MONTIRBOX.COM

Cara mengatasi game PS3 yang tidak bisa dibuka

Cara mengatasi game PS3 yang tidak bisa dibuka atau dimainkan - Alhamdulillah hari ini kedatangan PS3 CFW type slim seri 20xx yang dibawa oleh seorang anak sekolahan yang masih berpakaian seorang pelajar SMP. Anak tersebut menceritakan bahwa PS3 nya pilih-pilih game untuk dimainkan atau tidak semua game bisa dibuka. Langsung saja saya hidupkan konsol PS3 nya dan cek versi berapa sistemnya.

Setelah saya cek di sistem information ternyata PS3 nya masih versi 4.66, "wah, pantesan saja tidak bisa mainin semua game" pikir saya. Saya beritahukan ke anak tersebut bahwa versi nya masih rendah dan perlu di upgrade agar bisa memainkan semua game atau tidak pilih-pilih game lagi. Adapun versi yang paling update untuk saat sekarang ini (saat saya menulis artikel ini) adalah versi 4.82, baik yang PS3 CFW maupun yang OFW.

Saya menawarkan kepada anak tersebut untuk di update sistem softwarenya agar bebas untuk memainkan game, dan setelah terjadi negosiasi yang cukup panjang :D akhirnya tercapai kesepakatan harga yang saya tawarkan dan PS3 nya langsung saya update sembari ditunggu oleh anak tersebut. Proses update berjalan cukup lancar, namun tiba-tiba... pett.... lampu PLN padam !!

Cara mengatasi game PS3 yang tidak bisa dibuka atau dimainkan


Bagai tersambar petir disiang bolong saya langsung kaget, "alamak...bakalan error nih PS3", dengan hati deg-degan saya menunggu hingga listrik PLN menyala kembali, setelah listrik menyala dengan hati tidak karuan saya langsung tes hidupkan lagi PS3 dan ternyata....... PS3 nya hidup normal lagi!, "Alhamdulillah berarti ini masih rejeki buatku", coba bayangkan sob, seandainya PS3 ini menjadi error ditangan saya, mau tidak mau saya harus menggantinya. Makanya walaupun hanya sekedar update software, saya menarik biaya agak mahal karena resiko yang harus kita tanggung saat update. Kalau sampai terjadi kerusakan IC Nor kan bisa berabe hehehe...

Oke sob kita lanjut lagi, selanjutnya saya ulangi lagi proses update PS3 nya. Alhamdulillah selesai juga proses updatenya tanpa ada masalah apapun. Setelah selesai si anak tersebut meminta untuk mengisi game-game baru ke PS3 tersebut, lalu tes game yang baru diisi dan PS3 tersebut dibawa pulang oleh si empunya.

Berselang beberapa jam tiba-tiba anak itu kembali lagi ke bengkel servis saya katanya ada game-game lama yang biasanya bisa dimainkan sekarang tidak bisa dibuka lagi. "wah..masalah apalagi nih" pikirku. saya coba memainkan game yang dimaksud anak tersebut. game nya dapat dibuka sesaat lalu muncul tulisan seperti gambar berikut ini


"owh..ini ternyata masalahnya", saya teringat dengan PS3 saya yang dulu kondisinya juga seperti ini. Untuk mengatasinya saya memakai cara seperti ini, silahkan disimak caranya ya sob :

Cara mengatasi game PS3 yang tidak bisa dibuka atau dimainkan


- Pertama saya mencoba masuk safe mode dengan memilih 'Restore File
System' namun tetap saja tidak ada pengaruh
- saya mencoba cara kedua yaitu menghapus semua user profile PS3 system dan membuat user profile yang baru

Create New User
Enter a Username
Masukkan nama
Lalu tekan "OK"
User Profile yang baru

Setelah selesai, saya restart dulu PS3 nya (kalau bisa sekalian di rebuild database). Lalu saya coba tes lagi game-game yang bermasalah dan ternyata its works.. berhasil!, game nya tidak ada yang error lagi. Dengan kisah diatas kita bisa menarik kesimpulan solusi game yang error ternyata masalahnya hanya sepele saja, yaitu hanya dengan menghapus semua user profile yang ada dan membuat user profile yang baru. Semoga bermanfaat.

Labels: PS3

Thanks sudah membaca Cara mengatasi game PS3 yang tidak bisa dibuka. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara mengatasi game PS3 yang tidak bisa dibuka"