MONTIRBOX.COM

Kenapa TV Led cepat rusak? ini dia 7 penyebabnya

Kenapa TV Led cepat rusak - Sebagai seorang teknisi elektronik (abal-abal :D) sering saya mendapat pertanyaan dari konsumen, mereka menanyakan kenapa TV Led cepat sekali rusak padahal TV Led nya belum lama dipakai. Sebelumnya mereka sudah menggunakan TV crt/tabung katanya bisa bertahan tahunan hingga ada yang puluhan tahun TV tabungnya masih dipakai hingga sekarang.

Saya bingung menjawab pertannyaan tersebut, soalnya bukan saya yang bikin TV nya :D. Karena begitu banyaknya pertanyaan yang itu-itu saja, saya berusaha mencari referensi dan berbagai sumber kenapa TV Led cepat sekali mengalami kerusakan.

Setelah mendapatkan informasi yang cukup dari banyak teman yang ahli dibidang ini saya mendapatkan beberapa jawaban dari mereka.


Berikut ini adalah beberapa jawaban yang berhasil saya himpun kenapa TV led cepat rusak dan solusinya agar lebih awet :

Kenapa TV Led cepat rusak


1 Usia panel/layar tv led yang lebih pendek dibandingkan dengan tv tabung/crt.

Gunakan TV sesuai kebutuhan, apabila TV dihidupkan untuk waktu yang lebih lama beri jeda waktu istirahat setidaknya setengah jam. Jangan biarkan TV hidup dalam posisi gambar statis dalam beberapa jam karena akan menimbulkan bekas/jejak pada layar.

2. lampu led sebagai pemberi cahaya untuk layar atau panel yang gampang putus/mati.

Rata-rata kerusakan TV led yang sering terjadi karena putusnya lampu led tersebut. Jangan gunakan pencahayaan lampu latar/backlight yang tinggi agar terhindar dari kerusakan/putusnya lampu led. Untuk setingan backlight dianjurkan cukup setengah atau tiga perempat dari setingan maksimum.

3. Beberapa produk TV led tidak menggunakan heatsink pada IC nya sebagai peredam panas, yang tentu  akan memperpendek usia dan mempercepat kerusakan komponen IC tersebut. Terkadang bagi sebagian teknisi elektronik professional, untuk mengurangi panas pada IC, mereka akan menambahkan heatsink/pendingin sebagai antisipasinya

4. Jalur yang menuju ke panel yang gampang putus, short, atau terbakar dikarenakan membutuhkan supply yang cukup tinggi sedangkan jalur PCB yang digunakan pada circuit sangat halus

5. Sangat peka sekali terhadap lonjakan arus yang tidak stabil yang bisa mengakibatkan firmware TV Led tersebut menjadi error yang ditandai dengan mati nya TV tersebut dengan lampu indikator tetap menyala, atau walaupun TV menyala terkadang gambar atau menu menjadi tidak normal. Penggunaan stabilizer cukup membantu sebagai solusinya.

6. Panel/layar sangat rentan sekali terhadap trauma benturan.

Sedikit saja terkena benturan akan merusak piksel pada layar dan akan menyebabkan piksel menjadi mati. Untuk memperbaiki kerusakan layar tersebut jalan satu-satunya hanya dengan mengganti komplit satu panel. Dan perlu diketahui harga panel yang tersedia dipasaran sangat mahal sekali, 90 persen dari harga baru TV Led tersebut.

7. Kemungkinan lain kenapa TV Led cepat rusak adalah karena menurut "kabar angin" komponen yang digunakan untuk TV Led yang beredar dipasaran saat ini sengaja dibuat sesuai "standard isi kantong" masyarakat pada umumnya, karena kalau menggunakan komponen kualitas nomor satu bisa-bisa TV Led hanya dimiliki oleh segelintir orang "berduit" saja. Entah benar atau tidak :D

Itulah beberapa penyebab kenapa TV Led cepat rusak dan solusi yang bisa dilakukan, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan buat kita. Terima kasih

Labels: LCD LED TV

Thanks sudah membaca Kenapa TV Led cepat rusak? ini dia 7 penyebabnya. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Kenapa TV Led cepat rusak? ini dia 7 penyebabnya"