MONTIRBOX.COM

Rangkaian pengaman sederhana untuk perbaikan regulator power supply

Rangkaian Pengaman Penghindar Short Power Supply - Ada seorang teman teknisi bercerita kepada saya bahwa dia sedang mendapat kesulitan dalam memperbaiki sebuah pesawat TV crt dengan kerusakan pada bagian PSU atau power supply nya.

Dia bilang setelah melakukan cek sana-sini dan dilakukan pergantian komponen seperti transistor, zener, dan mosfet saat perangkat akan dilakukan tes ujicoba komponen regulatornya langsung short diikuti dengan mcb listrik langsung off atau padam.

Padahal menurut dia sudah sangat yakin tidak ada lagi komponen yang rusak. Sudah ketiga kalinya mosfet dan Transistor pada rangkaian PSU tersebut short/jebol saat dihidupkan. Sehingga cukup banyak makan korban dirangkaian tersebut.

Saya bilang kalau kondisinya seperti itu berarti masih ada komponen pada  bagian regulator primer atau sekunder yang masih bermasalah, sebaiknya sebelum dicoba kita buat dulu sebuah rangkaian pengaman atau lebih tepatnya indikator yang menunjukkan apakah PSU tersebut sudah aman untuk dicoba atau belum.

Rangkaian pengaman sederhana untuk perbaikan regulator power supply


Setiap perangkat elektronika seperti TV, DVD, Receiver Parabola, PS2, PS3, dan alat elektronik lainnya tentu membutuhkan supply tegangan atau dinamakan PSU/Power Supply agar perangkat tersebut bisa bekerja. Ibarat kendaraan bermotor tanpa bahan bakar tentu  tidak akan jalan, begitupula dengan barang elektronik.

Untuk perbaikan PSU yang mengalami kerusakan, Kita sebagai teknisi dituntut harus berhati-hati  dalam memperbaikinya, sebab sedikit saja analisa atau ada pergantian komponen yang salah atau tidak sesuai dengan nilai dan spesifikasi komponen tersebut maka bisa saja komponen utama seperti Transistor, Mosfet, IC, Str atau yg lainnya pada PSU bisa langsung rusak/short pada saat pertama kali dinyalakan.

Disini saya akan berbagi pengalaman sedikit bagaimana cara agar kita aman dalam memperbaiki sebuah Power Supply, cara ini sudah lama saya gunakan dan terbukti efektif untuk melindungi komponen PSU disaat kita melakukan perbaikan pada bagian power supply tersebut.

Adapun cara kerjanya adalah sangat sederhana sekali, apabila saat rangkaian dinyalakan lampu dop menyala maka artinya pada rangakaian PSU masih ada yang salah atau ada komponen yang short dan masih butuh pemerikasaan lebih lanjut. Sebaliknya, apabila lampu dop tidak menyala berarti rangkaian PSU aman untuk dihidupkan atau diujicoba, jadi tidak akam makan 'korban' lagi kalau dihidupkan.

Adapun alat yang dibutuhkan hanya lampu dop saja yang berukuran 75 watt atau 100 watt. Untuk cara pemasangannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


Semoga membantu buat pemula seperti saya.

Labels: TIPS

Thanks sudah membaca Rangkaian pengaman sederhana untuk perbaikan regulator power supply. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Rangkaian pengaman sederhana untuk perbaikan regulator power supply"