MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya

Cara memperbaiki tv yang tidak ada gambarnya - Kami sering menemukan kerusakan TV yang tidak menampilkan gambar dilayar televisi tersebut. Sebagian besar TV seperti LG, Panasonic, Sharp, Polytron, Samsung, dan merek TV China lainnya mempunyai kendala kerusakan yang hampir sama, Ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada bagian PSU, horizontal, vertikal, Yoke, dan FBT atau Fly Back.
Untuk mengatasi ini, kita harus mengukur tegangan di masing-masing komponen pada perangkat televisi tersebut.

Untuk anda yang belum punya pengalaman sama sekali tentang perbaikan perangkat televisi, lebih baik harus mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu bagian-bagian atau blok pada mesin tv serta tegangan apa saja yang wajib ada di setiap blok tersebut. Anda wajib mempunyai shematic rangkaian agar mempermudah dalam mencari kerusakan dan menganalisanya.

Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya


Baca Juga


Berikut ini adalah Cara memperbaiki tv yang tidak ada gambarnya secara garis besar:

- Ukur B + input tegangan ke IC vertikal, biasanya tegangan 24 V DC, atau untuk tv model tertentu menggunakan tegangan linear +12v dan -12v. jika kecil, kemungkinannya bisa disebabkan karena ic vertikal tersebut yang rusak atau komponen pendukung bagian vertikal tersebut.

- Memeriksa dioda yang terletak di sekitar IC, elco sering rusak, selain memeriksa elco ukur juga resistansi ke kaki B + di Ic vertikal.

- Nilai Elco di sirkuit vertikal: 100 uF / 35 V, 220 uF / 35 V, 470 uF / 35 V dan 1000 uF / 35 V.

- TYPE Ic vertikal di TV ada banyak sekali medelnya, misalnya: LA 7840, LA 7841, LA 78040, LA 78041, TA 8445, ST 9302 dan banyak lagi yang lainnya.

- Jika vertikal rusak, TV tidak akan menampilkan gambar dan layar TV juga tidak akan muncul atau dilayar akan tampil garis tengah, untuk type yang menggunakan protect bahkan TV akan mati setelah hidup sebentar

- Untuk langkah selanjutnya, coba perhatikan bagian yoke, short sering terjadi yang menyebabkan yoke tersebut terbakar. Ceklah menggunakan multimeter pada posisi resistor, jika hambatan yoke besar masih dalam kondisi baik, tetapi jika tidak menunjukkan nilai resistansi besar dipastikan yoke tersebut rusak atau sudah terbakar, dan harus diganti.

- Langkah selanjutnya adalah mengecek fly back, jika pada saat menyalakan heater pada ujung bagian belakang tabung tidak nyala, maka gambar tidak akan muncul di layar TV. atau ada kemungkinan juga heater di tabung putus, dibutuhkan tabung TV pengganti untuk memperbaiki televisi tersebut

- Pengukuran tegangan B + untuk supply fbt berkisar 115v-130 V, jika tidak ada kemungkinan elco +B soak, ukuran elco nya 100 UF / 160V atau 220F / 160V.

- Jika setelah pergantian elco tidak membuahkan hasil, kemungkinan kerusakan karena FBT atau Fly Back nya. silahkan ganti baru

Labels: TV TABUNG

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya . Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya "