MONTIRBOX.COM

Cara Merubah Laptop Rusak Menjadi TV Dengan Biaya Murah

Cara Merubah Laptop Rusak Menjadi TV - Kemarin saya pergi ke pasar loak sekalian refreshing (refreshing kok ke pasar loak hehe..) siapa tau ada barang-barang bekas yang mungkin berguna buat saya. Sering saya mendapatkan barang yang sudah tidak dijual lagi dipasaran, harganyapun tidak membuat kantong bolong (yaiyalah namanya juga barang bekas hehe..),

tapi jangan salah lho, kalau tidak pintar-pintar menawar harganya ntar jatuhnya jadi mahal juga. Oke back to topic setelah lihat sana sini akhirnya pandangan saya tertuju pada sebuah laptop berukuran layar 10 inchi  yang sepertinya sudah rusak, setelah saya tanya ke penjual memang benar sudah rusak, tapi penjualnya menjamin layarnya masih bagus.

Pikiran saya langsung menerawang gimana kalau laptop ini dipakai layarnya dan dijadikan sebuah TV, kebetulan dirumah saya mempunyai board LCD LED TV Universal yang sudah lama saya beli. singkat cerita setelah terjadi tawar menawar akhirnya laptop tersebut bisa saya bawa pulang.

Cara Merubah Laptop Rusak Menjadi TV Dengan Biaya Murah


Baca Juga

Oke sobat bagaimana cara memasangnya? Pemasangannya sangat gampang sekali, sekalipun buat pemula seperti saya. Adapun alat-alat yang kita butuhkan adalah:
1. Panel LCD/LED bekas (baru juga boleh)


2. Board LCD/LED Universal (bisa beli di toko elektronik atau bisa di order ke saya :D)
3. Firmware (yang sesuai dengan type panel yang akan dijadikan tv)
4. Kabel LVDS (kabel penghubung antara panel LCD dengan board universal
5. Adaptor 12V (untuk supply ke board universal)
6. PC atau Laptop (untuk pengisian firmware)
7. Alat-alat pendukung lainnya seperti obeng, tang dll

Pertama-tama bongkar dulu casing laptopnya, bongkar panel LCD nya perlahan-lahan saja jangan sampai panelnya rusak atau pecah, lepaskan panelnya dari cangkangnya, disini yang kita butuhkan cuma panel LCD nya saja, disebelah belakang panel nanti ada tertulis type panelnya, silahkan dicatat, karena nanti akan diperlukan dalam penentuan firmware yang akan dipakai.


Setelah dicatat type panelnya sambungkan kabel LVDS dari board universal ke panel LCD, lalu sambungkan pula adaptor ke socket DC untuk supply board universalnya. Untuk speaker gunakan saja speaker yang ada di laptop yang sebelumnya dibuka, sambungkan kabel speaker di socket board universal  dan ujungnya di solder ke speaker laptop tadi.

Setelah semua terpasang dengan benar saatnya untuk running test. Dan taraa... tv made in dewe sudah selesai dirakit, tapi eits.. tunggu dulu, gambar dilayar masih belum normal, layarnya kelebaran. Disini saya butuh firmware yang telah dipersiapkan tadi, bagaimana cara menginstal firmwarenya?.

Caranya disini kita membutuhkan sebuah flashdisk kosong dan PC atau laptop. Copy file fimwarenya ke flashdisk kosong tadi, lalu setelah itu tancapkan flashdisk yang sudah diisi firmware tadi ke jack Usb yang sudah disediakan di board universal, oh ya tv nya harus dalam keadaan mati ya sobat.

Setelah flashdisk ditancapkan ke board tv nya langsung saja dihidupkan tv nya. Tunggu sebentar, led tv akan berkedip-kedip selama beberapa menit sebagai tanda pengisian firmware sedang berlangsung, lalu setelah itu TV nya akan restart sendiri dan beberapa detik kemudian TV on dengan gambar yang sudah menjadi normal.



Demikianlah catatan pengalaman saya memasang board universal di layar bekas laptop yang sudah rusak, semoga bermanfaat.

Labels: PC

Thanks sudah membaca Cara Merubah Laptop Rusak Menjadi TV Dengan Biaya Murah. Silahkan share artikel ini.

Share:

2 Komentar untuk "Cara Merubah Laptop Rusak Menjadi TV Dengan Biaya Murah"

boleh tau bisa dapat perlengkapannya dimana? soalnya model LCDnya sama seperti punya saya... mohon bantuannya

bisa dicari di online om, saya beli disitu