MONTIRBOX.COM

Cara gandeng 2 hardisk sata dalam satu laptop

Cara gandeng 2 hardisk sata - Berawal dari banyaknya database serta software yang tersimpan pada hardisk laptop, sehingga semakin berkurang kapasitas penyimpanan yang tersedia. Sedangkan masih banyak file- file penting lain yang harus di simpan. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa saja mengupgrade hardisk laptop dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi, namun itu bukan solusi yang tepat jika budget di kantong sedang menipis.

Dari situlah saya terpikir untuk memodifikasi laptop agar bisa di tambahkan hardisknya menjadi dua unit. Dan setelah difikirkan akhirnya untuk meminimalisir budget, saya menggunakan solusi cara menambahkan dua hardisk pada laptop, kebetulan ada satu hardisk yang terbengkalai yang kondisinya masih bisa dimanfaatkan. Dan seperti yang kita tahu umumnya laptop hanya menggunakan satu hardisk saja.


Baca Juga

Cara gandeng 2 hardisk sata


Hanya dengan sedikit kreasi / kreativitas kita bisa menambah atau menggunakan dua Storage HDD dalam satu laptop, namun cara ini tentu ada kekurangannya yaitu anda harus mengorbankan fungsi DVD Room yang ada pada laptop anda, karena hardisk yang akan kita tambahkan, soket kabel datanya akan kita sambung pada soket kabel data bekas soket yang tersambung pada DVD Rom yang terdapat pada Mainboard laptop.

Jika sobat belum paham untuk cara memodifikasinya silahkan lihat pada tutorial gambar dibawah.

Cara Menambah Dua Hardisk Pada Laptop

Pada Gambar 1 saya memodifikasi kabel data untuk hardisk SATA Male to Female

Gambar 1

Gambar 2 saya memodifikasi jalur kabel power supplay dan ini merupakan bagian yang terpenting, mungkin bagi teknisi komputer sudah banyak yang tahu, dimana tegangan untuk men-supply hardisk ada tiga yaitu 3,3volt, 5volt dan 12volt. tetapi umumnya yang dipakai hanya dua. Jika pada PC teganan yang dipakai 5volt dan 12volt. Sedangkan pada Laptop tegangan voltage yang dipakai yaitu 3,3volt dan 5volt. Ingat jangan sampai terbalik posisinya, jika salah bisa menyebabkan hardisk menjadi rusak.

Gambar 2

Pada gambar 3 tampak harddisk tambahannya diselipkan pada case DVD  Rom, usahakan pemasangan serapi mungkin agar tidak mengganggu komponen yang ada disekitarnya.

Gambar 3

Gambar 4 ubah boot priority order ke harddisk tambahan yang kita pasang tadi pada bios laptop, terlihat nama boot priority aslinya yaitu WDC WD2500BEVT


Setelah itu pada gambar 5 bisa kita lihat bahwa harddisk tambahan yang kita pasang tadi sudah terbaca pada windows


Itulah solusi cara menambah dua hardisk pada laptop. Tetapi jika anda tidak mau ribet membongkar laptop sobat, serta memodifikasi jalur kabel dan yang lainnya. sobat bisa membeli alat HDD Caddy harganya dikisaran Rp. 150.000-, dengan alat tersebut tentu akan lebih praktis dalam solusi cara menambah dua hardisk pada laptop.

Labels: PC

Thanks sudah membaca Cara gandeng 2 hardisk sata dalam satu laptop. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara gandeng 2 hardisk sata dalam satu laptop"