Skip to main content

Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion

Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion - Alhamdulillah MONTIRBOX.COM sore ini mendapatkan pasien perbaikan TV Led dengan merk Toshiba type 32L2600VJ. Kerusakan yang di alami tv led Toshiba ini adalah gambar hidup dengan normal tetapi secara periodik tampilan gambar berhenti...normal...berhenti..normal... seperti kita sedang menonton video di pause gambarnya, begitu terjadi secara terus menerus, kerusakan seperti ini sering kita sebut TV Led gambar slow motion.

Baca Juga : TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada

Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion

Kerusakan TV Led gambar slow motion sering juga terjadi pada led TV merk LG yang type panel nya tidak mempunyai side row, atau yang sering juga kita sebut kupingan panel. Begitu pula dengan TV led Toshiba type 32L2600VJ yang sedang saya tangani saat ini, tv ini memiliki sistem panel yang double row/scanning atau tidak memiliki kupingan pada panelnya, karena tv led toshiba ini juga menggunakan panel milik LG. TV led toshiba ini hanya memiliki satu buah mainboard yang didalamnya terdapat Power supply (PSU), Main Unit dan Timing Control sudah digabung menjadi satu.

Baca Juga : TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi

Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion

Jika kita cek tegangan-tegangan pada rangkaian Timing Control (T-Con), disitu akan kita jumpai data tegangan untuk VGH (VGH R) terukur normal sebesar 26v, tegangan VGL (VGH F) juga didapati normal sekitar minus 6 (-6). Tetapi ada kejanggalan terhadap tegangan yang terdapat pada pin ODD dan pin EVEN, pada kedua titik pin tersebut tegangan bergoyang atau tidak stabil. Nah, disitulah letak kesalahan kenapa tv led merk Toshiba ini yang mengalami kerusakan gambar slow motion.

Baca Juga : TV Lcd Samsung berbayang dan tips memperbaikinya

Bagaimana cara memperbaiki TV Led gambar slow motion seperti ini?, pada artikel ini akan saya bagikan caranya buat sobat-sobat semua, walaupun cara ini saya terapkan pada tv merk Toshiba, tidak menutup kemungkinan bisa juga dilakukan pada merk TV led lainnya seperti merk LG yang sering menggunakan type panel tanpa kupingan. Baiklah sobat, tanpa menunggu lebih lama lagi silahkan sobat ikuti dan amati langkah-langkah bagaimana cara memperbaiki TV Led gambar slow motion dibawah ini.

1. Perhatikan pada gambar dibawah, disitu terdapat pin VGH R, VGH F, ODD, EVEN. Jumper pin VGH R dan pin ODD menggunakan kabel, jumper juga pin VGH F ke pin EVEN, jadi nanti akan terdapat dua jumperan.

Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion

2. Selanjutnya beralih ke bagian socket LVDS, perhatikan juga pada gambar dibawah. Hitung mulai dari pin sebelah kiri, potong jalur pada pin nomor 6 dan pin nomor 7 dengan menggunakan pisau cutter, potong secara hati-hati agar tidak mengenai jalur pin lain.

Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion

Setelah semua selesai dilakukan, sekarang silahkan sobat untuk mencoba TV Led nya. Insya Allah tv akan normal kembali. Cara ini sudah sering saya lakukan dan Alhamdulillah belum ada yang sampai gagal hingga saat ini. Bagaimana sobat, mudah bukan?, semoga artikel cara memperbaiki TV Led gambar slow motion ini bisa memberikan pembelajaran yang berguna buat kita, terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close