakan meja atau tempat khusus untuk TV Tabung, sekarang pakai LED tempel aja di dinding, kelar masalah, lebih simple.

3. HARGA.
Bagaimanapun setiap produsen pasti mengincar yang namanya Value, mereka pasti akan menggiring konsumen seperti kita untuk meningkatkan pembelian, akhirnya mereka membuat produk yang canggih dengan harga mahal atau bahkan mencekik leher, salahkah mereka? tentu tidak, mereka kan pedagang ya cari untung. Secara berkala mereka akan meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi mereka, jadi kita sebagai konsumen mau beli dan beli lagi. Masyarakat sendiri makin kesini cenderung makin konsumtif jadi selalu terbuka lebar celahnya dan demand-nya semakin besar untuk teknologi.

4. KEADAAN.
Sekuat2nya kita, sefanatik2nya kita, pada akhirnya kita akan menyerah atau mau tidak mau mengikuti keadaan, karena kita pasti ingin menikmati tayangan dengan kualitas gambar lebih baik, apalagi kita lock channel-chanel HD, pastinya pengen menikmati juga dong..:D. Salah satu alasan kita pasang parabola ya agar gambar lebih bening, lalu ganti RX HD alasannya juga itu, lalu beli TV Led ya itu juga salah satu alasannya.

Sifat dasar dan alami manusia adalah ingin selalu lebih nyaman dan baik dari sebelumnya, dimana rasa itu memang mahal harganya. Kalaupun kita tuser mau gak mau ya kita harus menguasai servis jenis elektronik apapun, masa nolak rejeki? kan sayang, makanya kita akan kalah juga dengan keadaan, mau se-idealis apa sih kita? kalau terbentur dengan duit idealisme pasti akan luntur juga :D.

5. KEBERUNTUNGAN.
Alat elektronik apa saja pasti ada sangkut pautnya dengan keberuntungan kita, belum tentu merk dan type ini di kita bisa awet, pada orang lain tidak awet ataupun sebaliknya, apapun namanya mass-production atau produk massal tidak akan bisa sempurna 100%, makanya para produsen membuat Garansi, entah garansi panel atau mesin atau hal-hal lain untuk perlindungan konsumen.

Jadi kita mau gak mau harus gambling juga dengan hal ini, tapi setidaknya kita bisa berbagi pengalaman misal digrup tentang seputar merk tv tabung paling awet, type2 apa yang bagus, itu juga bisa untuk referensi kita. tidak usah menyalahkan merk tertentu dengan sampling 1 atau 2 kasus, semua merk mass-production pasti ada saja yang tidak beres.

So, kesimpulannya sudah didapat, jika ada yang menanyakan merk tv tabung paling awet, semua tv tabung awet, tergantung pemakaian dan keberuntungan kita. Tetapi tidak ada salahnya kan sebagai teknisi kita bisa sedikit memberi opini tentang merk tv tabung paling awet. Dari pengalaman, merk Polytron, Sharp, Samsung, Panasonic, LG, dan beberapa merk jepang serta korea lainnya cukup awet untuk kita pakai, sedangkan untuk tv china merk Changhong dan TCL lumayan awet, tapi itu semua tergantung kita mau pilih merk yang mana.

Semoga pembahasan mengenai merk tv tabung paling awet ini bisa memberikan wawasan dan berguna buat kita, terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close