TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi

TV led LG layar redup - "TV ini yang rusak layarnya pak" kata saya kepada seorang bapak yang membawa sebuah TV led LG layar redup bertipe 42LN5100. TV tersebut memiliki masalah dengan gambarnya yang sekali kali meredup, goyang disertai dengan gambar dobel, terkadang beberapa detik gambar bagus dan berganti double lagi, begitu terus menerus, sedangkan suara tetap normal.

Sebagaimana telah kita ketahui, jika sebuah tv led/lcd sudah mengalami kerusakan pada layarnya maka tv tersebut bisa dikatakan sudah memasuki masa pensiun. Mengapa tidak, lihat saja berapa harga ganti layar tv led yang di bandrol oleh service center, bikin kita kaget dan berpikir dua kali untuk memperbaiki tv yang mengalami kerusakan pada panelnya. Bisa dilihat pada postingan saya di artikel Harga ganti layar Led tv pecah serta biaya servisnya, disana bisa kita dapatkan estimasi rincian harga layar tv lcd/led yang mencapai 80 persen dari harga barunya !.

Baca Juga : TV Lcd Samsung berbayang dan tips memperbaikinya

Pada kasus kasus tertentu adakalanya sebuah tv led yang sudah divonis rusak layar masih mempunyai harapan untuk bisa diperbaiki. Seperti yang sedang saya tangani saat ini, kerusakan ini sudah sering saya dapatkan sebelumnya, memang sifatnya untung untungan, sering berhasil dan ada juga yang gagal, mudah-mudahan saya berhasil juga kali ini, soalnya kasihan juga lihat yang punya kaget dengan harga ganti layarnya.

Baca Juga : Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris dan double tanpa di cut (sunat)

Kalau kita lihat judulnya kenapa saya bilang memperbaikinya hanya dengan cara sederhana?, karena disini kita tidak memerlukan pergantian komponen, apalagi ganti layar. Saya hanya memakai cara yang sering digunakan oleh para master tv led untuk memperbaiki kerusakan seperti ini, jadi bagi yang sudah master abaikan saja ya, saya hanya berbagi cara dengan sesama pemula seperti saya :D.

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV led rusak gambar menjadi double

Silahkan disimak ya sob, cara saya Memperbaiki TV led LG 42LN5100 gambarnya redup dan bergetar serta dobel pada artikel dibawah ini :

TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi

- Perhatikan gangguan yang terjadi pada gambarnya, secara teknis kerusakan seperti ini memang berasal dari layarnya, problem inilah yang ingin kita coba untuk perbaiki.

TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi

- Lihat pada modul tcon, disana terdapat dua kabel lvds yang menuju panel. kita akan menonaktifkan salah satu row. disini saya ingin mencoba melumpuhkan bagian kanan pada panel tv tersebut.

TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi

- Bisa diperhatikan, disini saya menggunakan isolasi yang sangat tipis guna me-nonaktifkan panelnya yang sebelah kanan. Cara ini khusus untuk type LG 42LN5100 ya sob, untuk type lain tentu saja berbeda caranya.

TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi

- Dan Alhamdulillah berhasil, TV sudah normal kembali setelah saya mengisolasi kabel lvds pada bagian row sebelah kanan.

TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi

Itulah tadi pembahasan tentang TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi. Jadi kesimpulannya, kerusakan layar dobel seperti ini sebenarnya masih mempunyai harapan untuk bisa dperbaiki, tergantung tingkat keparahannya. Jika satu row rusak, kita bisa menggunakan row lainnya, tapi jika keduanya yang rusak tentu tidak bisa tertolong lagi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "TV led LG layar redup dan bergetar dobel cukup dengan isolasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close