Skip to main content

Protek TV Sharp dan trik cara melumpuhkan untuk mengetahui kerusakan

Protek TV Sharp - Seorang teman teknisi datang dengan hanya membawa sebuah mesin TV ber-merk Sharp 21 inchi. Dia mengatakan bahwa tv tersebut bisa start sebentar lalu mati standby (Protek). Seperti kita ketahui sistem protek TV Sharp merupakan sistem protek yang kompleks dibandingkan dengan merk tv kebanyakan, tidak salah para teman tuser menamakan tv Sharp ini dengan nama "Si Raja Protek". Karena sistem protek TV Sharp yang sangat lengkap, tentu saja menyulitkan bagi teknisi dalam menentukan kerusakan dengan cepat.

Untuk menganalisa kerusakan protek pada TV Sharp, dibutuhkan penonaktifan protek agar kerusakan tv tersebut bisa cepat kita ketahui, dan apabila kerusakan sudah kita temukan, titik protek yang kita lepaskan/nonaktifkan tadi ada baiknya dipasang kembali, karena protek tersebut berguna untuk melindungi atau menghindari kerusakan yang lebih besar lagi. Jadi terkadang saya melihat beberapa kasus teman tuser yang sengaja melepaskan seluruh protek pada TV, "Biar rusaknya kelihatan om" katanya. Kalau bisa jangan ditiru ya Sob :D.

Baca Juga : TV Sharp Alexander Protek? ini dia rahasianya

Kembali pada pengalaman saya tadi, bagaimana cara melumpuhkan protek TV Sharp untuk mengetahui kerusakannya.Untuk mengetahui titik pada pin protek TV Sharp, sebenarnya kita tidak perlu mengikuti panduan-panduan yang tersebar di Google untuk mengetahui pin-pin nya, kita cukup menelusuri jalur pada pcb saja. Kalau saya pribadi, titik 30v/33v pada tuner merupakan titik awal dalam menentukan titik protek pada TV Sharp.

Seperti kita ketahui, hampir semua bagian pada blok rangkaian tv dipasang sistem protek pada tv sharp, diantaranya adalah pada bagian tuner (33v), tegangan 5v, AFC, ABL, tegangan vertikal, 180v, heater, dan lain-lain. Jalur-jalur itu semua nantinya akan bersatu dan akan terhubung langsung ke sistem protek pada IC Program. Jadi jika terjadi tegangan yang over atau ada komponen yang lemah/rusak/short, maka tegangan protek akan bekerja dan mengaktifkan sistem protek pada IC Program.

Jadi, bagaimana cara kita mematikan sistem protek agar ketahuan kerusakannya?, kita cukup memutus jalur protek yang berasal dari IC Program. Silahkan perhatikan pada gambar dibawah, pada gambar tersebut saya melepaskan jumper yang terhubung ke IC Micom, jalur tersebut merupakan jalur protek utama yang berasal dari IC.

Protek TV Sharp dan trik cara melumpuhkan untuk mengetahui kerusakan

Setelah saya melepaskan protek utama tersebut, langsung kelihatan kerusakan sebenarnya dan yang menyebabkan tv sharp tersebut menjadi protek, Ternyata yang rusak adalah dioda untuk tegangan RGB 180v yang short.

Jadi kesimpulannya, untuk mematikan sistem protek TV Sharp, saya cukup melepaskan jalur protek yang berada langsung didekat IC program. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close