MONTIRBOX.COM

TV Sharp Alexander Protek? ini dia titik proteksinya

TV Sharp Alexander Protek - Tidak dipungkiri lagi TV Sharp terkenal dengan sistem protek nya yang sangat lengkap, tidak salah kita mengatakan bahwa TV Sharp merupakan "TV sejuta protek", karena hampir semua bagian dari blok rangkaiannya dilengkapi dengan sistem proteksi. Bagi teknisi awam seperti saya tentu sangat kesulitan sekali memperbaiki TV yang dilengkapi dengan sistem proteksi seperti merk Sharp ini, terlebih-lebih jika kita tidak mempunyai skema, untungnya saya memiliki skema TV yang cukup lengkap, jadi menjadi sangat membantu sekali bagi saya dalam mencari titik proteksi pada TV Sharp Alexander ini. Untuk skemanya sobat bisa temukan di Kumpulan Skema TV Sharp lengkap.
Atau bagi yang mencari skema untuk TV Polytron bisa dicari di Kumpulan Skema TV Polytron lengkap.

Menonaktifkan protek pada TV Sharp berguna agar kita lebih cepat dalam pencarian kerusakan TV tersebut, bisa dibayangkan kalau seandainya kita tidak mengetahui dimana letak titik-titik proteksinya, bisa pusing tujuh keliling dalam mencari kerusakannya. Setelah kita menonaktifkan titik proteksi dan mengetahui kendala dan kerusakannya, kita wajib memasang kembali proteksi untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan kedepannya. Jadi jangan tidak dipasang lagi tititk protek nya ya sob, supaya mesinnya lebih aman.

TV Sharp Alexander Protek


Biasanya Sistem Proteksi pada TV Sharp terletak pada bagian SMPS, tegangan B+, bagian ABL, heater, tuner dan if, kemungkinan ada bagian lain tergantung model dan type TV nya. Berbeda dengan TV China, TV dengan merk china kebanyakan tidak dilengkapi dengan sistem protek, jadi agak lebih mudah kita dalam menemukan kerusakan TV tersebut.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat TV Sharp Alexander dalam kondisi protek. Setelah saya menonaktifkan semua sistem protek pada TV tersebut baru kelihatan kerusakannnya, sebelum saya nonaktifkan proteknya terus terang saya kesulitan dalam menganalisa apa penyebab TV Sharp Alexander menjadi Protek.

TV ini menggunakan IC IXB226WJ, M61260, dengan chasis GA-4M, dan berikut ini adalah titik-titik proteksinya :


- Pin 6 IC 1001 (3,4v) D1010 tegangan 15v pin 6 IC 1001 = 3,4 volt lepaskan D1010
- D1091 tegangan 9v anoda D606 = 4,5 volt lepaskan D1091
- D203 tegangan 33v (tuner) anoda 203 = 4,5 volt lepaskan D203
- Q603 Heater collector Q603 = 4,5v lepaskan Q603
- D608 ABL/xray Katoda D607 = 4,5 volt lepaskan D608
- Pin 7 IC 1001 (4,5 volt) D605 tegangan 185 volt anoda D605 = 4,5 volt lepaskan D605

Setelah mengetahui titik-titik proteksi pada  TV Sharp Alexander ini, mudah-mudahan sobat dapat dengan mudah memperbaiki TV tersebut. Semoga membantu

Labels: TV TABUNG

Thanks sudah membaca TV Sharp Alexander Protek? ini dia titik proteksinya. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "TV Sharp Alexander Protek? ini dia titik proteksinya"