TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada

TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada -  Pada siang hari ini saya mendapatkan pasien servis tv dengan gejala tv led layar putih polos, berdasarkan informasi yang punya barang, walaupun tv blank putih tetapi suara tetap ada. Untuk solusi lcd blank putih seperti ini sering saya dapatkan kerusakannya hanya sepele saja, begitu pula dengan tv blank putih suara ada kali ini,  perbaikan untuk kerusakan TV led layar putih polos saat ini tidak membutuhkan pergantian komponen.

Baca Juga : Cara membersihkan layar TV LED yang baik dan benar

Kenapa untuk solusi lcd blank putih untuk tv led layar putih polos yang saya perbaiki kali ini tidak memerlukan pergantian komponen? jawabannya mudah, karena sudah rejeki saya... hehehe.. :D. Sebelum kita masuk ke pengalaman saya saat memperbaiki tv blank putih suara ada ini, saya ingin sedikit berbagi apa saja penyebab dan kenapa tv led/lcd bisa menjadi blank putih polos dan terkadang suara yang kita dapatkan tetap ada.

TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada

Ada beberapa sebab kenapa TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada, antara lain adalah :

Baca Juga : Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

1. Hilangnya tegangan +B yang menuju Timing Control (T-Con). Biasanya tegangan yang dibutuhkan untuk Tcon adalah 12v, ada juga sebagian tv yang menggunakan tegangan 5v. Cek tegangan B+ yang berasal dari motherboard apakah ada atau tidak keluar.

2. Putusnya sekring/fuse yang letaknya berada pada board Tcon. Posisi fuse tersebut biasanya dekat dengan socket kabel lvds, cek dengan multimeter dengan skala ohm atau pada posisi buzzer.

3. Firmware tv yang korup. TV led layar putih polos bisa juga disebabkan karena firmware yang tersimpan pada bios/eeprom terjadi korup. Kalau hal ini terjadi, diperlukan proses flashing untuk mengatasi masalahnya.

4. Board rangkaian T-Con mengalami kerusakan. Jika rangkaian Tcon tidak menyatu dengan panel, coba ganti board tcon secara komplit.

5. Ada kemungkinan IC Gamma mengalami kerusakan, jika T-Con menggunakan ic gamma AS-15, sobat perlu mengganti IC tersebut dengan yang baru.

Lalu apa untuk solusi lcd blank putih pada kerusakan tv yang sedang saya alami saat ini?, silahkan disimak Sob, check it out ! :

- Penampakan TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada pada tv yang saya perbaiki, TV led ini ber merk IKEDO.

TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada

- Saya buka casing nya dan perhatikan gambar dibawah yang sudah saya beri tanda.

TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada

- Dan TV led tersebut sudah normal kembali.

TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada

Jadi solusi lcd blank putih yang saya alami ini apa ya?, Solusinya sangat sederhana Sob, saya hanya mencabut kabel lvds nya dan memasangnya kembali dengan benar...hehehe..., ternyata kabel lvds nya hanya longgar saja :D. Baiklah Sob, itulah sedikit sharing dan berbagi pengalaman saya saat memperbaiki TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat, khususnya buat saya pribadi, Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "TV led layar putih polos (TV blank putih) suara ada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close