Skip to main content

Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Memulai Bisnis

Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Memulai Bisnis - Mempunyai bisnis sendiri memiliki banyak manfaat dan kelebihan seperti; anda yang menjadi bos, bebas mengatur jam kerja, pemegang kendali pertumbuhan perusahaan serta bebas menentukan seberapa banyak yang ingin Anda hasilkan. Namun, apakah Anda sudah siap? Apakah Anda memiliki mindset, sumber daya, dan skill yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis tersebut?

Berikut 20 pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Apakah Anda sudah siap untuk memulai sebuah bisnis, tindakan apa yang perlu diambil untuk membantu dan memastikan kesuksesan bisnis yang akan Anda jalankan?

Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Memulai Bisnis

1. Apakah Anda Sanggup Mengambil Risiko?
Memulai bisnis sendiri itu berisiko. Sangat berisiko untuk keluar dari pekerjaan, dan berhenti dari menerima gaji bulanan, demi mencoba sesuatu yang belum ada jaminan untuk sukses. Jika Anda memiliki beberapa tabungan di dalam bank, tidak tergantung pada siapapun atau masih lajang, maka risiko yang diperhitungkan ini dapat menjadi petualangan yang layak untuk dikejar.

Jika Anda memiliki keluarga yang bergantung pada Anda,maka tetap layak untuk memulai bisnis yang berhasil, namun faktor risikonya akan berbeda. Dalam kasus apapun, Anda harus memastikan untuk menghitung risiko tersebut terlebih dahulu sebelum memulainya.

2. Apakah Anda Cukup Independen?
Memulai sebuah bisnis berarti Anda akan menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Itu tentu saja merupakan contoh Independen, namun itu juga artinya Anda akan menjadi mandiri. Jadi tanyakan diri Anda pertanyaan sederhana ini, apakah Anda mampu membuat keputusan sendiri dengan percaya diri, tanpa selalu melibatkan orang lain. Jika Anda merasa dapat mempercayai insting Anda dan tidak takut salah atau tidak takut ditolak, maka memulai sebuah bisnis tentu akan cocok untuk Anda.

3. Apakah Anda Bersemangat dengan Sebuah Produk atau Jasa?
Anda harus benar-benar percaya bahwa setiap produk atau jasa yang anda miliki, akan memiliki permintaan besar di pasaran, dan akan lebih baik lagi apabila produk atau jasa itu belum ada seorang pun yang mengenalkannya karena Memiliki visi yang brilian dan kreatif untuk sesuatu yang diidamkan pasar adalah tanda bahwa anda seorang pebisnis. Jika Anda tahu bahwa ide tentang sebuah produk atau layanan jasa yang anda miliki akan menjadi item yang dicari, maka inilah waktunya untuk membuka sendiri bisnis anda.

4. Apakah Anda Membenci Pekerjaan atau Merasa Buntu Dalam Pekerjaan Saat Ini?
Mungkin tidak ada barometer lain yang akurat dalam menentukan kapan membuka bisnis sendiri, selain bagaimana perasaan anda terhadap situasi pekerjaan saat ini.

Bukan cara yang baik untuk menjalani hidup jika Pergi ke kantor setiap hari dan berkerja pada sebuah pekerjaan dimana Anda tidak merasa cocok, baik itu dengan bos, rekan kerja maupun tugas-tugasnya dan anda masih mau bertahan pada tempat itu. Maka memulai bisnis sendiri dapat menjadi solusi jangka panjang Anda.

5. Apakah Anda Dapat Mengatur Diri Sendiri Dengan Baik?
Menjalankan bisnis sendiri tidak seperti berjalan di taman, itu akan menjadi sebuah proses yang memerlukan struktur dan efisiensi, walaupun Anda memulai sebuah bisnis kecil dimana hanya Anda yang berperan sebagai pemilik serta karyawan tunggal. Jika Anda tahu bahwa Anda baik dalam mengelola, mengetahui bagaimana memprioritaskan tugas, dan bisa mengelola waktu secara rapi, maka kewirausahaan atau bisnis akan tepat untuk Anda.

6. Apakah Anda Seorang Perencana dan Pemikir?
Wirausahawan, solopreneur dan siapa pun yang memulai bisnis, mereka rata-rata adalah orang yang senang berpikir. Itu adalah fakta nyata, dimana memulai sebuah bisnis memerlukan banyak strategi, kreatifitas, dan perencanaan. Jika Anda benar-benar ingin melakukan hasil pemikiran dan rencana ambisius Anda, maka itu adalah waktunya untuk anda agar segera keluar dari perlombaan tikus dan membuka bisnis sendiri.

