Skip to main content

Cara membuat Flux Pasta Solder sendiri berkualitas bagus

Cara membuat Flux Pasta Solder sendiri berkualitas bagus - Sebagai teknisi servis elektronik tentu kita tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya flux solder. Flux solder adalah senyawa kimia yang bersifat sebagai bahan pengancur (korosif), fungsi flux pasta solder adalah untuk menghilangkan lapisan oksidasi yang terdapat pada permukaan timah (benda yang di solder). Flux solder ini juga mencegah terbentuknya lapisan oksidasi baru pada timah. Itu sebabnya jika saat menyolder dibantu dengan flux solder, timah akan cepat mencair.

Flux solder atau pasta solder sangat berperan penting untuk membantu proses pemasangan maupun pelepasan dari sebuah komponen elektronika. Bisa dibayangkan jika kita ingin melepas sebuah IC chipset sebuah handphone tanpa menggunakan flux solder, prosesnya akan memakan waktu yang lama, dan ada kemungkinan IC yang kita solder tanpa pasta solder akan mengalami kerusakan, karena mendapatkan panas yang berlebih dari solder, selain itu pasta solder mampu membuat timah dapat menempel dengan baik pada komponen yang ingin kita solder.

Cara membuat Flux Pasta Solder sendiri berkualitas bagus

Sebelum kita masuk ke cara membuat Flux Solder sendiri dirumah, MONTIRBOX.COM akan sedikit menerangkan apa saja ciri-ciri dari sebuah flux solder yang bagus. Pasta solder yang bagus jika kita gunakan tidak akan menimbulkan asap yang terlalu banyak, flux solder yang bagus tidak terlalu encer dan cepat mengering jika terkena panas solder. Amtech, Lotfett, dan Kingbo merupakan merk rekomendasi yang cukup disarankan bagi sobat yang sedang mencari pasta solder yang berkualitas baik. 

Karena flux solder ini banyak dibutuhkan oleh para teknisi servis elektronika, harga yang dijual dipasaran untuk pasta solder ini masih terbilang cukup mahal, lihat saja untuk harga flux solder merk Amtech kualitas bagus yang dijual di toko-toko elektronik, pasta solder ori ini di bandrol dengan harga 30 ribuan untuk berat yang hanya 30cc saja!. cukup menguras kantong jika kita ingin membeli dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : Cara melepas IC laba laba tanpa solder uap (blower)

Tapi sobat tidak perlu khawatir, ternyata kita bisa dengan mudah membikin flux sendiri hanya dengan dua bahan utama saja, yaitu batu Siongka dan cairan Thinner, untuk cara pembuatan pasta solder nya pun sangat mudah sekali. Bagaimana caranya?, silahkan kita simak ulasannya dibawah ini.

Cara membuat Flux Solder (Pasta Solder) sendiri.

Persiapkan bahan-bahan untuk membuat Flux

1.Batu Songka/siongka
Batu Songka sering dinamakan juga dengan sebutan Gondorukem. Selain dipakai untuk alat bantu solder, batu songka ini juga dipakai untuk sebagai bahan campuran Malam (Cairan untuk mem-Batik). Bagi sobat teknisi yang sudah sepuh, tentu sudah tidak asing lagi dengan batu siongka ini, karena songka digunakan sebagai pembersih untuk mata solder yang kotor. Untuk mendapatkan sionka ini, sobat bisa beli di toko bangunan atau toko komponen elektronik, harganya berkisar 5 ribu rupiah per ons nya.

Cara membuat Flux Pasta Solder sendiri berkualitas bagus

2. Thinner
Gunakan Thinner kualitas A terbaik sebagai pencampur untuk membuat flux solder ini, karena dengan memakai thinner kualitas bagus maka hasil yang kita dapatkan untuk membuat pasta solder akan baik pula.

Cara membuat Flux Pasta Solder sendiri berkualitas bagus

3. Wadah alumunium/kaleng sebagai tempat untuk membuat flux solder.

4. Lilin sebanyak 3 batang

5. korek api/mancis

Setelah semua bahan terkumpul, kita lanjut untuk cara pembuatan pasta solder nya :

1. Pertama panaskan wadah kaleng dengan memakai lilin. Kenapa tidak menggunakan api kompor atau lainnya?, karena jika kita memakai api kompor dikhawatirkan panas yang dihasilkan akan terlalu panas, dan bisa menimbulkan bahaya karena yang kita panaskan memiliki bahan campuran dari thinner.

2. Setelah wadah kaleng dirasakan sudah cukup panas, lalu masukkan siongka sesuai kebutuhan kedalam wadah, tunggu hingga seluruh batu siongka mencair. (perhatian : jangan mencampur sionka dan thinner pada saat bersamaan saat akan dipanaskan, akan mendapatkan hasil flux yang kurang bagus).

Baca Juga : Cara menggunakan solder uap (blower)

3. Setelah songka mencair, masukkan cairan thinner perlahan-lahan sedikit demi sedikit kedalam wadah yang berisi siongka yang sudah mencair tadi. Aduk perlahan dengan sendok kayu hingga seluruh bahan tercampur merata.

4. Proses pengadukan bisa memakan waktu yang lumayan lama sebab kedua bahan harus tercampur dengan merata dan sempurna, agar didapat hasil flux solder yang berkualitas baik. Apabila dirasakan campuran sudah tercampur dengan baik, angkat dan dinginkan. Pasta solder siap untuk digunakan.

Bagaimana sobat, mudah bukan cara membuatnya?, semoga artikel tentang cara membuat flux solder (pasta solder) sendiri ini bisa berguna, dan bisa menghemat pengeluaran isi kantong kita, lumayan murah bukan?, dibandingkan kita membeli dari toko yang harganya cukup lumayan mahal.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close