Skip to main content

Cara memperkuat sinyal antena TV indoor

Cara memperkuat sinyal antena TV indoor - Terkadang kita merasa jengkel ketika pada saat ingin menonton suatu acara favorit di televisi menjadi terganggu, disebabkan oleh sinyal tv yang jelek. Gambar yang tampil seperti semut yang sedang berperang :D, dan suara tv terkadang mendesis dan serak, memang antena yang digunakan adalah antena tv indoor, karena pemancar cukup dekat dengan rumah dimana kita tinggal. Tapi kenapa tetangga tv nya bisa jernih ya?, padahal memakai antena tv indoor juga.

Kejadian seperti ini memang sering terjadi dengan siaran tv yang masih menggunakan modulasi sistem analog, seperti pada siaran TV yang masih bekerja pada frekuensi UHF ataupun VHF. Berbeda dengan sistem analog, sistem TV digital akan menampilkan gambar tanpa ada bintik semut sedikitpun. Namun untuk sistim TV digital, saat ini masih terbatas hanya untuk sebagian kota-kota besar saja, masih belum mencakup hingga ke seluruh kota di Indonesia. 

Di artikel ini saya akan berbagi sedikit bagaimana cara memperkuat sinyal antena TV indoor atau antena TV yang dipasang di dalam ruangan. Kenapa banyak pengguna yang memakai antena TV di dalam rumah?, biasanya untuk antena tv indoor mereka menempatkannya disamping atau langsung diatas perangkat tv tersebut, mereka beralasan memasang antena tv diluar rumah membuat mereka lebih repot dibandingkan memasang antena tv didalam ruangan.

Cara memperkuat sinyal antena TV indoor

Memang untuk antena TV lebih disarankan untuk dipasang di outdoor daripada di indoor, karena kualitas gambar yang didapat tentu akan lebih jernih dan maksimal. Namun bagi sobat yang memiliki tempat tinggal yang berdekatan dengan stasiun pemancar televisi, rasanya tidak perlu memakai antena yang dipasang diluar rumah, cukup hanya menggunakan antena duduk yang dipasang didalam rumah saja.

Namun apakah antena TV indoor yang kita pakai sudah sesuai dengan harapan kita dalam mendapatkan sinyal yang kuat serta gambar yang jernih?, jika sobat merasa kurang puas dengan kualitas sinyal antena TV indoor yang sobat punya, dibawah ini akan saya beri rekomendasi bagaimana cara memperkuat sinyal antena TV indoor dan perangkat apa saja yang kita pakai agar gambar TV yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Baca Juga : Cara setting SKYBOX H 1 DVB T2 untuk menangkap siaran Digital

1. Matrix Amplifier Booster Indoor A-202 CATV 2 Way Splitter
Penguat sinyal TV merk Matrix ini dapat dipakai untuk sinyal TV analog (UHF) maupun TV digital (DVBT2), penguatan sinyal yang dihasilkan hingga mencapai 20 db. Dengan memiliki 2 output, sobat bisa menggunakan untuk 2 TV sekaligus. Alat ini memerlukan listrik dalam pengoperasiannya, jadi jika memakai alat ini kita harus menyambungkan dulu ke listrik PLN. Untuk pemasangannya, alat ini disambungkan setelah antena dan langsung ke TV. Jika kualitas gambar masih kurang maksimal, pada alat ini telah disediakan sebuah trimpot yang bisa diputar dengan obeng untuk mengatur besar kecilnya sinyal yang dialirkan ke televisi.

Cara memperkuat sinyal antena TV indoor

2. Intra INT001 Antena TV Indoor
Antena TV indoor ini sangat cocok sekali digunakan sebagai antena didalam rumah. Kita tidak memerlukan perangkat tambahan lain untuk menghubungkan antena TV indoor ini ke televisi yang kita pakai. Tinggal meletakkan alat ini disamping atau diatas tv, kita sudah bisa menikmati kualitas gambar bagaikan kita memakai antena outdoor. Antena TV indoor ini bisa juga menerima siaran TV digital maupun analog, bahkan sinyal radio FM sekalipun.

Adapun untuk spesifikasi dari antena TV indoor ini adalah :

Frequency rаngе: VHF:87.5-230MHz; UHF 470-862MHz
Rесеіvіng Range: FM/VHF/UHF
Mаx Gаіn: VHF:30dB; UHF:36dB
Outрut Lеvеl: 100 dBµV Max
Imреdаnсе: 75O
Nоіѕе Figure: =3dB
Power Supply: AC 230V 50Hz

Cara memperkuat sinyal antena TV indoor

3. Intra INT002 Antena TV Indoor
Ini merupakan generasi Antena indoor produk INTRA selanjutnya. Dengan kekuatan penerimaan sinyal yang mencapai 45 db, antena TV ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik sebagai antena didalam ruangan.  Antena indoor ini juga bisa dipakai untuk siaran TV analog (UHF) dan juga siaran TV Digital. 

Spesifikasi :

VHF UHF Bаnd 1,2 & 3 47-862 MHz 
Tіngkаt оutрut : Mаkѕ 87 dbuV 
Pоlаrіѕаѕі : Hоrіzоntаl 
Tеgаngаn іnрut : AC 220-240V 
Bekerja Vоltаgе : DC 12v, 300mA 
Kоnеktоr : Kоnеktоr IEC-Male 

Cara memperkuat sinyal antena TV indoor

Memakai antena TV indoor memang praktis, tapi tentu saja sesuatu yang praktis belum tentu yang sempurna. Untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih sempurna, antena yang dipasang diluar rumah tentu lebih baik, karena sinyal yang didapatkan akan lebih besar, tapi itu semua tergantung pilihan sobat, apakah memakai antena TV indoor ataupun outdoor.

Baiklah sobat, itulah tadi pembahasan artikel mengenai cara memperkuat sinyal antena TV indoor, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close