Skip to main content

Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus

Skema charger aki terbaru - Sesuai permintaan sobat-sobat yang lagi membutuhkan skema charger aki, pada tulisan kali ini saya akan membagikan salah satu skema charger aki terbaru yang menurut saya sangat simple sekali untuk kita rakit sendiri dirumah. Skema charger aki terbaru ini sebenarnya hasil design dari mas Nur, design nya sangat rapi seperti layaknya buatan pabrik, bisa dilihat pada gambar dibawah ini, charger aki otomatis ini merupakan charger aki bikinan pabrik, saya akan membagikan skema charger aki terbaru seperti pada gambar dibawah buat sobat semua.

Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus
Cas aki otomatis ini dinamakan juga dengan simple auto cut off charger. rangkaian ini bisa dengan otomatis memutus tegangan menuju aki apabila sudah mencapai batas atas yang telah ditentukan, dan jika tegangan aki telah menurun maka rangkaian akan memulai memulai pe ngecasan dengan cara otomatis. Rangkaian ini memiliki 2 trimpot yang berfungsi untuk pengatur batas bawah atau batas ON, dan juga untuk pengatur batas atas atau batas OFF. Pengaturan itu berguna untuk mengatur kapan waktu ON dan OFF rangkaian (sesuai baterai yang dipakai).

Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus

Misalnya kita akan mengecas baterai yang ber type MF, jadi batas atas untuk baterai MF adalah 13.8 volt atau 14.2 volt. Untuk contoh lain baterai untuk type LI-Ion 18650X3 atau yang sring digunakan untuk baterai laptop, untuk batas atas type Li-Ion ini adalah 12.6 volt. Sebagai pusat dari skema charger aki ini adalah IC NE 555, pin 6 merupakan pin utuk penentu kapan saatnya rangkaian charger aki berhenti untuk mengisi. Oke sobat, untuk skema layout nya silahkan saja di copas pada gambar dibawah.

Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus

Demikian tadi tulisan saya mengenai Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus hasil design dari mas Nur, rangkaian ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan charger aki otomatis murah yang sedang sobat cari, daripada membeli yang mahal kenapa tidak mencoba yang ini.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close