Skip to main content

Cara membersihkan layar hp yang benar agar terhindar dari goresan pada layar

Cara membersihkan layar hp - Membersihkan layar ponsel gampang-gampang susah, banyak pengguna ponsel yang menganggap sepele dalam cara membersihkan layar hp ini, terkadang untuk membersihkan layar ponsel mereka cukup menggunakan ujung pakaian atau kain sembarangan yang mereka gunakan atau ambil entah dari mana asalnya, mereka tidak menyadari bahwa kain yang digunakan dapat membuat layar hp menjadi buram, bahkan layar menjadi tergores. Disinilah MONTIRBOX.COM ingin sedikit sharing bagaimana cara membersihkan layar hp yang benar.

Cara membersihkan layar hp yang benar agar terhindar dari goresan pada layar

Dibawah ini sudah saya rangkum beberapa tips dan cara membersihkan layar hp termasuk kain apa yang paling direkomendasikan dan baik digunakan sebagai pembersihnya, silahkan disimak ya sobat.

Cara membersihkan layar hp

1. Gunakan kain mikrofiber.
Kain ekstra lembut dan bebas serat ini membersihkan kaca dan plastik tanpa menggores permukaannya. Sobat dapat membelinya di toko yang menjual alat-alat komputer, ponsel, ataupun kamera. Jika sobat memakai kacamata, sobat biasanya sudah mendapatkan kain microfiber gratis saat membeli kacamata.

Kain yang aman untuk membersihkan layar hp lainnya adalah kain lembut yang berbahan katun 100%, biasanya T-shirt ada yang berbahan katun asli, jangan gunakan kain yang telah dicuci atau dikeringkan dengan bahan pelembut kain,
jangan gunakan tisu, kain kasar, karena bisa menghilangkan lapisan oleophobia (tahan panas) pada layar hp sobat, atau bahkan menggores kaca hp itu sendiri.

2. Matikan hp sebelum membersihkan layar, hal Ini membuatnya lebih mudah untuk melihat kotoran pada layar hp. Jika sobat menggunakan sedikit air pada kain, selalu matikan ponsel untuk mengurangi kemungkinan korsleting atau kerusakan pada hp sobat.

3. Usap perlahan pada layar. Gosok kain microfiber kering di layar dalam satu arah untuk menyapu debu dari layar dari layar ponsel sobat. Gunakan sentuhan ringan, karena menekan terlalu keras dapat merusak layar.

4. Disarankan Basahi kain dengan air suling atau air mineral. Jika layar ponsel sobat masih kotor, basahi salah satu sudut kain dengan sedikit air. Air mineral sangat ideal, terutama jika sobat sering membersihkan layar. hindari membersihkan layar hp menggunakan air keran, karena air keran mengandung mineral jahat yang dapat meninggalkan residu putih pada layar sobat.

5. Jika kain terlalu basah, peraslah air dari kain, karena jika terlalu basah dikhawatirkan air akan mengalir kedalam mesin hp. Menyemprot kain dengan botol semprot adalah salah satu cara terbaik agar kain tidak terlalu basah.

6. Biarkan layar mengering. Lap layar dengan lembut dengan bagian yang kering dari kain serat mikro. Biarkan ponsel di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik untuk menyelesaikan pengeringan udara sebelum sobat menyalakannya.

Cara membersihkan kotoran yang membandel dan susah dihilangkan pada layar hp :

1. Campur bagian alkohol isopropil 70% dan air suling dengan ukuran yang sama banyak. Banyak produsen ponsel pintar memperingatkan kita untuk tidak menggunakan alkohol, karena terlalu sering menggunakan alkihol sebagai pembersih bisa merusak lapisan oleofobik yang melindungi layar dari bekas jari dan goresan. Oleh karena itu, alkohol encer jarang menyebabkan masalah jika sobat menggunakannya sekali atau dua kali. Sebagian besar produk pembersih layar yang dijual dipasaran pada dasarnya sama dengan campuran buatan rumahan ini seperti yang saya sebutkan tadi.

2. Perlu selalu diingat sebelum membersihkan layar hp untuk selalu matikan ponsel dan mengeluarkan baterai-nya. Minimalkan kemungkinan kerusakan dengan tidak menyalakan ponsel setelah dibersihkan hingga ponsel benar-benar kering.

3. Gosok pembersih dengan kain lembab dan lembut. Kain microfiber yang bersih sangat ideal karena bebas serat, selain itu katun 100% juga bisa digunakan. Basahi sedikit sudut kain secara perlahan, lalu usap layar dengan lembut kearah yang sama, jangan berlawanan. Jika layar masih kotor, gosok area yang kotor dalam lingkaran kecil. Jangan menekan layar dengan keras.

4.Pasang pelindung layar (anti gores). Setelah layar hp sobat sudah menjadi bersih, pertimbangkan untuk memasang pelindung layar di ponsel. Sebelum memasang anti gores, gunakan selotif untuk mengambil debu yang menempel pada layar hp, karena selotif bersifat sebagai penarik debu pada layar yang terbuat dari kaca.

5. Sekali waktu belilah pembersih UV C. Apa itu UV C ?, UV C adalah singkatan dari "Ultraviolet tipe C," cairan ini bisa membunuh bakteri pada permukaan ponsel sobat dengan memandikannya dalam cahaya ultraviolet setelah dibersihan dengan cairan tersebut. Ini tidak akan menghilangkan kotoran dari layar hp sobat, tetapi ini mungkin satu-satunya cara untuk membersihkannya tanpa risiko merusak ponsel.

6. Bersihkan kain microfiber sobat setelah beberapa kali penggunaan, atau ketika terlihat kotor.
Hampir semua ponsel menggunakan satu dari dua jenis layar sentuh: resistif atau kapasitif. Jika sobat dapat menggunakan layar sentuh saat mengenakan sarung tangan tebal, itu resistif. jika tidak, itu berarti kapasitif.

Sebagian besar layar resistif memiliki lapisan plastik tipis di permukaannya, yang dapat hancur secara permanen jika tergores. Layar kapasitif masih bisa bertahan dari pembersih yang lembut. Layar kapasitif biasa terdapat pada iPod, tablet, dan komputer layar sentuh.

7. Jangan gunakan cairan apa pun yang tidak disebutkan dalam artikel ini, kecuali itu adalah produk khusus pembersih layar, hanya gunakan kain yang sedikit lembab, bukan dengan menyemprotkan langsung pada layar.

Bagaimana sobat, mudah-mudahan artikel tentang cara membersihkan layar hp ini dapat memberikan manfaat dan bisa menghindari kerusakan pada ponsel sobat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close