Cara memperbaiki tv led Sharp Aquos lampu indikator berkedip terus

Cara memperbaiki tv led Sharp Aquos - Awalnya TV sharp Aquos 32 inch ini datang dalam keadaan tidak hidup sama sekali. Lampu indikator juga tidak menyala pada tv led sharp ber type 32LE265I ini. Saya cek semua komponen pendukung pada modul power supply dan dijumpai mosfet dalam keadaan short, ditemukan juga dioda out inverter yang menuju ke lampu backlight juga dalam kondisi rusak, "mudah-mudahan hanya ini rusaknya" pikirku.

Setelah mengganti komponen yang rusak saya mencoba nyalakan, ternyata lampu led atau indikatornya kedip kedip terus, tv tidak mau start. Hmm... saya mulai berpikir bagaimana cara memperbaiki tv led sharp aquos dengan kerusakan seperti ini, apakah saya mesti reset tv sharp tersebut sebelum pergantian komponen?, akhirnya saya mengambil keputusan untuk mereset tv tersebut dan segera mencari tahu bagaimana cara reset tv sharp yang menggunakan tombol joystick seperti ini.

Saya teringat dengan postingan seorang teman bagaimana cara mengatasi lampu led berkedip pada tv lcd sharp aquos beberapa hari yang lalu, kebetulan saya mencatat cara cara yang dilakukannya.Tanpa menunggu lama lagi langsung saya praktekkan cara tersebut dan berhasil !, tv bisa menyala. Tetapi masalah masih ada, tv mati lagi dengan posisi lampu indikator persis seperti semula.

Saya coba cek backlight menggunakan alat tes backlight/zener tester siapa tahu ada led yang sudah soak menyebabkan tv tersebut menjadi protek, ternyata backlight juga dalam keadaan baik. Karena reset tidak membuahkan hasil, akhirnya saya berinisiatif untuk melakukan flash pada IC SPI nya.

Setelah melakukan flashing pada ic spi nya, tv langsung saya hidupkan.  Ola la.... tv tidak sempat menyala, indikator led tetap berkedip, "nyerah dah... mau saya ganti motherboard aja" pikir saya. Tapi sebelumnya iseng-iseng saya mencoba masuk kembali ke menu servis dan berniat me reset tv sharp aquos ini lagi. Ternyata setelah saya mereset ulang tv bisa menyala dengan normal !!, yes... Alhamdulillah. Kenapa cara diatas sebelumnya saya gagal?, ada kemungkinan firmwarenya sudah bermasalah/error.

Sobat ingin tau caranya?, silahkan diintip tutorialnya dibawah ini :

Catatan : cara ini digunakan untuk tv led sharp yang menggunakan tombol joystick.

1. Saya menggunakan firmware sharp 32LE265I yang saya dapatkan dari seorang teman, jika sobat mau bisa didownload di sini.

2. TV dalam posisi off (steker tidak tersambung ke listrik)

3. Tombol power+input ditekan dan tahan bersamaan.

4. Colok jack ke listrik

5. Saat led kedip kedip lepas tombol power dan joystick.

6. Mainkan tombol joystick : "naik turun naik lepas".

7. Perhatikan lampu led akan berubah jadi oange (merah dan hijau menyala)


8. Layar akan berubah jadi blue back, cepat tekan dan tahan tombol joystik tengah sampai lampu led nyala hijau.


9. Setelah tv menyala akan muncul option service mode.

10. Gulir ke halaman 9 (dari 11 halaman), cari tulisan "EEP CLEAR", rubah menjadi on dan tekan oke pada remote.


11. Matikan tv dengan mencabut steker.

12. Selamat, tv sobat sudah normal kembali.

Bisa diambil kesimpulan, kerusakan tv led sharp yang saya perbaiki ini karena firmwarenya, penanganan dengan cara meresetnya tidak menyelesaikan masalah, terpakasa harus melakukan flashing. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara memperbaiki tv led Sharp Aquos lampu indikator berkedip terus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)