TV tabung gambar berbayang (penyebab dan solusi)

TV tabung gambar berbayang - Sering kita jumpai kerusakan tv tabung gambar berbayang dengan ciri ciri gambar normal, bening, tanpa bintik, tetapi terlihat bayangan gambar yang meliuk-liuk dan sangat tidak nyaman untuk ditonton. Noise yang terjadi biasa disebabkan karena tidak sempurnanya sistem penalaan yang diterima oleh perangkat televisi tersebut. Untuk mengatasi gejala tv tabung gambar berbayang seperti diatas yang perlu dilakukan adalah :

- Cek arah antena, apakah sudah tepat dengan posisi arah pemancar, jika arah antena tidak tepat bisa menyebabkan gambar berbayang.

- Jika menggunakan booster, pastikan perangkat booster tidak mengalami masalah. Cek juga kabel menuju booster dan antena apakah kabel tidak ada yang putus, biasa serat ground yang sering putus/korosi diakibatkan terkena air hujan.

- Coba atur penalaan kekuatan sinyal yang ada pada booster, pengaturan gain control pada booster berada pada trimpot yang bertuliskan "UHF Gain" da "VHF Gain". Untuk siaran uhf trim pada trimpot yang berlabel "UHF Gain", begitu juga dengan siaran vhf di trim pada trimpot "VHF Gain", Biasanya sinyal yang dihasilkan terlalu kuat, jadi kita perlu mengatur trimpotnya ke minimum, putar trimpot dengan obeng min kearah berlawanan dengan jarum jam, biasanya gambar akan kembali normal.

- Jika usaha diatas tidak membuahkan hasil gambar tv tetap berbayang, langkah terakhir adalah coba dibuka saja boosternya (gunakan antena tanpa booster). Setelah booster dibuka atur ulang lagi arah antena hingga mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

- Apabila segala usaha diatas belum membuahkan hasil juga, kemungkinan permasalahan tv tabung gambar berbayang yang sobat alami berasal dari perangkat televisi. Cek pada bagian tuner atau IF nya, atau sobat bisa baca pada artikel saya di Tips kerusakan tuner/if AGC.

Tv tabung gambar berbayang (penyebab dan solusi)

Untuk gejala tv tabung gambar berbayang lainnya ciri ciri yang timbul adalah gambar atau warna yang dihasilkan double atau terkadang triple, memang gejalanya sangat mirip seperti kerusakan booster diatas, tetapi penyebab kerusakan seperti ini berbeda, cek bagian gelang/cincin konvergensi yang terpasang didekat yoke pada bagian leher tabung, apakah cincin tersebut telah bergeser, jika cincin magnet tersebut telah bergeser diperlukan pengaturan yang teliti agar warna kenvergensi berada pada satu titik fokus. Apabila pengaturan cincin konvergen sudah maksimal tetapi gambar tetap berbayang, ada kemungkinan tambung gambar sudah mengalami soak, diperlukan pergantian crt untuk menyelesaikan masalah.

Dengan mengikuti cara cara diatas mudah-mudanan permasalahan tv tabung gambar berbayang yang sobat alami bisa teratasi, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "TV tabung gambar berbayang (penyebab dan solusi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close