MONTIRBOX.COM

Cara mengatasi Laptop rusak dan menganalisa masalahnya

Cara mengatasi Laptop rusak dan menganalisa masalahnya -  Pada era saat ini kita tidak bisa lepas dari sebuah perangkat yang bernama laptop, perangkat ini sangat membantu sekali buat orang-orang yang mempunyai mobilitas yang tinggi, karena sifatnya yang portabel, laptop sangat gampang dibawa kemana saja, berbanding terbalik dengan komputer yang hanya bisa digunakan secara statis karena ukuran dan beratnya yan tidak memungkinkan untuk digunakan secara leluasa.

Tetapi laptop juga sangat rentan terhadap berbagai kerusakan, jadi kita harus selalu lebih berhati-hati dalam menggunakan dan selalu melakukan perwatan berkala pada perangkat ini seperti pergantian pasta dan membersihkan debu yang mungkin sudah sangat menumpuk yang bisa mengganggu kinerja perangkat tersebut, dan tentunya pekerjaan itu harus diserahkan kepada yang ahli dibidangnya.


Bagaimana jika laptop anda bermasalah?, berikut ini kemungkinan yang terjadi dan hal yang bisa anda lakukan untuk mencari solusi permasalahan pada laptop anda :

Cara mengatasi Laptop rusak dan menganalisa masalahnya


Laptop matot atau mati total tidak menyala sama sekali
Walaupun adaptor AC dicolokkan lampu indikator pada laptop tidak menyala sama sekali, dan saat kita menekan tombol power tidak ada respon dan latop tidak kelihatan ada tanda-tanda kehidupan.
adapun kemungkinan yang terjadi bisa disebabkan oleh:
- Adaptor AC rusak dan tidak ada tegangan yang tersisa pada baterai, coba cek adaptor AC dengan multimeter pada skala voltmeter dan dengan menempatkan probe merah di dalam lubang dan probe hitam pada luarnya, jika pada voltmeter menunjukkan tegangan sebesar 19v berarti kondisi adaptor dalam keadaan baik, jika tegangan 19v tidak ada ganti adaptor dengan yang baru dan coba lagi.
- Penyebab lainnya yang mungkin terjadi pada laptop anda adalah terjadinya masalah atau kerusakan pada motherboard dan kemungkinan besar kerusakannnya pada bagian rangkaian pengisi daya atau power supply.

Blank screen atau layar blank/kosong.
Saat kita menekan tombol power lalu lampu LED nya menyala, kipas pendingin bekerja dengan normal tetapi dilayar tidak ada menunjukkan sesuatu apapun, dilayar hanya blank hitam dan tidak ada sesuatu yang ditampilkan maka kemungkinan alasannya adalah:
- Laptop Anda mungkin memiliki masalah pada RAM nya, coba anda keluarkan RAM nya setelah itu dipasang lagi dan taruh di slot yang berbeda atau jika Anda memiliki lebih dari satu RAM, coba diganti satu demi satu dan jika masalah tetap terjadi, gantilah RAM tersebut dengan yang baru.
- Laptop anda kemungkinan mengalami m asalah pada  CMOS nya dan Anda harus mengatur ulang.
- Jika perbaikan di atas tidak membuahkan hasil cobalah untuk mengganti CPU nya.
- Terakhir jika hal diatas tadi tidak berhasil berarti terjadi masalah dengan motherboard, dan untuk mengidentifikasi itu coba telusuri jalur B+ dan cek tegangan-tegangan pada bagian power supply nya

Laptop menyala dan mati berulang kali tanpa menunjukkan apa pun di layar.
adapun kemungkinan penyebabnya adalah:
- Anda mungkin memiliki masalah motherboard tetapi cobalah mengganti RAM, kadang-kadang bisa terjadi short atau hubungan singkat, dan tentu saja anda harus mengurut jalur tegangan untuk memastikan IC pada cpu di motherboard baik-baik saja.
- Cobalah mengatur ulang CMOS.

Laptop berjalan dengan baik dan setelah kadang-kadang mulai menjadi lemot/lambat
kemudian restart dan siklus tersebut terjadi berulang hingga dua atau tiga kali dan kemudian laptop tidak akan menyala sampai beberapa saat kemudian, Anda akan merasakan bahwa pada bagian bawah laptop panas dan kipas pendingin akan menjadi lebih berisik dan lebih keras dari biasanya.
Kemungkinan yang terjadi karena:
- Anda memiliki masalah terkait panas, coba buka laptop dan bersihkan debu pada fan atau kipas pendinginnya, Anda mungkin juga perlu mengganti pasta yang kemungkinan sudah sangat kering pada ic nya.

Baterai tidak mengisi daya dengan benar, atau tidak mengisi sama sekali.
Kemungkinan yang terjadi karena:
- baterai sudah mulai soak atau rusak, jika baterai tidak mengisi daya sama sekali cobalah ganti dengan baterai lain, jika masalahnya selesai Anda harus mengganti baterai,Namun jika masalah terus berlanjut Anda mungkin memiliki konektor daya DC rusak atau Anda memiliki masalah dengan motherboard yang berada pada sirkuit Charger.

Laptop menyala, kipas pendingin berfungsi, lampu LED hard disk menyala tetapi Anda tidak melihat tampilan apapun pada layar.
Kemungkinan alasan:
- Masalah ini terlihat seperti masalah blank screen, led hardisk telah menyala menunjukkan bahwa sistem operasi sedang berjalan dengan baik, masalah seperti ini kemungkinannya disebabkan oleh putusnya lampu CCFL atau led pada layarnya, sebelumnya coba dulu cek pada bagian inverter, untuk memastikannya coba hubungkan laptop dengan monitor eksternal yang lain.

Laptop hidup dengan normal tetapi setelah beberapa saat lampu layar mati, gambar masih muncul di layar tetapi sangat gelap
Dalam beberapa kasus lampu layar tidak pernah menyala dan semua yang dapat Anda lihat adalah gambar yang sangat redup.
Kemungkinan alasan:
ada kemungkinan hal ini trjadi karena kegagalan inverter layar atau lampu backlight, untuk memecahkan masalah ini Anda memerlukan pergantian beberapa suku cadang untuk mencoba dan memastikan masalah ini.

Gambar aneh atau kacau di layar.
Kemungkinan alasannya adalah:
vga card atau Kartu grafis bermasalah atau rusak, pastikan Anda mendapatkan gambar yang sama dengan monitor eksternal atau TV, tetapi jika Anda mendapatkan gambar yang benar maka kartu grafis dipastikan rusak atau ada koneksi yang buruk antara kabel video dan motherboard atau layar, kemungkinan juga memiliki masalah pada driver perangkat, jadi coba untuk mengupdate atau mengembalikan driver.

Itulah tadi beberapa tips dan berbagai cara mengatasi laptop rusak dan menganalisa masalah yang bisa saja terjadi pada perangkat anda, semoga postingan artikel ini bisa membantu.

Labels: PC

Thanks sudah membaca Cara mengatasi Laptop rusak dan menganalisa masalahnya. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara mengatasi Laptop rusak dan menganalisa masalahnya"