MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki Laptop layar mati Acer Aspire 5315

Cara Memperbaiki Laptop layar mati Acer Aspire 5315 - Siang tadi saya kedatangan teman membawa laptop merk Acer Aspire 5315 dengan kerusakan layar mati tetapi lampu indikator nyala serta kipas berputar normal. Saya katakan kepada teman bahwa saya tidak bisa memperbaiki laptop rusak (kalau merusakkan laptop bagus saya bisa hehe..), namun teman saya terus memaksa dan minta tolong agar diperbaiki laptopnya. Akhirnya dengan modal nekat (don't try this at home :D) saya mencoba untuk memperbaikinya walau dengan hati dag dig dug takut tambah rusak.


Pertama-tama saya buka baterainya terlebih dahulu lalu HDDnya juga dibuka, selanjutnya  hati hati saya membuka semua baut, sebelum membuka terkadang saya catat dulu agar tidak lupa, maklumlah teknisi abal abal :D,

Cara Memperbaiki Laptop layar mati Acer Aspire 5315



setelah semua baut bagian bawah dibuka saya mencoba buka casingnya, tapi kok nggak bisa dibuka ya?, tanpa pikir panjang saya langsung googling untuk nanya si mbah dulu dan ternyata untuk membuka casingnya  keyboardnya harus dibuka terlebih dahulu.


Singkat cerita akhirnya terbuka juga keyboardnya, saya mulai berpikir mesinnya hidup, indikator nyala, kipas berputar, tapi layar mati, oh ya saya ingat dengan kabel LVDS penghubung antara motherboard ke panel LCD nya, langsung saya raba socket LVDS nya di motherboard, apa yang terjadi sobat? layar langsung muncul


wow... berarti socket LVDS nya yang longgar dan bermasalah, langsung saya buka socketnya dan saya bersihkan dari debu debu yang menempel, sekalian motheboard dan kipasnya juga dibersihkan.


Selanjutnya setelah proses pembersihan selesai saya  pasang lagi kabel LVDS ke socketnya, test running sekali lagi memastikan laptop sudah berjalan normal, lalu semua baut dipasang lagi  dan laptop teman saya telah sehat kembali. Alhamdulillah sudah dapat pengalaman yang berharga hari ini.

Labels: PC

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki Laptop layar mati Acer Aspire 5315. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Laptop layar mati Acer Aspire 5315"