7. Apakah Anda Memiliki Cukup Banyak Waktu Luang? 
Memulai sendiri bisnis anda adalah sebuah komitmen besar jika Anda benar-benar ingin berhasil! Bayangkan itu seperti sebuah pernikahan, namun lebih banyak kesetiaan. Untuk berhasil dalam beberapa tahun pertama, Anda harus berkerja 12 jam perhari selama berhari-hari dalam seminggu, dan ini tidak ideal jika Anda memiliki sebuah keluarga atau komitmen lainnya.

Jika Anda merasa, meskipun anda memiliki keluarga atau komitmen lainnya, Anda tetap dapat mengerjakannya di antara jadwal Anda. Serta memiliki cukup waktu luang dalam menjalankan usaha baru tersebut, maka menjalankan sebuah bisnis akan cocok untuk anda.

8. Apakah Anda Ingin Membantu Orang Lain?
Sebagian dari memulai bisnis sendiri adalah keinginan yang tulus untuk membantu orang. Produk atau jasa yang akan Anda bawa ke pasar harus mampu menyelesaikan permasalahan seseorang atau banyak orang, sehingga tentu saja ada sisi kemaslahatan untuk menjalankan sebuah bisnis. Jika sebuah keinginan untuk tidak mementingkan diri sendiri, dapat menjaga anda untuk terus melalui naik turunnya menjadi pemilik bisnis, maka jelas Anda sudah siap untuk memulai bisnis.

Baca Juga : 11 Tanda Anda akan Lebih Sukses Dari yang Anda Bayangkan

9. Dapatkah Anda Bernegosiasi Dengan Baik?
Menjadi negosiator yang baik, merupakan hal penting saat menjadi pemilik bisnis. Sebagai pemilik sebuah startup tertentu, bayangkan Anda sedang menjadi seorang wirausaha sebenarnya, Anda akan perlu bernegosiasi tentang semuanya, baik itu biaya sampai kontrak yang akan Anda tawarkan. Jika sharing dan bertemu orang terdengar seperti sesuatu yang telah Anda lakukan dengan baik, maka tentu saja itu waktunya untuk memulai sendiri bisnis anda.

10. Apakah Anda Persuasif? 
Menguasai seni persuasi atau seni mempengaruhi orang lain adalah kunci untuk menjalankan sebuah bisnis, karena Anda perlu meyakinkan calon, pelanggan dan rekan, untuk mendukung bisnis yang anda kelola mereka ada di dalam industri anda, dimana produk atau jasa anda akan menyelesaikan sebuah permasalahan esensial.

Ini memerlukan jaringan perorangan, rapat dan bisa jadi anda akan berbicara di depan umum pada sebuah acara atau talkshow. Jika Anda tahu bahwa Anda dapat membujuk orang untuk memandang hal-hal dengan cara pandang anda, maka pertimbangkan untuk segera membuka bisnis.

11. Apakah Anda Memiliki Kreatifitas?
Terlalu banyak orang yang tahu, apa dan bagaimana rasanya berada di dalam sebuah lingkungan kantor, dimana ide-ide kreatif mereka diremehkan atau diabaikan. Memulai sebuah bisnis memerlukan kreatifitas. Jika dengan memulai bisnis anda dapat lebih bayak menuangkan ide kreatif andadan bisnis anda adalah sebuah agensi atau perusahaan kreatif lainnya, maka hal itu tentu akan menonjolkan anda dua kali lipat.

12. Bagaimana Sifat dari Bisnis Anda?
Bisnis itu kebanyakan tentang branding. Tanpa indikasi yang jelas siapa anda dan produk atau layanan apa yang Anda sediakan, akan sulit untuk menonjol di pasaran. Dengan memahami jenis bisnis anda, apakah itu dalam jenis agensi, kreatif, startup, dll, Anda akan jauh lebih dekat pada branding yang sukses.

13. Siapa Pasar Target dan Bagaimana Memasarkan Bisnis Anda?
Menentukan kepada siapa akan terjual produk atau layanan anda, itu merupakan hal fundamental bagi kesuksesan suatu bisnis. Produk atau layanan anda akan menyelesaikan masalah bagi suatu demografis tertentu, dan dengan mengetahui hal ini akan membantu anda beriklan secara lebih efektif. Memasarkan bisnis merupakan hal esensial untuk kesuksesannya.

Anda perlu membicarakan tentang bisnis anda di luar sana, dan Anda perlu strategi periklanan yang baik. Anda harus mengerti prinsip seperti, persuasif, kelangkaan dan permintaan, untuk memberi dampak pada iklan bisnis anda.

