MONTIRBOX.COM

Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV

Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV - Kali ini saya mau berbagi skema untuk membuat alat tester remote. Walaupun rangkaiannya sangat sederhana tapi sangat membantu sekali dalam memperbaiki remote yang rusak atau tidak berfungsi lagi. Terkadang ada tombol tombol remote ada yang berfungsi dan ada yang tidak, dapat dengan mudah dideteksi dengan rangkaian ini.

Cara kerjanya yaitu hanya dengan menekan tombol di remote lalu led sebagai indikator akan memberitahukan kepada kita apakah remote tersebut bekerja atau tidak, jika led berkedip pertanda remote bagus dan begitu juga sebaliknya jika led tidak berkedip kemungkinan remote tersebut rusak.

Sebetulnya ada cara lain yang lebih mudah untuk mengetest remote, yaitu dengan kamera handphone yang kita miliki, caranya hidupkan kamera hp lalu arahkan remote yang mau kita test ke kamera hp tersebut dengan menekan tombol di remote, lalu amati layar hp, kalau led yang berada di remote berkedip berarti remote bagus dan begitu sebaliknya kalau led tidak berkedip berarti remote rusak.
       

Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV


Oke sobat, bagi yang mau merakit alat remote tester ini silahkan catat komponen dibawah ini:

- R1 = 100 ohm
- D1 = Led (bisa lebih dari satu, diparalel atau di seri)
- LA 7805
- C1 = 10uf/400v
- Remote sensor
- D1 D2 = 1n4007
- Trafo CT 12V

Dan ini skemanya, maaf skemanya hanya tulisan tangan, mudah-mudahan gambarnya kelihatan jelas


Selamat merakit.

Labels: SKEMA RANGKAIAN

Thanks sudah membaca Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV"