Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara gandeng 2 hardisk sata dalam satu laptop

Cara gandeng 2 hardisk sata - Berawal dari banyaknya database serta software yang tersimpan pada hardisk laptop, sehingga semakin berkurang kapasitas penyimpanan yang tersedia. Sedangkan masih banyak file- file penting lain yang harus di simpan. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa saja mengupgrade hardisk laptop dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi, namun itu bukan solusi yang tepat jika budget di kantong sedang menipis.

Baca Juga : Cara Instal Ulang laptop paling mudah dilengkapi gambar

Dari situlah saya terpikir untuk memodifikasi laptop agar bisa di tambahkan hardisknya menjadi dua unit. Dan setelah difikirkan akhirnya untuk meminimalisir budget, saya menggunakan solusi Cara gandeng 2 hardisk sata pada satu laptop, kebetulan ada satu hardisk yang terbengkalai yang kondisinya masih bisa dimanfaatkan. Dan seperti yang kita tahu umumnya laptop hanya menggunakan satu hardisk saja.

Cara gandeng 2 hardisk sata

Cara gandeng 2 hardisk sata


Hanya dengan sedikit kreasi / kreativitas kita bisa menambah atau menggunakan dua Storage HDD dalam satu laptop, namun cara ini tentu ada kekurangannya yaitu anda harus mengorbankan fungsi DVD Room yang ada pada laptop anda, karena hardisk yang akan kita tambahkan, soket kabel datanya akan kita sambung pada soket kabel data bekas soket yang tersambung pada DVD Rom yang terdapat pada Mainboard laptop.

Baca Juga : Cara Membuat File Bootable Untuk Instal Ulang Laptop

Jika sobat belum paham untuk cara memodifikasinya silahkan lihat pada tutorial gambar dibawah.

Cara Menambah Dua Hardisk Pada Laptop

Pada Gambar 1 saya memodifikasi kabel data untuk hardisk SATA Male to Female

Cara gandeng 2 hardisk sata
Gambar 1

Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error Tidak Berfungsi

Gambar 2 saya memodifikasi jalur kabel power supplay dan ini merupakan bagian yang terpenting, mungkin bagi teknisi komputer sudah banyak yang tahu, dimana tegangan untuk men-supply hardisk ada tiga yaitu 3,3volt, 5volt dan 12volt. tetapi umumnya yang dipakai hanya dua. Jika pada PC teganan yang dipakai 5volt dan 12volt. Sedangkan pada Laptop tegangan voltage yang dipakai yaitu 3,3volt dan 5volt. Ingat jangan sampai terbalik posisinya, jika salah bisa menyebabkan hardisk menjadi rusak.

Cara gandeng 2 hardisk sata
Gambar 2

Baca Juga : Cara Memperbaiki Laptop layar mati Acer Aspire 5315

Pada gambar 3 tampak harddisk tambahannya diselipkan pada case DVD  Rom, usahakan pemasangan serapi mungkin agar tidak mengganggu komponen yang ada disekitarnya.

Cara gandeng 2 hardisk sata
Gambar 3

Baca Juga : Cara mengatasi Laptop rusak dan menganalisa masalahnya

Gambar 4 ubah boot priority order ke harddisk tambahan yang kita pasang tadi pada bios laptop, terlihat nama boot priority aslinya yaitu WDC WD2500BEVT

Cara gandeng 2 hardisk sata

Baca Juga : Cara Merubah Laptop Rusak Menjadi TV Dengan Biaya Murah

Setelah itu pada gambar 5 bisa kita lihat bahwa harddisk tambahan yang kita pasang tadi sudah terbaca pada windows

Cara gandeng 2 hardisk sata

Baca Juga : Reset Bios Password Laptop Tanpa Bongkar Acer Aspire V5

Itulah solusi Cara gandeng 2 hardisk sata dalam satu laptop. Tetapi jika anda tidak mau ribet membongkar laptop sobat, serta memodifikasi jalur kabel dan yang lainnya. sobat bisa membeli alat HDD Caddy harganya dikisaran Rp. 150.000-, dengan alat tersebut tentu akan lebih praktis dalam solusi cara menambah dua hardisk pada laptop.

Posting Komentar untuk "Cara gandeng 2 hardisk sata dalam satu laptop"