Skip to main content

Membuat gerinda duduk sederhana dari hardisk bekas

Membuat gerinda duduk sederhana dari hardisk bekas - Gerinda duduk merupakan suatu alat yang digunakan untuk membentuk/mengikis suatu benda yang berbahan dasar dari besi atau baja agar terbentuk sesuai dengan keinginan kita. Banyak merk gerinda duduk yang tersedia di pasaran seperti gerinda duduk merk Makita, Maktec, Bosh, Krisbow, dan lain sebagainya. Seperti kita ketahui gerinda duduk yang sudah jadi seperti buatan pabrik memiliki harga yang cukup mahal dijual dipasaran.

Jadi pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi kembali bagaimana cara membuat gerinda duduk sederhana "made in dewe" dari hardisk bekas yang rusak dan tidak terpakai lagi. Sebenarnya nama yang cocok untuk gerinda yang ingin kita ingin buat ini bukan gerinda duduk, tapi lebih cocok diberi nama dengan gerinda "terlentang" :D, karena bukan duduk seperti gerinda biasanya..aya aya wae...

Inovasi gerinda duduk sederhana ini merupakan hasil rancangan dari sahabat kita mas Fareed (Fareed Clarity), beliau merupakan salah satu praktisi elektronika yang handal dibidangnya. Banyak project-project elektronika yang telah dia buat dan  diterapkan oleh teman-teman sesama praktisi elektronika, apalagi ditunjang oleh aktifnya beliau menjadi seorang Vlogger atau Youtuber, semakin memudahkan buat sobat dalam mempelajari dan menerapkan berbagai macam inovasi elektronika yang sering beliau upload pada videonya. Bagi sobat yang ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang mas Fareed, bisa langsung menuju ke blog pribadi beliau di SINI.

gerinda duduk

Membuat gerinda duduk sederhana dari hardisk bekas ini terbilang sangat mudah, dan alat alat yang digunakan juga hanya sedikit saja. Bisa dilihat dari komponen yang dipakai seperti : Hardisk bekas, kertas pasir (amplas atau sand paper), mosfet, IC OP Amp, dioda, kapasitor, resistor, dan pcb kosong sebagai tempat merakit rangkaian. Sebagai supply, rangkaian mendapatkan tegangan 12 volt agar alat ini menjadi bekerja. Saya sudah mencoba membuat alat ini, dan hasilnya cukup memuaskan, lumayan bisa buat asah-asah pisau dapur istri yang sudah tumpul dan berkarat :D.

Baiklah sobat, apa saja komponen yang harus kita persiapkan untuk membuat gerinda duduk sederhana dari hardisk bekas ini?, lets check it out, kita simak bersama dibawah berikut ini :

1. Yang pertama kita persiapkan adalah tentu saja sebuah hardisk bekas. Hardisk yang digunakan untuk rangkaian kali ini adalah hardisk yang memiliki empat buah pin common, jika hardisk sobat hanya memiliki tiga pin, dipastikan tidak akan bekerja pada rangkaian ini. Disini saya mrnggunakan hardisk yang ber merk Maxtor.

gerinda duduk

2. Alat yang dibutuhkan berikutnya adalah sebuah sand paper atau amplas (kertas pasir). Untuk pemilihan halus atau kasarnya kertas pasir dipilih sesuai kebutuhan sobat sendiri.

gerinda duduk

3. Komponen yang harus kita sediakan selanjutnya adalah sebuah mosfet. Disini kita menggunakan mosfet dengan type IRF Z44N, jika sobat tidak memiliki stok mosfet untuk type tersebut, sobat bisa mencari persamaannya.

gerinda duduk

4. Kemudian untuk IC yang kita gunakan adalah IC OP Amp dengan nomor TL 072

gerinda duduk

5. Berikutnya adalah satu buah dioda type 1N4007

gerinda duduk

6. Tidak lupa juga kapasitor dengan ukuran 150 nano (154)

gerinda duduk

7. Part yang harus kita persiapkan selanjutnya adalah tiga buah resistor dengan ukuran 10k

gerinda duduk

8. Dan terakhir adalah PCB lubang matrix universal dan pcb polos secukupnya.

- Untuk langkah awal, silahkan sobat rakit terlebih dahulu komponen-komponen yang sudah kita sediakan diatas tadi menurut skema dibawah ini :

gerinda duduk

- Setelah selesai merakit rangkaian kita beralih ke hardisk, buka semua baut pada hardisk dan buka juga pcb nya, karena pcb hardisk tidak kita pakai untuk rangkaian gerinda duduk sederhana ini.

- Perhatikan 4 pin yang terdapat pada hardisk, ukurlah masing masing keempat pin tersebut supaya dapat diketahui untuk pin common-nya. Pin common atau pin bersama adalah pin yang apabila diukur dengan pin lainnya akan bernilai sama.

- Perhatikan pada skema diatas. Jika dilihat dari rangkaian skema tersebut, pin common untuk hardisk Maxtor ini adalah huruf A, nilai resistan antara huruf A dan B, A dan C, A dan D memiliki nilai resistan yang sama. Jadi pin common-nya adalah huruf A dan sebagai sumber tegangan supply pada hardisk tersebut yaitu pin yang diberi tanda huruf A.

- Selder 4 buah kabel pada keempat pin di hardisk, jika pin nya terlalu kecil dan sulit untuk di solder, sobat bisa membuat pcb kecil dan menempelkannya pada keempat pin hdd tersebut.

gerinda duduk

- Setelah hardisk dihubungkan dengan kabel, sambungkan kabel tersebut sesuai dengan skema yang telah saya bagikan diatas.

- Proses perakitan telah selesai dan gerinda duduk sederhana siap untuk digunakan. Agar lebih flexible dan mudah dibawa kemana-mana, sobat bisa menambahkan baterai charger sebagai supply tegangan. Sobat bisa bikin sendiri dan bisa melihat cara membuatnya di artikel Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

gerinda duduk

Bagaimana sobat, tertarik untuk merakit alat ini?, tidak ada salahnya kita mencoba untuk membuat gerinda duduk sederhana dari hardisk bekas ini, hitung-hitung bisa menghemat pengeluaran dibandingkan membeli gerinda duduk atau gerinda tangan yang mahal harganya.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close