Cara Memperbaiki Tabung TV Layar Gelap Short G2

Cara Memperbaiki Tabung TV Layar Gelap Short G2 - Siang ini saya kedatangan pasien TV merk LG Flatron 21 inchi dengan kerusakan tv layar gelap suara normal seperti tv dalam keadaan mati, ukur tegangan pcb crt semua tegangan normal kecuali pin G2 tegangannya tidak ada alias 0 volt. Setelah diukur pakai ohm meter resistansi antara G1 dan G2 menunjukkan angka 0 pertanda terjadi short atau hubungan singkat, itulah salah satunya yang menyebabkan tv layar gelap suara normal.

Baca Juga : Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja? cek pakai alat ini 

Oke sobat, bagaimana cara melepaskan pin G1 dan G2 yang sudah short dengan mudah?, Pertama siapkan :

- Satu buah elco dengan ukuran kapasitas 47uf/250
- Kabel probe multitester yang ujung pin nya dipotong

Baca Juga : TV tabung gambar berbayang (penyebab dan solusi)

Caranya matikan terlebih dahulu tv nya, solder kutub negatif elco ke ground, solder kabel multitester yg dipotong ujung kabelnya tadi ke kutub positif elco, lau hidupukan TV nya, sentuh ujung kabel multitester tadi ke video out yang dari out fly back 175v kira-kira 5 detik saja (bisa sentuh di elco nya langsung), lalu matikan TV nya.

Cara Memperbaiki Tabung TV Layar Gelap Short G2


penyebab layar tv gelap

atau altenatif lain bisa juga sentuh probe ke pin katoda selama 3 detik saja saat TV hidup ( boleh ke RK atau GK atau BK )

Baca Juga : SERVICE MODE TV CHINA KOMPLIT SEMUA MERK



Selanjutnya sentuh ujung probe secepatnya menuju pin G2 kira-kira selama 3 detik juga.


Nanti akan terlihat sedikit percikan api di ujung probe, nggak usah takut, aman kok. Lalu tunggu sebentar dan hidupkan tv nya, Jrengg... bukan sulap bukan sihir layar normal akan muncul kembali. Mudah2an artikel tentang tv layar gelap suara normal short G2 ini bisa memberi manfaat, semoga sukses.

2 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Tabung TV Layar Gelap Short G2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close