Skip to main content

Cara memperbaiki dispenser bocor keluar air

Cara memperbaiki dispenser bocor - Hari ini kita akan mencoba kembali mengulas cara perbaikan alat-alat rumah tangga yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu salah satunya dispenser galon. Disini saya akan berbagi sedikit bagaimana cara memperbaiki dispenser bocor dan apa yang bisa menyebabkan dispenser bocor. Cara memperbaiki dispenser bocor ini sangat mudah dilakukan, sekalipun bagi ibu rumah tangga yang masih awam.

Betapa kesalnya kita, ketika sedang haus setelah melakukan pekerjaan yang cukup berat, ingin minum dan mengambil air di dispenser tetapi air pada galon sudah habis, padahal air di galon baru saja di isi dan tabung galon tidak kelihatan bocor. Coba dilihat-lihat disekitar dispenser banyak air yang tergenang, ternyata ada kebocoran yang terjadi pada dispenser tersebut yang menyebabkan air didalam galon cepat sekali habis,

Cara memperbaiki dispenser bocor

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara memperbaiki dispenser bocor, saya ingin sedikit menjabarkan apa saja yang bisa menyebabkan dispenser menjadi bocor, simak selengkapnya dibawah ini :

1. Bocornya Cone Cover Unit.
Bagian ini merupakan tempat penyangga dari tabung galon dispenser sekaligus sebagai penyaluran air dari tabung galon ke dispenser. Tiang kecil yang terletak ditengah-tengah cone cover unit seringkali patah disebabkan pemasangan galon air yang sembarangan (miring), dan tentu saja hal ini merupakah salah satu penyebab kebocoran pada dispenser. Untuk solusinya adalah dengan mengganti CCU dengan yang baru.

Cara memperbaiki dispenser bocor

2. Tutup galon.
Tutup galon yang bagus sebaiknya memiliki lubang pada tengahnya, seperti sobat lihat pada gambar dibawah, itu merupakan tutup galon yang direkomendasikan dan bisa meminimalisir terjadinya resiko patah pada tiang cone cover unit. Berbeda dengan tutup galon yang full sealed, untuk membukanya kita biasanya dengan memotong bagian atas tutup galon menggunakan pisau cutter secara + (plus), dang memaksa galon masuk ke tiang cone cover unit, hal itulah salah satu yang menyebabkan tiang cone cover unit menjadi patah.

Cara memperbaiki dispenser bocor

3. Cetakan botol galon yang tidak sempurna bisa menyebabkan dispenser menjadi bocor. Cetakan yang berlebih menyebabkan air tidak tertutup atau ter-selaed dengan sempurna pada mulut galonnya.

Cara memperbaiki dispenser bocor

4. Penyebab dispenser bocor selanjutnya adalah pemasangan cone yang tidak sempurna. Sering kita setelah melakukan pembersihan dispenser dan memasang kembali cone pada tempatnya dengan sembarangan saja, jadi cone tidak tepat pada dudukannya (kunciannya). Sehingga apabila tabung galon yang berisi air diletakkan pada cone, cone akan menjadi patah, atau tabung galon dudukannya akan menjadi miring dan air keluar dari samping galon yang tentu akan mengakibatkan kebocoran pada dispenser. Pemasangan yang benar adalah dengan cara memutar atau menguncinya kearah kanan.

Cara memperbaiki dispenser bocor

5. Kaitan pengunci pada cone cover unit yang patah bisa juga menyebabkan terjadinya bocor pada dispenser.

Cara memperbaiki dispenser bocor

6. Penyebab kebocoran pada dispenser selanjutnya adalah terjadinya retak pada kran, yang menyebabkan terjadinya rembesan air sehingga lama kelamaan air di galon akan menjadi berkurang dan habis. Sebagai solusinya adalah sobat cukup membuka kran yang lama dan menggantinya dengan yang baru. Harga kran sangat murah, jadi sobat bisa menggantinya.

Cara memperbaiki dispenser bocor

7. Pipa (selang) pada mesin dispenser yang longgar dan tidak terpasang dengan sempurna bisa juga menyebabkan dispenser menjadi bocor. Untuk mengatasinya sobat harus membuka cover tutup belakang dispenser, perhatikan beberapa selang yang ada didalamnya, apakah ada tetesan air yang keluar, jika ada, coba memper erat ikatan selangnya sampai air tidak menetes lagi. Apabila selang sudah ada yang koyak/bocor, sobat harus menggantinya dengan yang baru.

Cara memperbaiki dispenser bocor

Oke sobat, demikian tadi berbagai macam penyebab dispenser menjadi bocor dan bagaimana cara memperbaiki dispenser bocor, semoga bisa menjadi manfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close