Skip to main content

IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya

IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya - MONTIRBOX.COM - Selain IC CPU/CELBE, IC RSX PS3 merupakan komponen yang paling sering mengalami kerusakan pada sebuah konsol PS3. Gejala yang ditimbulkan oleh kerusakan IC RSX PS3 ini bermacam-macam, seperti gambar artefak, layar patah-patah, YLOD, dan yang paling sering terjadi adalah GLOD. Untuk GLOD ini, salah satu ciri-ciri yang terjadi adalah pada saat PS3 dihidupkan tidak ada tampilan sama sekali pada layar tv (blank), baik itu pada posisi HDMI maupun posisi AV, dan lampu indikator HDD internalnya berkedip beberapa kali, PS3 tidak akan mati jika dihidupkan dan bisa masuk menu recovery.

Berbeda dengan IC RSX PS3, IC CPU selain memiliki ciri-ciri kerusakan ylod, IC CELBE/CPU jika mengalami kerusakan salah satunya adalah jika PS3 dihidupkan, layar blank, lampu indikator HDD internal tidak berkedip sama sekali, atau berkedipnya hanya sekali saja, dan berselang beberapa menit PS3 akan mati sendiri. Jadi perbedaan kerusakan dari contoh diatas antara IC Cellbe dan CPU bisa dilihat dari kedipan lampu pada indikator HDD internal serta daya tahan nyalanya. Catatan apabila IC CPU yang rusak, harus diganti satu set : IC CPU, Nor, dan Syscon.

Jadi bagaimana jika kita ingin lebih memastikan lagi apakah IC RSX PS3 mengalami kerusakan apa tidak?, silahkan disimak penjelasannya dibawah ini :

Untuk cara pengukurannya, posisikan tester digital pada posisi ohm meter, kabel hitam tempel ke ground dan kabel merah tempelkan ke lokasi pengukuran.

1. Ukur antara nectokin dan RSX, ukurannya harus diatas 2.5 Ohm

IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya

2. Ukur pada capasitor yang ditunjukkan pada gambar, ukurannya harus diatas 100 Ohm

IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya

3. Lalu pada capasitor yang berada disamping kanan bawah RSX ukurannya harus diatas 70 Ohm

IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya

4. Selanjutnya di capasitor kiri bawah RSX pengukurannya harus diatas 12.5 Ohm

IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya

5. Sama dengan pengukuran nomor 4, capasitor yang sebelah kiri atas RSX ini harus diatas 12.5 Ohm juga.

IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya

Apabila IC RSX PS3 sudah dalam posisi terbuka atau sudah dilepas dari motherboard PS3, kita juga bisa mengukurnya, pengukuran ini dibutuhkan saat kita membeli kanibalan RSX dari orang lain. Perhatikan data-data pengukuran normalnya pada gambar dibawah ini :

IC RSX PS3

Bagaimana sobat MONTIRBOX?, mudah-mudahan pembahasan mengenai IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya ini bisa menjadi pedoman buat kita dalam memperbaiki PS3. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close