MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki DVD Player No Disc Tidak Baca Kaset

Cara Memperbaiki DVD Player No Disc - Sering kita temukan DVD Player yang rusak dengan gejala tidak bisa membaca keping dvd, pada display dvd akan terbaca 'no disk' atau mungkin tulisan lain tergantung keluaran produk dari dvd nya,

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan kerusakan 'no disk' antara lain:
- Optik
- Kabel flexibel optik
- Karet Dinamo
- Dinamo spin
- Modul Mpeg
- Tegangan vcc yang tidak sesuai
- dll

Disini kita hanya akan membahas tentang dinamo spin. Kenapa kita hanya membahas tentang dinamo saja? Karena kerusakan dvd  yang sering terjadi disebabkan karena dinamo spin tersebut. Dinamo ini fungsinya adalah tempat untuk berputarnya keping dvd.

Cara Memperbaiki DVD Player yang No Disc Tidak Baca Kaset



 Kalau dinamo spin sobat yang rusak, ada satu cara yang perlu dicoba untuk memperbaikinya, ini cuma untuk pembelajaran saja  dan sering berhasil, lumayan berguna disaat 'kepepet' tidak mempunyai dinamo penggantinya :D. Adapun caranya adalah:

- Buka dulu dinamonya dari dudukannya (atau tidak dibuka juga boleh)
- Lepaskan kabel plus minus (+ -) yang terhubung dari dinamo ke papan pcb nya (gunakan solder untuk melepasnya)
- Sediakan charger hp yang sudah tidak dipakai lagi tetapi masih berfungsi dengan baik (jangan korbanin charger hp nyokap ya sobat hehe..)
-  Potong ujung jack kabel charger hp nya (jack nya dibuang)


-  Colokkan charger hp nya ke listrik
-  Lalu ukur dengan multitester untuk menetukan kabel positif dan negatif charger hp
-  setelah mengetahui yang mana tegangan plus minusnya, solder kabel charger hp tadi ke dinamo spin tadi, lihat plus minus pada dinamo jangan sampai terbalik
- setelah di solder colokkan charger hp ke listrik

Perhatikan dinamo akan berputar dengan kencang, biarkan seperti itu selama sekitar satu jam, sobat bisa mengerjakan hal hal lain dulu. Setelah kurang lebih satu jam silahkan dicabut charger hp nya dan pasang lagi dinamo spinnya seperti semula, sobat bisa lihat hasilnya dvd bisa berfiungsi kembali.

Cara ini dilakukan disaat 'kepepet' ya sobat, jangan lakukan cara ini saat memperbaiki dvd orang lain (ntar bisa kena hajar hehe..). Oke sobat, selamat berkarya.

Labels: UMUM

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki DVD Player No Disc Tidak Baca Kaset. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki DVD Player No Disc Tidak Baca Kaset"