Skip to main content

Cara Servis TV Sharp Protek

Cara Servis TV Sharp Protek - Memperbaiki TV Sharp protek memang sedikit lebih sulit. akan membutuhkan sedikit kesabaran dalam menemukan kerusakan protek nya. Sobat harus mengetahui dimana letak rangkaian protek tersebut serta melepaskan komponen proteknya. Sebelum MONTIRBOX.COM membahas lebih jauh mengenai cara servis TV Sharp protek dan bagaimana system protek untuk TV Sharp tersebut bekerja, sobat bisa baca terlebih dulu tulisan saya sebelumnya yaitu Protek TV Sharp dan trik cara melumpuhkan untuk mengetahui kerusakan, dan pada artikel lainnya di TV Sharp Alexander Protek? ini dia rahasianya, pada tulisan artikel tersebut juga telah kita bahas mengenai cara servis TV Sharp yang terkena protek.

Perlu sobat ketahui bahwa cara servis TV Sharp yang protek tidak jauh berbeda dengan cara memperbaiki tv protek untuk merk TV lain seperti TV LG, Polytron, Panasonic, Samsung, dan lain-lain. Perbedaannya hanya terletak pada dimana rangkaian protek tersebut berada, sehingga kita perlu mencari terlebih dulu dimana letak pin dan komponen protek tersebut dengan melakukan pengukuran, pengamatan langsung, atau dengan melihat skema rangkaian TV tersebut.

System protek pada TV sesungguhnya dibuat untuk melindungi TV dari kerusakan yang lebih parah.  Apabila TV mengalami kerusakan  dan terjadi sesuatu yang memicu naiknya tegangan tinggi yang bisa merusak komponen lain, maka sistem proteksi akan langsung bekerja dengan cara menghentikan kinerja rangkaian tv tersebut. Bermacam-macam gejala TV Sharp protek yang ditimbulkan, seperti TV Sharp protek led merah atau lampu indikator hanya standby merah saja, lampu indikator berkedip-kedip, TV bisa hidup sebentar lalu kembali mati standby, dan lain-lain.

TV Sharp Protek

Untuk mengatasi semua itu, sobat perlu mengetahui dimana letak posisi bagian komponen yang menjadi penyebab sistem proteksi pada tv tersebut menjadi bekerja. Setelah sobat menemukan letak titik proteksinya, coba dilepas komponen tersebut, biasanya TV akan menyala dengan memberikan indikasi kepada kita lewat tampilan pada layar, disitu akan terlihat jenis kerusakannya, apakah kerusakan pada bagian vertikal, horizontal, atau lainnya. Terkadang saat kita melepaskan pin protek dan mencoba menghidupkan TV, akan terlihat ada sesuatu yang terbakar , misalnya yoke, kejadian ini sering sekali terjadi pada TV Sharp.

Dibawah ini sedikit akan saya paparkan prosedur bagaimana cara memperbaiki TV Sharp protek, silahkan kita simak bersama :

- Sebelum memulai memperbaiki TV, bersihkan tv dan pcb dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan kuas dan cairan Thinner untuk membersihkan papan pcb. Tujuan kita membersihkan papan pcb menggunakan Thinner adalah agar pin-pin kaki komponen yang di pcb bisa lebih terlihat dengan jelas, jika pcb bersih kita bisa menemukan solderan timah yang sudah longgar, timah yang sudah mengalami korosi, dll. Inilah salah satu penyebab kenapa TV Sharp menjadi protek.

- Cek juga titik solderan yang berada pada  bagian vertikal, terutama pada kaki-kaki IC vertikal. Pada IC ini sangat sering sekali terjadi korosi pada kaki IC nya, cabut timah lama, tambahkan timah yang baru agar koneksi antara kaki IC vertikal ke rangkaian pcb menjadi sempurna.

- Periksa juga STR Regulator, akibat terlalu panas pada STR ini, kaki-kakinya juga sering megalami korosi, solder ulang ic tersebut agar tv tidak menjadi mati total nantinya.

