Skip to main content

Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja? cek pakai alat ini

Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja? cek pakai alat ini - Terkadang kita mengalami kendala dalam memperbaiki tv tabung dengan gejala kerusakan pada rangkaian horizontal pada tv yang belum bekerja. Bagi teknisi yang hanya mengandalkan alat ukur multitester biasa pasti akan merasa kesulitan dalam menentukan kerusakan dibagian rangkaian horizontal pada tv, Berbeda dengan tuser yang memiliki "Alat Tempur" yang lengkap, tentu sangat mudah menentukan apakah rangkaian horizontal pada tv sudah bekerja atau belum.

Baca Juga : Kode remot TV Universal (Joker) lengkap semua merk

Output yang keluar dari oscillator horizontal yang berasal dari IC chroma pada tv crt bukan berupa tegangan, tetapi berupa frekwensi yang tentu saja tidak bisa diukur dengan multimeter kebanyakan. Jika kita mengalami masalah di rangkaian horizontal pada tv, seringkali kita (red:saya) menebak-nebak apakah IC chroma yang rusak, atau transistor driver horizontal atau trafo it horz, atau mungkin flyback yang menjadi penyebab kendala kenapa rangkaian horizontal pada tv tidak bekerja.

Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja cek pakai alat ini


Baca Juga : Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus

Jika sobat mempunyai oscilloscope tentu akan sangat mudah menentukan pada bagian mana atau apakah sinyal oscillator horizontal sudah keluar dari IC chroma. Seperti kita ketahui harga oscilloscope saat ini masih terbilang sangat mahal buat teknisi seperti saya. Jadi bagaimana jika kita tidak mempunyai oscilloscope?, alat bantu apa yang bisa kita gunakan untuk mengecek apakah rangkaian horizontal pada tv sudah bekerja atau belum?, untuk kali ini saya ingin membagikan sebuah skema rangkaian untuk mendeteksi sinyal osilator horizontal, rangkaian ini sangat sederhana sekali, jadi saya yakin sobat pasti mudah untuk merakitnya.

Sebelumnya saya berterimakasih untuk om Onel Servis yang sudah mau berbagi rangkaian ini. Sirkuit ini menggunakan IC 555 yang sangat banyak tersedia dipasaran, dengan biaya hanya sekitar 20 ribuan saja sobat sudah bisa merakit alat ini, atau bisa juga mengambil komponen cabutan yang tentu saja banyak berserakan dikolong meja kerja sobat. Rangkaian ini membutuhkan supply tegangan 12v. Adapun untuk cara penggunaannya silahkan disimak penjelasannya dibawah ini :

- Hidupkan tv yang bermasalah
- Tempelkan probe hitam ke ground
- Probe merah ke output horizontal pada IC chroma (atau pada kaki trafo horz yang terhubung ke IC chroma)

Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja cek pakai alat ini

- Jika VU meter menunjukkan jarum yang menyimpang kekanan, berarti sinyal oscillator sudah keluar dari IC chroma.
- Sebaliknya, jika jarum tidak bergerak berarti horizontal belum bekerja, sangat gampang sekali penggunaannya.

Baiklah Sobat, silahkan di copas skema rangkaian dibawah apabila sobat ingin mencoba alat ini. Semoga dengan rangkaian tersebut bisa memudahkan sobat dalam menentukan apakah Rangkaian horizontal pada tv sudah bekerja atau belum.

Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja cek pakai alat ini

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close