Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris dan double tanpa di cut (sunat)

Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris dan double tanpa di cut (sunat) - Beberapa hari yang lalu saya ada kedatangan sebuah TV Lcd Toshiba 40 inch dengan type 40PB10E untuk di servis, Sebelumnya saya sudah pernah mempebaikinya sekitar dua tahunan yang lalu, waktu itu mengalami kerusakan pada bagian power supply nya yang short akibat kemasukan cicak. Gejala kerusakan TV Lcd tersebut saat ini setelah saya perhatikan ternyata gambarnnya double.


"Hmm... mudah-mudahan masih bisa tertolong" pikirku, soalnya kebanyakan Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris seperti ini kalau diperbaiki untung-untungan, terkadang bisa diperbaiki kadang tidak, walaupun bisa diperbaiki kita tidak bisa untuk menjamin berapa lama daya tahannya, syukur-syukur bisa bertahan hingga tahunan, terkadang baru sebulan sudah rusak lagi, double lagi. Makanya sebelum kita mulai melakukan eksekusi, kita "wajib" memberi pengertian kepada user mengenai kerusakan TV tersebut dan bagaimana daya tahannya agar tidak terjadi kesalah pahaman dikemudian hari.

Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris


Sebagaimana kita ketahui untuk penanganan kerusakan gambar double seperti ini kita harus meng-cut atau memotong atau menyunat jalur pada bagian panel yang bermasalah, bisa jalur yang sebelah kira ataupun jalur yang sebelah kanan. Agar lebih jelas jalur mana yang harus di cut kita bisa flash back dulu dengan membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Memperbaiki TV led rusak gambar menjadi double

Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris dan double tanpa di cut (sunat)

Nah, Kali ini penanganannya sedikit berbeda, kita tidak akan memotong jalur yang bermasalah dengan sebuah cutter, tetapi untuk type TV Lcd ini kita cukup membuang komponennya saja untuk memperbaikinya.
Oh ya sobat, tips ini saya dapatkan dari seorang teman yang sudah berbaik hati membagikan ilmunya kepada saya tanpa pamrih, mudah-mudahan beliau selalu diberikan kesehatan dan rejeki yang berlimpah, Aamiin...

Bagaimana cara perbaikannya?, oke sobat, kita simak bersama cara memperbaiki TV Lcd Toshiba 40PB10E gambar double tanpa disunat berkut ini :

- Pada gambar dibawah bisa kita lihat gambar TV Lcd tersebut double, dan terdapat 2 buah socket LVDS kri dan kanan


- Kita coba buka dulu socket yang sebelah kanan untuk memastikan bagian mana yang bermasalah. Setelah dibuka gambar tetap double yang sebelah kiri.


- Sekarang kita coba lepas socket di bagian kiri, ternyata gambarnya bagus tidak double. Maka bisa kita ambil kesimpulan panel yang bermasalah terletak pada jalur bagian kiri tadi.


- Selanjutnya langsung kita menuju pcb paling kiri (paling ujung) sesuai dengan petunjuk teman saya tadi disitu ada dua buah komponen resistor smd yang mesti kita lepas.


- Komponennya bisa dilihat pada gambar dibawah ini (yang ditunjuk oleh dua panah)


- Ini gambar yang sudah diperjelas


- Setelah dua komponen tersebut dilepas, bisa kita lihat hasilnya.


Nah sobat, sederhana sekali bukan Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita sebagai teknisi professional dalam menangani berbagai permasalahan kerusakan. Semoga artikel ini membantu. Terima Kasih

2 Komentar untuk "Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris dan double tanpa di cut (sunat)"

  1. Gan itukan ada 7 komponen, kok bisa tau yg dilepas nmr 3 dan 6 dari mana ?
    Atau emg itu yg harus dilepas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya cara ini sama saja dgn cut, proses cut diganti dengan cara membuang komponen

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close