MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki TV led rusak gambar menjadi double

TV LCD Sony Bravia Bergaris - "Bang, ini gambarnya kenapa jadi dobel seperti ini?" kata anak-anak yang main Playstasion di rental PS, saya langsung beranjak dan melihat ke layar tv tersebut yang kebetulan merk SONY. Memang benar ternyata gambar TV led tersebut bergetar dan gambarnya berlipat kebawah. Saya coba cek apakah kesalahan dari PS atau TV nya, ternyata TV yang bermasalah.



"Duh, alamat keluar modal lagi nih buat beli TV baru" pikirku. Karena setahu saya kerusakan seperti ini kemungkinan berhasilnya kalau diperbaiki hanya 50-50, bisa menjadi bagus dan bisa juga pensiun TV nya jadi barang loak. Seandainya walaupun berhasil diperbaiki, kita tidak bisa menjamin berapa lama daya tahan TV tersebut, bisa hanya satu hari, seminggu, hanya sebulan, tiga bulan, setahun, dua tahun, tidak bisa kita dipastikan.   

"Daripada nggak ada kerjaan saya bongkar dulu ah, siapa tahu masih rejeki" pikirku. Langsung TV nya saya angkat dan masuk ke meja operasi :D . oh ya sob, sebelum kerja baca bismillah dulu ya biar berkah hehehe.., langsung saya buka baut-bautnya dan memperhatikan jalur-jalur yang berada pada PCB yang menuju ke panel atau layar TV.

Cara Memperbaiki TV led rusak gambar menjadi double


Baca Juga

Setelah menganalisa dan memperhatikan jalurnya, langsung saya ambil pisau cutter yang kecil dan tajam, wah buat apa nih hehe..., saya lihat yang kiri pada PCB lalu yang kanan, "pilih yang mana ya.." pikirku,  saya berdo'a dulu mudah-mudahan ini berhasil, akhirnya saya pilih cut yang sebelah kanan, dan crat..cret..set..., pisau saya beraksi, dengan satu kali sayatan putus TV nya eh.. Jalurnya hehehe..

Setelah itu TV langsung saya coba hidupkan, sebelum dicoba baca bismillah dulu :D ,
dan... Alhamdulillah... TV Led nya langsung bagus, gambarnya tidak bergetar dobel lagi, hore... Tidak jadi beli TV  baru..hehehe.., TV langsung saya tes, mudah-mudan TV ini bisa bertahan.


Bagi pemula seperti saya bingung kan dengan proses perbaikannya, cuma pakai pisau crat..cret..set.. Kok bisa ya, bagi yang sudah master TV seperti sobat, ini sudah menjadi makanan sehari-harinya. Bagaimana cara kerja perbaikan untuk kerusakan gambar double seperti ini?, nah cara inilah yang saya pakai untuk memperbaikinya, sekali lagi ini buat pemula seperti saya, yang sudah mahir abaikan saja ya :D

Disini kita akan mencoba memutus salah satu jalur row ckv1, ckv2, ckvb1, ckvb2, stvp yang menuju ke panel, kelima jalur itu bercabang dua, kiri dan kanan. Disini kerja kita bersifat "untung-untungan", kita harus memilih mau cut yang sebelah kiri atau kanan, kalau lagi beruntung maka selesailah kerja kita, tetapi kalau kita salah cut maka kita harus menyambungnya kembali dan meng-cut sisi yang sebelah lagi. Kalau ternyata sudah kita cut kedua sisi kiri atau kanan tidak berhasil maka TV nya sudah minta pensiun :D , Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah


Berikut ini step by step nya secara garis besar :

Cara pertama.

1. Cari pin yang bertuliskan ckv1, ckv2, ckvb1, ckvb2, stvp di pcb/tcon yang menuju ke panel
2. Setelah ketemu, dikerik dulu jalurnya sampai bersih, baik jalur yang sebelah kiri maupun yang kanan
3. Lalu pilih salah satu jalur yang ingin kita cut/potong terlebih dahulu
4. misalnya cut jalur kiri dulu
5. Kalau gambar normal berarti kerjaan sukses
6. Kalau gagal sambung kembali
7. Cut bagian kanan
8. Kalau gambar normal berarti sukses
9. Kalau gagal, TV sudah minta pensiun :D

Cara kedua.

1 .Kita ukur dulu tegangan ckv1, ckv2, ckvb1, ckvb2, stvp
2 .mana yang jauh selisihnya dan tidak stabil atau rendah teganganya atau selalu berubah-ubah/bergetar maka itu yg harus kita cut
3. Coba cut kiri dulu lalu kanan, seperti step cara pertama

Cara ketiga

1. TV dalam posisi off
2. Cut 2 jalur row sekaligus, yang kiri dan kanan
3. Ukur resistansi ckv1, ckv2, ckvb1, ckvb2, stvp yang menuju langsung ke panel setelah di cut. Ukur row kiri dan kanan
4. Cara ukur, kabel multimeter hitam ke GND, kabel merah cek ke pin masing2 diatas
5. Kalau nilai resistansinya keci, maka pin itu yang rusak, sisanya disambung kembali

Nah itulah tiga cara yang pernah saya coba, mau pilih yang mana terserah sobat, yang penting bisa bayaran..hehe...

Labels: LCD LED TV

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki TV led rusak gambar menjadi double. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki TV led rusak gambar menjadi double"