MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki PS3 ylod tidak bisa hidup

Cara Memperbaiki PS3  YLOD - Disini kita akan mencoba memperbaiki PS3 slim dengan kerusakan ylod. Apa itu ylod?,  ylod adalah ketika PS3 dihidupkan lampu indikator led nya menyala merah standby dan saat di tekan tombol power lampu led nya jadi hijau, kuning sedetik lalu kembali menjadi merah berkedip diikuti dengan suara bip tiga kali

Apa saja penyebab terjadinya ylod pada PS3?, coba kita simak kemungkinan penyebabnya, terjadinya ylod antara lain karena :

- Thermal Pasta pada ic rsx dan ic celbe yang sudah mengering
- Debu didalam consol yang sudah menumpuk
- solder ball yang sudah retak
- kerusakan pada celbe atau rsx
- kerusakan pada ic nor/nand
- kerusakan pada hdd internalnya
- kerusakan software
- dan masih banyak kemungkinan kerusakan lainnnya

Sebenarnya saya masih sangat awam dalam memperbaiki PS3, hanya bermodalkan pengalaman saja dan tanya sana sini kepada teman yang sudah master dalam memperbaiki perangkat ini, itupun yang saya perbaiki hanya kerusakan2 kecil saja.

Cara Memperbaiki PS3 ylod tidak bisa hidup


Kembali ke topik awal, saya akan mencoba memperbaiki PS3 dengan gejala ylod seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Kebetulan PS3 yang akan saya perbaiki adalah type 20xx. disini saya coba perbaiki PS3 milik sendiri yang saya beli dalam kondisi rusak, lumayanlah buat belajar :D

Pertama saya buka dulu casing nya. Saya lihat sepertinya consol ini belum pernah di servis sebelumnya, itu terlihat dari segel void pada bautnya yang masih utuh. Setelah dibuka kelihatan banyak sekali debu yang menumpuk,

Setelah debu dibersihkan, selanjutnya hdd internal dibuka terlebih dahulu, lalu bdrom, dan membuka baut-baut yang menuju ke main pcb. Setelah semua terbuka baru kelihatan betapa sudah sangat keringnya thermal pasta pada kedua ic yaitu cpu dan rsx, thermal pastanya wajib diganti.


Hmm... Saya pikir berarti inilah penyebab ylod nya, langsung saya bersihkan pakai cairan thinner hingga benar-benar bersih, saya akan mengganti pastanya luar dan dalam dengan cara membuka cangkangnya, jangan hanya pasta luarnya saja ya sob, soalnya pengalaman saya jika diganti pasta luarnya saja tidak akan bertahan lama.

Oh ya sob, untuk membuka cangkang celbe kita menggunakan yang namanya pisau lukis, sobat dapat membeli pisau ini ditoko alat-alat lukis, dan perlu saya ingatkan kalau sobat belum berpengalaman dalam membuka cangkang celbe ini dan terjadi goresan sedikit saja pada ic maka alamat PS3 nya akan menjadi barang rongsokan, jadi hati-hati ya sob.


Setelah cangkang terbuka saya langsung mengganti thermal pastanya dengan kualitas yang baik, saya pernah menggunakan pasta yang biasa tetapi tidak bertahan lama. PS3 nya akan cepat panas dan pasta akan cepat mengering kembali.

Setelah pergantian thermal pasta, PS3  dipasang lagi dan saya mencoba untuk menghidupkan kembali, tetapi alangkah kecewanya ternyata kondisinya tetap sama , tetap ylod

Duh... apalagi ini pikirku, terpaksa ambil jurus terakhir, "Phone a Friend" :D , saya telpon teman dan menceritakan kondisinya, lalu dia mengirimkan sebuah foto agar  diterapkan seperti di foto.

Tanpa pikir panjang langsung saya cari komponen yang dibutuhkan, kebetulan tidak mempunyai komponen tersebut, saya ambil dari kanibalan PS2 dan  dipasang sesuai foto yang dikirimkan teman saya, dan.. alhamdulillah PS3 nya hidup secara normal.


Buat sobat, ini jangan ditiru ya.. :D , pemasangan komponen ini hanya bersifat sementara saja, nanti saya akan order komponen aslinya.
Semoga bermanfaat.

Labels: PS3

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki PS3 ylod tidak bisa hidup. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki PS3 ylod tidak bisa hidup"