Skip to main content

Rangkaian solder uap BAKU 858D SMD Rework station

Rangkaian solder uap BAKU 858D SMD Rework station - Jika sobat sudah terbiasa dengan solder uap (blower), sobat mungkin tahu mengenai seri 858 el-cheapo SMD rework stations, buatan china. Mungkin ada puluhan perusahaan kecil yang memproduksi solder uap ini seperti Atten, Baku, Scotle, YOUYUE, KADA, WEP, Saike, YIHUA, BEST, Quick, dll. Tentu saja pada bagian penampilan eksterior mereka hampir semuanya terlihat sama, namun dari sisi internal ternyata cukup berbeda. beberapa dari mereka menggunakan mikrokontroler Mikkon MK1841D3 (yang menurut utas di eevblog adalah tiruan dari Samsung S3F9454), Holtek HT46R23 atau AVR MCU.

Baca Juga : Cara melepas IC laba laba tanpa solder uap (blower)

Solder uap yang menggunakan atau berbasis AVR memiliki nilai yang jauh lebih baik dibandingkan solder uap yang tidak berbasis avr, karena solder uap yang menggunakan ic atmega jika terjadi kesalahan atau error pada rangkaian bisa diprogram ulang kembali. Tetapi tidak ada cara kita untuk mengetahui secara visual, solder uap mana yang menggunakan MCU berdasarkan penampilan fisiknya. Salah satu model yang dikenal menggunakan MCU Atmega8 adalah Youyue 858D+.

Rangkaian solder uap BAKU 858D SMD Rework station

Rangkaian solder uap

Sayangnya solder uap merk BAKU 858D menggunakan MK1841D3 dengan sistim OTP (one time programmable) atau satu kali diprogram pada MCU, sehingga tidak ada cara kita untuk memprogram ulang firmware. Tapi dari segi sisi positifnya, solder uap ini jarang sekali memiliki kendala dan  firmware jarang sekali terjadi error dan berfungsi dengan baik, kecuali untuk beberapa masalah kecil, seperti kenaikan suhu saat menyalakannya. Secara keseluruhan merk BAKU 858D ini memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga : Cara menggunakan solder uap (blower)

Satu hal yang menyenangkan tentang unit ini adalah bahwa solder uap merk ini menggunakan kipas sentrifugal, bukan pompa udara membran seperti solder uap jadul semisal merk Gordak. solder uap merk BAKU 858D ini memiliki lebih sedikit noise dan getaran, dan solder uap merk ini sangat bisa diandalkan dalam melakukan pekerjaannya. Tidak ada panas yang berlebihan yang dihasilkan di dalam mesin, dan solder uap ini dapat memberikan aliran udara yang baik mencapai 120 l per menit, tidak seperti solder uap yang menggunakan sisitim pompa diafragma yang hanya 24 l per menit.

Rangkaian solder uap BAKU 858D SMD Rework station

Hari ini saya cukup banyak memiliki waktu luang, jadi sebagai latihan kesabaran saya iseng-iseng membuat rangkaian solder uap atau skema untuk unit solder uap ini. Pada saat penulisan ini, ini adalah satu-satunya skema lengkap untuk model seperti Baku 858D, 858D04.PCB dari 2014.06.09. Alasan utama untuk membuat rangkaian solder uap ini adalah untuk pemecahan masalah di masa mendatang, dan akan memudahkan kita dalam perbaikan jika suatu saat nanti unit ini mengalami kerusakan.

Rangkaian solder uap
Rangkaian solder uap
Rangkaian solder uap

Sebagai kesimpulan adalah pada dasarnya semua solder uap memiliki fungsi yang sama, saya merekomendasikan merk diatas karena memiliki mesin yang stabil dan suara yang tidak berisik saat digunakan seperti merk merk lainnya. Jika sobat ingin membeli 858D, perhatikan testimoni atau komentar yang terdapat di situs penjual, apakah memiliki banyak penilaian positif atau tidak. Mungkin Youyue 858D+ akan menjadi pilihan terbaik bagi sobat yang ingin membeli solder uap karena sudah menggunakan MCU Atmega8.

Demikianlah tadi Rangkaian solder uap BAKU 858D SMD Rework station yang ingin saya bagikan buat sobat MONTIRBOX semua, mudah-mudahan bisa berguna sebagai pedoman perbaikan apabila suatu saat solder uap sobat mengalami kendala.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close