Thermal paste ps3 yang bagus untuk ps3 mati sendiri (ylod)

Thermal paste ps3 –  sobat pernah mengalami ps3 mati sendiri saat sedang asiknya main?,  sebelum konsol mati yang ditandai dengan munculnya pesan “Become hot bla..bla..bla..” ?, yap…hal tersebut pertanda bahwa sudah saatnya thermal paste PS3 sobat harus diganti secepatnya. Kenapa harus diganti? Karena kalau dibiarkan terus ps3 sobat akan menjadi ylod, harga service ps3 ylod cukup mahal, jadi jangan ditunda lagi untuk mengganti thermal paste ps3 sebelum terlambat.

Baca Juga : IC RSX PS3 dan cara mendeteksi serta mengukur kerusakannya

Kalau sudah terlanjur ylod apakah ps3 ylod bisa sembuh total ?, jawabannya bisa iya dan bisa tidak, tergantung teknisi dan ketersediaan komponen pengganti, untuk biaya servis ps3 ylod yang saya pantau dibeberapa tuser PS3 berkisar antara 300 ribu hingga 1.5 jutaan, harganya gila bukan?. Jadi perlu diperhatikan bagi pengguna ps3 pribadi maupun rental, wajib mengganti thermal pasta ps3 paling tidak 6 bulan sekali agar kondisi ps3 tetap fit dan bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga : Power supply PS3 rusak tidak berfungsi diganti PSU komputer

Kembali ke pembahasan utama yaitu bagaimana kita memilih thermal pasta yang bagus untuk ps3. Untuk memilih thermal pasta kita harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi pasta pendingin yang akan kita pilih, karena perlu diketahui banyak pasta prosesor yang tersedia dipasaran belum tentu cocok untuk ps3, seperti contoh misalnya pasta prosesor untuk ps3 belum tentu cocok jika dipakai di laptop/komputer, begitu juga sebaliknya.

Thermal paste ps3 yang bagus untuk ps3 mati sendiri (ylod)

Kenapa demikian?, menurut para ahli untuk ps3 lebih cocok dengan pasta yang mengandung bahan silicon, karena pendingin yang digunakan terbuat dari bahan baja tahan karat disertai plat tipis. Sedangkan untuk laptop/komputer lebih optimal dengan pasta pendingin yang mengandung silver karena pendingin yang digunakan terbuat dari paduan logam tembaga. Jadi salah besar sebenarnya ada tuser ps3 yang mengganti pastanya dengan pasta yang digunakan untuk komputer/laptop.

READ:  Cara Main Online PS3 CFW Aman Tanpa Update Firmware Terbaru

Jadi apa saja merk thermal paste untuk ps3 yang bagus dan cocok?, berikut ini akan MONTIRBOX.COM berikan rekomendasi merk thermal paste ps3 yang sering digunakan oleh para teknisi PS beserta harga thermal paste ps3 tersebut :

1. DEEPCOOL Thermal Paste Z3
Thermal paste yang berkualitas tinggi untuk menyediakan transfer panas yang sangat baik dari CPU / GPU ke pendingin,  thermal paste ini lumayan bagus, tapi lebih disarankan untuk pasta luar saja.
Spesifikasi :
Operating Temperature : -50C s/d 300C
Thermal Conductivity : >1.134 W/m-K
Thermal Impedance : 0.201C-in2/W
Dielectric Constant A : 5.1
Viscosity : 73cps
Harga sekitar 40 ribuan per 300 gram

DEEPCOOL Thermal Paste Z3

2. Thermal Pasta SHIN ETSU (Shin Etsu X23 7783D) 
Merupakan Thermal Paste dengan kinerja optimal yang bagus untuk ps3 . Melindungi perangkat dari panas yang berlebihan. Bisa digunakan untuk pasta luar dan dalam, Kinerjanya sangat baik.
Spesifiksai :
Thermal Conductivity: 6.0 (W / m K)
Berat Jenis: 2.6
Elektrik non-konduktif
Viskositas: (Pa.s @ 25C) 250
Penyimpanan Kondisi 60F untuk 85F (15C – 29C)
Harga berkisar 60 ribuan per 100 gram

Thermal Pasta SHIN ETSU (Shin Etsu X23 7783D)

3. Thermal Pasta K5 Pro
Pasta pendingin ini merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk ps3, kinerjanya tidak usah diragukan lagi. sayangnya thermal paste ini masih sulit dijumpai ditoko toko maupun di marketplace indonesia.

Thermal Pasta K5 Pro

4. ARCTIC COOLING MX4
Thermal paste ini yang paling saya rekomendasikan untuk sobat yang ingin mengganti pasta ps3 nya. Saya pribadi sudah memakai pasta ini sejak dari awal dan hasilnya sangat memuaskan, Ps3 jadi adem.
Specifications:
Thermal Conductivity: 8.5 W/(mK)
Viscosity: 870 poise
Harganya berkisar 130 ribuan per 50 gram

ARCTIC COOLING MX4

Oke sobat, Thermal paste ps3 mana yang anda pilih untuk meng-ademkan suhu ps3 yang sobat punya?,  semua tergantung pilihan masing masing, mau pilih yang murah dengan kualitas sedang atau sekalian pilih yang kualitas baik.

Sharing Is Caring:

2 thoughts on “Thermal paste ps3 yang bagus untuk ps3 mati sendiri (ylod)”

  1. gan maaf mau tnya itu semisal sdh ganti pasta dimesin ps3 slim seri 2000 suhunya brp ya..? normalnya..? soalnya sempat coba suhu tetap diatas 70 derajat bahkan 74, itu tanpa bantuan fan utility.

    Reply
  2. suhu yang aman dibawah 60 derajat mas. ada beberapa kemungkinan apabila setelah ganti pasta suhu tetap panas : tidak menggunakan thermal paste yang bagus atau pasta dalam tidak diganti, hanya pasta luar saja

    Reply

Leave a Comment