Skip to main content

Baterai Laptop cepat habis? ini dia sebabnya

Baterai Laptop cepat habis - Betapa kesalnya kita jika saat membuat tugas atau mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan perangkat laptop namun mengalami masalah baterai laptop cepat habis. Seperti yang MONTIRBOX.COM alami ketika membuat artikel ini tanpa disadari laptop asus saya mengalami gejala baterai laptop cepat habis. Saya mencoba Googling untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki baterai laptop. Ada yang menyarankan baterai laptop dimasukkan kulkas, menjemur baterai di terik matahari, dan lain sebagainya.

Namun semua usaha yang dicoba ternyata hanya sia-sia saja, bahkan menurut beberapa informasi rentan memiliki bahaya memasukkan baterai ke freezer. Jadi jika kita sudah mengalami baterai laptop cepat habis, mau tidak mau kita harus siap-siap mengeluarkan biaya untuk membeli saja baterai laptop yang baru, karena hanuya akan membuang waktu saja memperbaiki baerai laptop tersebut.

Baterai Laptop cepat habis

Buat kita, sebelum mengalami baterai laptop cepat habis atau mengalami kerusakan, ada baiknya menjaga hal-hal agar baterai laptop menjadi lebih awet, karena dengan menggunakan laptop secara serampangan tentu akan berakibat buruk pada laptop dan akan merugikan diri kita sendiri, yang tentu saja bisa menghemat pengeluaran jika kita bisa menjaganya.

Kenapa baterai laptop cepat habis?, apa saja penyebabnya jika baterai laptop cepat habis?, mari kita simak penjelasan dibawah berikut ini :

Baterai Laptop cepat habis? ini dia sebabnya

Bluetooth Yang Terus Menerus Aktif
Hampir sama dengan efek penggunaan wifi yang terus menerus menyala, Bluetooth yang terus dinyalakan juga akan membuat baterai laptop anda cepat habis, maka pakailah fitur-fitur konektivitas semacam ini hanya pada saat dibutuhkan saja.

Internet Dan Browser
Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa penggunaan internet dan sekaligus browser internet di laptop anda sangat menguras listrik baterai laptop. Browser pun memiliki tingkatan “boros” yang berbeda – beda. Google Chrome merupakan salah satu dari browser yang sangat powerfull namun ternyata juga memiliki tingkat keborosan yang tertinggi. Jika anda berencana untuk menghemat baterai laptop anda pada saat berinternet maka gunakanlah browser opera.

Penggunaan Screen Saver
Screen saver juga dapat menambah beban penggunaan listrik laptop dan membuat baterai laptop cepat habis, apalagi screen saver yang berupa animasi atau gambar bergerak.

Sambungan Wifi Yang Terus Menyala
Sebagian besar laptop sekarang ini dilengkapi dengan fitu wifi, namun perlu diingat bahwa wifi juga dapat menguras baterai laptop kita, apalagi jika ternyata anda menyalakan wifi terus menerus mencari signal. Jadi sebaiknya matikan wifi anda jika sedang atau akan digunakan.

Baterai Laptop cepat habis? ini dia sebabnya

Terlalu Banyak Menggunakan Software Secara Bersamaan.
Ketika computer atau laptop menggunakan / menjalankan banyak software secara bersamaan, selain memberatkanpekerjaan prosesor dan memori tentunya akan memakan banyak tenaga. Tenaga dalam hal ini adalah listrik dari baterai laptop kita. Untuk itu jika anda tidak ingin baterai laptop cepat habis ketika sedang digunakan di luar rumah, gunakan software yang diperlukan saja dan matikan fitu software yang launching otomatis ketika startup.

Temperatur Laptop
Laptop dengan temperatur yang tinggi atau bisa dikatakan panas tanpa disadari juga sangat berpengaruh pada tingkat penggunaan listrik baterai. Baterai akan cepat habis jika keadaan laptop panas. Laptop yang panas bisa disebabkan karena berbagai hal seperti hal seperti penggunaan software yang terlalu banyak, beban prosessor yang terlalu tinggi, atau juga bisa karena kipas pada laptop yang rusak atau kotor.

Berikut ini adalah ciri – ciri baterai laptop yang sedah mulai rusak :

1. Perubahan Daya Simpan
Ini adalah masalah yang pasti terjadi biasanya saat awal baterai akan cepat sekali terisi padahal anda baru saja menyambungkan charger ke listrik dan saat baterai terisi penuh baterai akan terasa cepat sekali habis padahal anda tidak melakukan banyak hal dengan laptop anda.

2. Mengalami Perubahan Fisik
Pada umumnya perubahan fisik yang dialami oleh baterai laptop sama halnya dengan yang dialami dengan baterai handphone yaitu baterai akan membengkak/ menggelembung

3. Baterai Tidak Mau Mengisi Dan Menyimpan Daya Lagi
Ini biasanya terjadi karena baterai telah mengalami kerusakan total sehingga saat chargeran laptop dilepas maka laptop akan otomatis mati.

4. Pengisian Yang Tidak Sempurna
Yang saya maksud disini adalah ketika baterai anda diisi ulang baterai tidak pernah mencapai angka 100% walaupun anda sudah mengisinya selama berjam – jam inilah yang terjadi pada laptop saya saat ini. Anda harus mencabut dan memasang kembali baterai laptop agar baterai dapat terisi sempurna.

5. Indikator
Tanda lainnya adalah muncul tanda silang merah pada indicator baterai di windows. Jika di klik maka akan muncul peringatan “Battery Not Detected” atau “Replacing Your Battery” kemudian indicator tersebut akan tersilang merah dan muncul peringatan “Nor Charging”

Mudah-mudahan pembahasan artikel tentang penyebab baterai laptop cepat habis ini bisa bermanfaat dan bisa membantu memberikan pembelajaran buat kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close