14. Apa Alasan Unik Penjualanmu?
Setiap bisnis memerlukan sebuah alasan unik untuk jualan, sebagai pembeda yang baik antara Anda dan pesaing bisnis Anda. Mampu menjelaskan apa yang ditawarkan merek produkatau jasa anda kepada pelanggan yang tidak bisa dilakukan oleh siapapun, akan menjadi keunggulan bagi bisnis anda. Jika Anda dapat menyampaikan apa yang membedakan bisnis anda dari yang lainnya dalam industri tersebut, maka Anda memiliki langkah yang baik dalam memulai bisnis.

15. Dari Mana Anda Akan Menjalankan Bisnis?
Saat ini, bisnis kecil dapat dijalankan di rumah secara lebih mudah jika Anda menyediakan layanan kreatif seperti desain web. Tentukan! apakah Anda dapat jauh berkembang dengan menjalankan bisnis di kantor atau di rumah, atau Anda perlu sebuah ruang tertentu untuk mendapatkan struktur bisnis yang jelas?.

16. Apakah Anda Memerlukan Beberapa Karyawan Untuk Membantu? 
Ketika Anda memulai sebagai bisnis kecil, perlu untuk menyimpan uang dan mencoba untuk melakukan semua sendiri. Namun bagaimana pun juga, ketika bisnis mulai menguntungkan dan anda menyadari bahwa mendelegasikan dapat membebaskan anda untuk menjalankan bisnis secara lebih efisien, jelas akan lebih bijaksana untuk mempertimbangkan memperkerjakan beberapa karyawan, jika Anda mampu.

Ketika Anda memiliki sebuah ide yang bagus tentang seberapa banyak pekerjaan yang dapat Anda tangani sendiri dan seberapa banyak pekerjaan yang harus ditangani oleh karyawan, maka Anda siap untuk menjalankan bisnis.

17. Apa Saja Biaya Startup-bisnismu?
Dengan memahami seberapa banyak uang yang harus Anda investasikan dalam bisnis, akan membantu anda dalam merencanakan daya tahan. Jika Anda memiliki sebuah bisnis online atau berkerja dari rumah, Anda tidak akan memiliki biaya berlebih, namun Anda akan tetap membayar koneksi internet dan alat-alat lainnya seperti, komputer, printer, dll. Jika Anda memiliki rincian yang bagus tentang biaya operasional, maka Anda dapat menjadi lebih percaya diri dalam memulai bisnis.

18. Apakah Anda Memiliki Rencana Bisnis?
Pikirkan rencana bisnis sebagai blue print visi bisnismu. Ini adalah dokumen yang  menentukan roadmap untuk bagaimana melihat bisnis anda akan tumbuh, meluas dan berkembang dalam tahun-tahun mendatang.

19. Apa Saja Struktur Legalitas Bisnismu?
Jika Anda seorang solopreneur, hal tersebut cukup jelas, dimana Anda akan menjadi pemilik utama. Namun bagaimana jika Anda memiliki beberapa karyawan? Pantas untuk mengerti perbedaan antara entitas bisnis yang berbeda, sehingga Anda tahu bagaimana? Anda bisa tidaknya beroperasi. Jika Anda mengetahui struktur legalitas apa yang akan diambil pada sebuah bisnis maka itu sebuah tanda bahwa anda akan selangkah lebih dekat untuk menjalankan bisnis.

20. Siapa Kompetitormu?
Dengan Kamu memahami siapa pesaing dalam industri yang sama adalah hal krusial untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat. Hal itu dapat membantu Anda merencanakan pemasaran atau marketing dan menentukan kemana mengarahkan dana periklananmu. Ditambah, Anda mungkin akan memilih satu, atau dua hal dari kompetisi ini.

Jika Anda dapat mengenali pesaing bisnismu, Tentu Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk memulai sebuah bisnis. Baik Sobat Montirbox, lalu apa yang harus dilakukan setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi? Dengan mengajukan kepada diri Anda tentang pertanyaan-pertanyaan tadi, itu akan menenangkan, namun sulit, karena itu adalah sebuah prasyarat untuk memulai bisnis Anda sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan tadi akan menjaga Anda agar tetap jujur dan memastikan bahwa Anda memiliki pegangan tentang apa yang diharapkan dari saat Anda mengambil tanggung jawab dalam memulai sebuah bisnis. Jika Anda merasa bahwa Anda dapat menjawab kebanyakan atau semua pertanyaan-pertanyaan tadi dengan percaya diri dan yakin, maka ini waktunya untuk membuat keputusan besar itu: Bergabung dengan mereka yang telah memulai sebuah bisnis, dan mencari tahu diri Anda memiliki apa yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.

Itulah tadi 20 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Memulai Bisnis. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close