- Komponen selanjutnya yang wajib untuk menjadi perhatian berikutnya adalah Flyback, komponen ini juga sering menjadi penyebab protek TV Sharp. Solder ulang semua kaki FBT untuk menghindari dari kerusakan yang tentu saja tidak kita inginkan.

- Transitor horizontal juga bisa menjadi penyebab TV Sharp jadi protek, cek solderan dan cek juga komponen tersebut apakah masih baik atau sudah dalam kondisi short.

- Selanjutnya Tuner. Pada rangkaian pendukung tuner pada TV Sharp juga dipasang sistem proteksi. Proteksi biasanya dipasang pada jalur tegangan 33v, apabila tegangan ini tidak stabil, turun atau tegangan menjadi naik, maka sistem proteksi akan bekerja, tv tidak akan menyala walaupun hanya kerusakan tuner saja.

- Periksa tegangan 180v yang dari flyback untuk supply RGB, apakah tegangan tersebut drop atau hilang. Pin ini juga bisa menyebabkan protek pada TV Sharp. Jika tegangan drop, cek transistor RGB atau IC yang berada di papan pcb tabung. Apabila tegangan 180v hilang, coba di telusuri jalur tegangan yang berasal dari flyback, biasanya karena resistor 1 ohm yang putus atau dioda yang short.

- Kemudian berikutnya adalah Yoke (DYH/Deflection Yoke Horizontal), alat ini juga yang paling sering menjadi penyebab TV Sharp menjadi protek. Untuk hal yang satu ini sobat perlu berhati-hati, jika TV Sharp protek karena kerusakan yoke, dan sobat menonaktifkan sistem proteknya, jangan menghidupkan tv terlalu lama, karena sering terjadi pengalaman dari teman-teman sesama teknisi, leher tabung bisa patah karena induksi dari gulungan yoke yang tidak semestinya, jadi sobat perlu berhati-hati dalam hal ini.

TV Sharp Protek

Apabila semua bagian yang sudah disebutkan diatas sudah kita solder ulang, coba hidupkan TV nya apakah masih protek atau sudah normal?, jika tetap protek ditandai dengan tv mati standby atau lampu led berkedip, sobat bisa mengetahui kerusakannya dari indikator led tv tersebut, coba ikuti langkah dibawah berikut ini :

1. Apabila led indikator hidup berwarna merah, kemudian berubah menjadi hijau, lalu berhenti ke warna kuning, kemungkinan kerusakan terjadi pada IC memori atau eeprom nya. IC tersebut biasa berada dekat dengan IC program/MCU. IC yang memiliki jumlah 8 kaki tersebut biasanya bernomor 24C04 atau 24C08 atau 24C16 tergantung dari type TV.

2. Apabila indikator merah menyala lalu mati ada kemungkinan kerusakan terjadi pada IC Micom nya, cek juga apakah tegangan untuk supply IC Micom tidak hilang. Biasanya tegangan yang masuk untuk supply IC Micom sebesar 3.3v atau ada yang 5v.

3. Jika kerusakan ditandai dengan lampu indikator hanya berwarna merah atau hijau berkedip, IC memori juga bisa menjadi penyebabnya.

4. Selanjutnya, apabila indikator led menyala berwarna hijau selama 5 hingga 10 detik kemudian berubah lagi menjadi merah, ada kemungkinan kerusakan ada pada bagian horizontal. Coba cek flyback dari fisiknya, apakah ada tanda-tanda flyback terbakar atau hangus, atau coba buka flyback dan ukur kaki-kakinya apakah flyback sudah mengalami short antara kaki colector dan ground.

Sebagai kesimpulan untuk TV Sharp Protek, bersihkan dan solder ulang mesin tv terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan dan pergantian part agar meminimalisir timbulnya kerusakan lain. Setelah semua selesai, baru lakukan pemeriksaan didaerah yang sering rusak seperti bagian Regulator, Micom, Flyback, dan Vertikal. Semoga membantu.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close