Skip to main content

Cara menggunakan solder uap (blower)

Cara menggunakan solder uap - Sudah beberapa hari belakangan MONTIRBOX.COM tidak update artikel buat sobat pembaca setia blog ini. Namun kali ini saya berusaha akan membagikan tutorial cara menggunakan solder uap atau yang sering disebut juga blower oleh sebagian teknisi. Apa itu solder uap/blower?, solder uap adalah semacam alat solder yang digunakan oleh teknisi elektronik untuk memasang dan melepas IC. Perbedaan solder uap dengan solder biasa adalah solder biasa menggunakan media tembaga sebagai penyalur panas untuk mencairkan timah dan melepaskan komponen, sedangkan solder uap menggunakan uap yang sangat panas bahkan melebihi panas dari solder biasa untuk memasang dan melepas komponen IC. Cara menggunakan solder uap sangat berbeda dengan cara menggunakan solder biasa.

Baca Juga : Rangkaian solder uap BAKU 858D SMD Rework station

Dipasaran harga solder uap sangat beragam tergantung merk dan kualitasnya, ada harga yang paling murah yang harganya hanya sekitar beberapa ratusan ribu saja, hingga yang paling mahal dengan kisaran harga 2 jutaan. MONTIRBOX sempat memantau beberapa harga solder uap dibawah harga 2 jutaan yang tersedia dipasaran saat ini, antara lain adalah :

Dadi Solder Uap 8032 237.500 – 290.000
Lion King Solder Uap LK-8032 304.500 – 330.000
EELIC SOR-UAP 858D 427.500 – 460.000
Quick 850A Solder Uap 449.000
Cellkit Solder Uap 852A 600.000
Cody Solder Uap 858D+ 715.000 – 775.000
Quick Solder Uap Digital 858D 738.000
Gordak Solder Uap 850 840.000
Gordak Solder Uap Double Analog 952-A 975.000
Yihua Solder Uap 898BD 1.008.000
Cody Solder Uap 909D 4-in-1 1.150.000
Gordak Solder Uap Double Digital Display 952 1.175.000
Quick Solder Uap 857DW 1.202.500
Gordak Solder Uap 952-B 1.430.000
Quick Solder Uap 857D 1.485.000

Dilihat dari merk dan daftar harga diatas, merk legendaris Quick mendominasi mulai harga paling murah hingga yang termahal. Sebenarnya cara menggunakan solder uap baik blower yang harga biasa saja hingga yang termahal sama saja, percuma saja jika sobat tidak tahu cara menggunakan solder uap walaupun membeli solder uap dengan harga yang mahal. Meskipun kita memiliki solder uap murah tapi kita memahami cara menggunakan solder uap yang benar, maka hasilnya pasti akan sempurna karena penggunaannya yang tepat, seperti berapa nilai pengaturan udara dan panas yang harus dikeluarkan dari solder uap tersebut.

Cara menggunakan solder uap (blower)

Sesuai dengan judul artikel kali ini, saya akan sedikit membagikan tips bagaimana caranya menggunakan blower (solder uap) yang benar agar tidak merusak komponen yang kita buka atau akan kita pasang. Silahkan disimak tutorial cara menggunakan blower dibawah ini. Oh ya, bagi sobat yang belum mempunyai solder uap, sobat bisa menggunakan cara ini membuka IC tanpa blower, bisa baca caranya di Cara melepas IC laba laba tanpa solder uap (blower).

Cara menggunakan solder uap (blower)

Sebagai bahan praktek, disini saya menggunakan solder uap manual jadul dengan merk Quick 850A, untuk setingan solder uap type digital silahkan disesuaikan saja. Secara umum solder uap mempunyai 2 setingan pengaturan, Air dan Heater. Setingan Air digunakan untuk mengatur seberapa besar udara yang dikeluarkan, sedangankan Heater adalah pengaturan panas yang dikeluarkan melalui gagang nozle. Sebenarnya tidak ada pengaturan baku untuk setingan Air dan Heater ini, kebanyakan teknisi hanya menggunakan feeling untuk setingannya, makin tinggi jam terbang seorang teknisi menggunakan solder uap, maka semakin tepat setingan yang dilakukannya.

1. Untuk setingan cara menggunakan solder uap ini, setingan Air (angin) di set ke posisi 3 atau 3.5, jika setingan Air terlalu tinggi bisa menyebabkan komponen sekitar IC yang ingin kita pasang/lepas ikut lepas/terbang

Cara menggunakan solder uap (blower)

2. Atur setingan Heater pada posisi angka 4 hingga 5, pengaturan ini tentu saja berbeda-beda untuk setiap merk blower yang kita gunakan. untuk merk Quick 850A ini saya menggunakan setingan 4.5 atau 5, tergantung besar kecilnya IC yang akan kita angkat.

Cara menggunakan solder uap (blower)

3. Hidupkan blower, tunggu hingga gagang blower panas dan ada sedikit mengeluarkan asap, feeling kita dibutuhkan dalam hal ini, apakah solder uap sudah bisa digunakan atau belum.

4. Selagi menunggu blower panas, oles dengan flux terlebih dahulu kaki dan body IC yang ingin kita angkat, gunakan flux kualitas baik agar proses pemanasan lebih capat merata.

Cara menggunakan solder uap (blower)

5. Setelah blower panas, pegang gagang blower dengan tangan kiri, pinset di tangan kanan. Gagang blower harus tegak lurus agar panas dan angin blower tidak mengenai komponen lain. Putar-putar gagang blower agar IC mendapatkan panas yang merata.

Cara menggunakan solder uap (blower)

6. Perhatikan IC, apabila IC sudah kelihatan bergerak sedikit mengambang (atau bisa kita sentuh-sentuh sedikit menggunakan pinset) berarti IC sudah bisa diangkat.

Cara menggunakan solder uap (blower)

7. Setelah proses selesai, matikan solder uap. Atur setingan Air (udara) ke posisi maksimum dan setingan Heater ke posisi minimum. Hal ini berguna untuk mendinginkan gagang dan elemen blower agar tidak menjadi over heat, yang tentu saja bisa mengakibatkan elemen menjadi cepat rusak.

Oke sobat, sudah mengerti cara menggunakan solder uap (blower) ini?, semoga tutorial dan tips yang telah saya bagikan ini dapat memberikan manfaat khususnya buat kita seorang teknisi.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close