Skip to main content

PS3 Black Screen? Perbaiki Dengan Cara Mudah Ini

PS3 Black Screen - Pernahkah sobat Montirbox mengalami PS3 yang tiba-tiba saat akan dinyalakan mengalami black screen?, atau kondisi dimana PS3 hanya muncul layar hitam saja, alias blank?. Walaupun sobat sudah mencoba mematikan konsol lalu menghidupkannya kembali tetap saja black screen?. Kejadian PS3 black screen ini pernah saya alami saat seorang pelanggan yang bermasalah dengan PS3 nya, yang tidak bisa tampil gambar di TV.

Masalah PS3 black screen ini berbeda dengan kerusakan PS3 HDMI no signal. Jika kerusakan PS3 HDMI tidak ada sinyal yang tampil di TV, sinyal gambar yang berasal dari PS3 dipastikan belum sampai ke televisi, maka-nya pada TV muncul tulisan "No Signal" pada layar. Namun jika gejala yang terjadi layar PS3 blank atau hanya tampilan layar hitam saja di TV (black screen), dipastikan sinyal gambar/video yang berasal dari PS3 ke TV sudah masuk, tetapi tidak bisa menampilkan gambar.

PS3 Black Screen

Bagi sobat yang mengalami kendala HDMI no signal, sobat bisa cari solusinya di artikel terdahulu yaitu PS3 HDMI no signal tidak ada gambar tampil di TV, di postingan tersebut telah saya paparkan apa penyebab PS3 hdmi no signal, dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebelum kita masuk ke solusi cara mengatasi PS3 black screen, perlu kita ketahui terlebih dulu apa saja penyebab kenapa PS3 bisa menjadi hanya muncul layar hitam saja di TV (black screen) atau dengan kata lain layar blank, sedangkan mesin hidup dengan normal. Apa saja penyebabnya?, penyebabnya antara lain adalah :

1. Listrik yang tidak stabil
Supply listrik dari PLN yang tidak stabil sangat memungkinkan terjadinya black screen pada PS3. Gunakan stabilisator untuk membantu agar supply power pada konsol PS3 menjadi lebih stabil.

2. System Software yang korup
PS3 black screen bisa juga disebabkan karena system pada PS3 mengalami error atau korup.

3. Listrik padam saat sedang main
Jika saat sedang main PS3 tiba-tiba listrik padam, hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya black screen pada konsol.

4. Kabel power dengan kualitas jelek
Hal ini juga sangat mempengaruhi untuk terjadinya PS3 black screen, karena kabel yang kualitasnya kurang baik memiliki serat tembaga yang sedikit, sehingga supply listrik yang masuk ke PSU PS3 tidak maksimal. Gunakan kabel AC kualitas bagus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada konsol PS3.

5. Force Shutdown
Force Shutdown artinya mematikan konsol PS3 dengan paksa. Contohnya pada saat sobat sedang main, tiba-tiba gambar menjadi macet (freeze), mau tidak mau kita akan mematikan PS3 dengan tombol power atau mencabut stop kontak, Hal ini juga bisa menjadi penyebab kenapa PS3 dapat menjadi black screen.

Lalu bagaimana solusinya untuk mengatasi PS3 black screen? Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi PS3 black screen?, Solusinya : Bawa ke tempat servis :D

Tapi tunggu dulu sob. Sebelum sobat membawa ke teknisi PlayStation terdekat, sobat perlu mencoba cara ampuh ini untuk mengatasi PS3 Black Screen, cara sederhana ini sangat ampuh dan sudah sering saya terapkan untuk memperbaiki konsol PS3 pelanggan saya yang terkena PS3 black screen. Bagaimana caranya?, silahkan dipraktekkan langkah dibawah ini :

- Langkah pertama, masuk ke "Safe Mode" di PS3. saya anggap sobat sudah mengerti cara masuk ke safe mode PS3, namun bagi yang belum mengerti silahkan baca dulu di Rebuild Database PS3.

- Setelah bisa masuk ke "Safe Mode" PS3, silahkan sobat memilih yang nomor 3, yaitu "Restore File System".

- Ikuti saja langkah-langkah yang ditunjukan. proses "Restore File System" berjalan cukup lama, tergantung kapasitas atau kondisi hdd internal PS3 sobat. Untuk kapasitas 500 GB, saat itu saya pernah memakan waktu sekitar 10 menitan, namun ada juga yang lebih cepat prosesnya.

- Dan setelah proses restore selesai, bisa dilihat hasilnya. Konsol PS3 sobat sudah kembali normal seperti sedia kala.

Baiklah sobat, demikian tadi tutorial bagaimana cara mengatasi PS3 black screen, atau gambar tidak ada tampil di layar (blank). Semoga informasi ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close