Skip to main content

Cara memperbaiki tv yang rusak warnanya

Seorang teman di media sosial yang bukan seorang teknisi atau sebut saja user menanyakan kepada saya bagaimana cara memperbaiki tv yang rusak warnanya, katanya dia ingin mencoba memperbaiki sendiri tv crt nya dan minta dipandu oleh saya via chating. Saya menjelaskan bahwa cara memperbaiki tv yang rusak warnanya itu tidak mudah, banyak kemungkinan kerusakan yang bisa terjadi apabila menyangkut masalah warna pada tv tabung, apalagi dilakukan oleh seorang yang bukan teknisi, tentu akan semakin sulit untuk mengetahui cara memperbaiki tv yang rusak warnanya dengan tepat, karena si user tentu saja tidak mempunyai dasar ilmu yang cukup dalam memperbaiki televisi.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Tabung TV Layar Gelap Short G2

Cara memperbaiki tv yang rusak warnanya

Walaupun tv tabung/crt sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikannya, tetapi pengguna tv konvensional ini masih sangat banyak yang menggunakan, bisa dilihat dari bengkel-bengkel tukang servis tv crt yang masih mendominasi seluruh ruangan kerjanya. Karena sudah dimakan usia tentu saja gambar yang dihasilkan tidak sebening awalnya, masalah kerusakan warna sering kali kita jumpai. Tidak seperti tv jadul hitam putih yang tentu saja tidak mempunyai rangkain pengolah warna, televisi berwarna memiliki sistem warna yang sangat kompleks yang harus kita pelajari, itu sebabnya  akan sangat sulit bagi seorang user seperti teman saya tadi untuk memperbaiki tv yang rusak warnanya walau dipandu oleh teknisi apalagi yg pemula seperti saya :D.

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya

Ada banyak penyebab kenapa sebuah tv mengalami kerusakan pada warnanya, ciri-ciri kerusakan tv yang rusak warnanya antara lain adalah gambar dominan kehijauan, gambar kebiruan, gambar lebih banyak merahnya, warna yang pecah, warna yang keluar sangat tipis, warna yang buram, bahkan tv tidak ada warna sama sekali.

Dibawah ini saya telah merangkum apa saja penyebab kerusakan warna dan cara memperbaiki kerusakan warna khususnya pada tv tabung :

1. Warna dominan kemerahan atau kebiruan atau kehijauan.

Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan karena hilangnya salah satu sinyal pembawa warna yang menuju ke tabung/crt, yang harus sobat lakukan adalah :
- Cek solderan terlebih dahulu pada 3 buah transistor yang berada di socket crt atau pcb yang berada nempel pada belakang tabung, biasanya banyak solderan yang sudah retak.
- Ganti saja 3 buah transistor tersebut walaupun diukur dengan avometer dalam keadaan bagus
- Cek solderan pada IC chroma biasanya ada yang retak juga. Tidak menampik kemungkinan IC Chroma bisa saja rusak
- kalau semua diatas sudah dilakukan kemungkinan terakhir adalah tabungnya yang sudah lemah. Untuk memperbaiki tabung yang sudah lemah bisa menggunakan alat tembak crt, tetapi ini bersifat untung-untungan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV Mati Total lengkap dengan tegangannya

2. Warna gambar yang pecah.

Kerusakan tv dengan warna yang pecah biasanya disebabkan karena elco katoda untuk tegangan 180 nya yang sudah soak, jadi tegangan tidak mencukupi yang menuju ke crt. Kemungkinan lain adalah crt/tabung yang sudah lemah, bisa kita coba perbaiki dengan alat tembak tabung/dor crt.

3. Warna yang buram.

Warna yang buram bisa disebabkan karena tabung yang sudah mulai soak, atau bisa dicoba terlebih dahulu mengganti elco katoda 180v siapa tau sudah mengering.

4. Warna yang tipis.

Coba di stel pada remote di setingan warna, naikkan setingan warna ke maksimum apakah warna bisa bertambah tebal?, jika tidak sobat bisa cek pada bahagian ic program, cek juga pada ic chroma, kemungkinan ic itu bisa rusak juga.

5. Warna pada tv hilang.

Untuk kerusakan tidak ada warna pada tv yang bisa sobat lakukan adalah :
- Cek solderan pada ic chroma, sering warna hilang dikarenakan solderan yang retak pada ic tersebut.
- Cek kristal warna yang berada didekat ic chroma tersebut, biasanya komponen kristal itu kakinya sudah berkarat, bila perlu diganti.
- Cek tegangan flip flop yang berasal dari flyback menuju ic chroma, apabila tidak ada tegangan/sinyal warna akan hilang, untuk mengeceknya sobat harus menggunakan oscilloscope, karena sinyal yang keluar berupa pulsa.
- Jika usaha diatas tidak membuahkan hasil coba ganti ic chromanya.
- Terakhir pastikan apakah tv yang sobat pakai bukan tv hitam putih :D

Baca Juga : Cara kerja sirkit IK atau arus katoda penyebab layar tv tabung gelap

Oke sobat, demikian tadi paparan singkat saya mengenai cara memperbaiki tv yang rusak warnanya, semoga sobat semua khususnya teman user saya bisa paham dengan penjelasannya. Terimakasih

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close