Skip to main content

Rebuild Database PS3

Rebuild Database PS3 - Dalam istilah PS3 banyak yang masih belum mengetahui apa itu fungsi Rebuild Database PS3, dan kapan saat yang tepat kita harus melakukan proses tersebut. PS3 sudah memiliki kemiripan dengan sistem komputer, jika pada PC sudah banyak terdapat file-file sampah atau file yang korup menumpuk pada file sistem, maka komputer akan lemot dan sering terjadi hang, maka harus segera dilakukan scanning untuk membersihkannnya pada PC tersebut. Begitu juga dengan PS3, cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut adalah dengan Rebuild Database PS3.

Sebelum saya masuk ke tutorial cara Rebuild Database PS3, saya akan sedikit mengulas apa yang dimaksud dengan Rebuild Database PS3 serta kegunaannya, kita singkat saja dengan RD PS3. RD PS3 berfungsi untuk membangun kembali atau menulis ulang file yang rusak dalam database, serta dapat membersihkan ruang penyimpanan dalam PS3. Rebuild Database PS3 tidak akan menghapus data atau pengaturan yang tersimpan kecuali beberapa informasi akun PSN. Apa yang akan hilang setelah melakukan Rebuild Database PS3?, sobat akan kehilangan pesan, daftar putar (playlist), musik, riwayat pemutaran video, perubahan yang dilakukan pada informasi layar dan pengaturan sistem tertentu.

Sering pertanyaan muncul jika seseorang ingin melakukan Rebuild Database PS3. Dibawah ini sedikit akan saya rangkum pertanyaan yang sering dilontarkan saat akan melakukan Rebuild Database PS3 :

FAQ
Tanya : Apa saja yang akan hilang setelah melakukan proses Rebuild Database PS3?
Jawab : Pesan yang diterima dan dikirm akan terhapus. Playlist yang berada didalam folder musik, video atau game akan perlu dilakukan pengaturan ulang kembali.
Tanya : Melakukan Rebuild Database PS3 bisa menghapus game dan savedata pada PS3?
Jawab : Tidak
Tanya : Proses Rebuild Database PS3 bisa menghapus file video, foto, atau musik yang tersimpan di PS3?
Jawab : Tidak
Tanya : Apakah Rebuild Database PS3 bisa menghapus atau dapat mempengaruhi trophy yang ada di PS3?
Jawab : Tidak
Tanya : Apakah proses Rebuild Database PS3 bisa dilakukan pada semua type PS3?
Jawab : Bisa
Tanya : Apakah Rebuild Database PS3 bisa merusak PS3?
Jawab : Tentu saja tidak
Tanya : Mengapa PS3 saya macet atau freeze setelah melakukan Rebuild Database PS3?
Jawab : Ada kemungkinan hdd internal PS3 sudah mulai rusak. Coba lakukan "Restore File System" dari menu safe mode atau menu recovery, jika hal tersebut tidak memperbaiki masalah, buka hdd internal lalu format menggunakan komputer dan instal ulang firmware. Jika tidak berhasil juga hdd internal PS3 sudah harus diganti.

Sekarang kita masuk ke bagaimana cara melakukan Rebuild Database PS3 :

1. Posisi PS3 dalam keadaan standby (lampu indikator merah menyala)

2. Tekan dan tahan tombol power hingga PS3 mati kembali

3. Tekan dan tahan kembali tombol power hingga terdengar bunyi bip sekali, bip sekali lagi, dan bunyi bip yang cepat sebanyak dua kali, langsung lepaskan tombol power. Jika sobat terlambat melepaskannya, harus mengulangnya dari awal lagi.

4. Jika sobat berhasil, maka akan ada pemberitahuan untuk menghubungkan stik ke PS3 dengan kabel charger nya.

5. Setelah masuk ke menu Safe Mode, pilih menu yang nomor 4 yaitu "Rebuild Database PS3", lalu tekan tombol X atau O (bulat) pada stik.

Rebuild Database PS3

6. Setelah sobat menekan X, akan ada pertanyaan apakah kita akan melakukan Rebuild Database PS3?, pilih saja YES.

Rebuild Database PS3

7. Jika sobat menggunakan kabel HDMI, akan muncul pertanyaan apakah sobat memakai kabel HDMI, pilih YES.

Rebuild Database PS3

8. Pilih YES lagi

Rebuild Database PS3

9. Lalu tekan OK untuk melanjutkan.

Rebuild Database PS3

10. Maka proses Rebuild Database PS3 akan berjalan. Tidak usah khawatir, proses ini tidak akan berlangsung lama. Saya mencoba melakukan Rebuild Database PS3 pada PS3 yang berkapasitas hdd internal 160GB hamya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja. Setelah proses selesai, PS3 akan melakukan reboot.

Rebuild Database PS3

11. Akhirnya proses Rebuild Database PS3 sudah selesai. Jika sobat tidak ingin repot dalam melakukan Rebuild Database PS3 seperti langkah diatas, sobat bisa menggunakan CFW Citra Mulia, pada CFW tersebut sudah tersedia menu Rebuild Database PS3 yang sudah tersedia di layar XMB. Sobat bisa mendapatkan firmware nya di CFW PS3 Download (CITRA MULIA CFW 4.8.3.1 SE AIO No BD no BT)

Rebuild Database PS3

Semoga pembahasan artikel mengenai Rebuild Database PS3 ini bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close